Home » Strategi-bisnis » 5 Platform Media Sosial untuk Promosi Bisnis Wisata

5 Platform Media Sosial untuk Promosi Bisnis Wisata

5 Platform Media Sosial untuk Promosi Bisnis Wisata

Apa saja media sosial yang bisa kamu gunakan untuk promosi bisnis wisata?

Sebagian pemilik bisnis masih belum sadar akan peran media sosial yang bisa membantu perkembangan bisnis mereka.

Pasalnya, saat ini media sosial telah menjadi salah satu hal penting dalam kehidupan sehari-hari bagi banyak orang.

Melalui platform ini, para penggunanya bisa berkomunikasi, berbagi konten, hingga menemukan beragam informasi yang mereka butuhkan.

Kehadiran platform media sosial tentu juga memberikan peluang yang cukup baik bagi perkembangan bisnis pariwisata.

Bagaimana tidak? Saat ini, dari 63 juta orang yang aktif menggunakan internet, terdapat 95% yang menggunakannya untuk mengakses media sosial.

Dari data tersebut, kita sudah bisa melihat seberapa besar potensi promosi bisnis pariwisata melalui media sosial.

Lalu, media sosial apa saja yang sesuai digunakan untuk promosi bisnis wisata milikmu?


5 Platform Media Sosial untuk Promosi Bisnis Wisata

Pemanfaatan media sosial untuk pemasaran dan pengembangan bisnis saat ini sudah semakin umum dilakukan.

Tidak hanya pada sektor pariwisata saja, beberapa sektor bisnis lainnya pun turut mengandalkan media sosial sebagai alat pamungkas untuk mempromosikan bisnisnya.

Nah, berikut adalah beberapa rekomendasi media sosial yang bisa kamu gunakan untuk mengembangkan bisnis wisata milikmu.

Silakan disimak!


1. Facebook

Hingga saat ini, platfrom media sosial Facebook masih memiliki tempat tersendiri di hati jutaan orang, yang menggunakannya untuk menjalin komunikasi dengan sesama anggota keluarga, maupun rekan mereka.

Keberadaan mereka menjadikan salah satu alasan Facebook begitu banyak digemari, bahkan tidak sedikit pengguna yang menjadikannya sebagai media promosi online.

Menggunakan Facebook sebagai media promosi pun telah banyak pemilik bisnis lakukan.

Bahkan tidak sedikit pemilik bisnis yang sudah memiliki toko fisik pun turut mempromosikan bisnisnya melalui platform ini.

Karena itu, kamu juga bisa memanfaatkannya untuk mempromosikan bisnis wisata.

Agar promosi bisnis wisata milikmu sukses melalui Facebook, langkah pertama yang harus kamu lakukan yaitu dengan membuat tampilan utama dari halaman profil Facebook terlihat menarik bagi calon konsumen, sehingga mereka tidak sungkan untuk memberikan likes pada halaman bisnis tersebut.

Selanjutnya, kamu harus bisa mengumpulkan likes sebanyak mungkin.

Caranya yaitu dengan membagikan konten-konten yang menarik seputar bisnis pariwisata yang kamu jalankan.

Jangan lupa juga untuk mengenali target konsumen dengan mencari orang-orang yang memiliki ketertarikan pada wisata.


2. Twitter

Tidak hanya Facebook, Twitter juga menjadi salah satu platform media sosial microblog yang perlu kamu manfaatkan untuk bisnis wisata.

Awalnya, Twitter adalah sebuah media microblog yang berfungsi untuk berbagi informasi atau status kepada sesama pengguna, dengan maksimal 160 karakter.

Namun, kini Twitter bisa juga kamu jadikan sebagai media yang cukup ampuh untuk mempromosikan sebuah bisnis.

Twitter terbilang sangat mudah diakses oleh siapa saja.

Selama memiliki jaringan internet, media sosial ini bisa masyarakat akses dengan mudah kapan saja dan di mana saja.

Cara memaksimalkan promosi melalui Twitter yaitu dengan memperbanyak jumlah followers, mempromosikan bisnis secara teratur, membuat jadwal unggah yang teratur & konsisten, dan lain sebagainya.


3. Instagram

Sudah bukan rahasia lagi jika media sosial yang satu ini cukup populer pada dunia bisnis online.

Selain terkenal dengan aspek visual yang baik dan estetis dalam menampilkan foto-foto, caption yang bisa kamu tulis pun lebih panjang jika kamu bandingkan dengan platform Twitter.

Instagram juga sangat mudah untuk diakses siapa saja melalui smartphone maupun komputer, dan mendongkrak eksistensi paling tinggi di kalangan anak muda.

Inilah yang menjadi alasan mengapa media sosial ini cukup sesuai untuk mempromosikan bisnis wisata.

Kamu bisa mengandalkan tagar (hashtag) yang relevan dengan bisnis wisata sebagai salah satu senjata andalan dalam promosi di Instagram.

Selain itu, media sosial ini pun memberikan kamu berkesempatan untuk lebih interaktif dengan para audience, untuk membangun engagement yang baik dengan mereka.


4. TikTok

Siapa yang tidak tahu dengan platform media sosial TikTok?

Baru-baru ini, TikTok tengah berhasil mencuri perhatian banyak pengguna media sosial.

Meskipun terbilang masih lebih muda jika kamu bandingkan dengan platform media sosial lainya, tetapi kemunculannya sebagai media sosial untuk promosi bisnis cukup menjanjikan.

Banyak orang yang menggunakan TikTok untuk melihat konten-konten unik dalam bentuk video singkat.

Karena itu, untuk memaksimalkan promosi menggunakan TikTok kamu perlu mengasah sedikit kreativitas agar bisa membuat konten video yang menarik bagi para audience-mu.

Uniknya, di sini kamu tidak harus memiliki banyak followers terlebih dahulu.

Selama konten tersebut menarik, tidak menyalahi kebijakan & peraturan platform TikTok, dan banyak disukai oleh pengguna lain, konten yang kamu buat bisa masuk secara otomatis didistribusikan TikTok untuk ditonton oleh ribuan pengguna lainnya.

Tentu ini bisa jadi peluang yang baik untuk mempromosikan bisnis wisata.

Hal ini telah terbukti dengan banyaknya wisata yang tiba-tiba ramai pengunjung karena ada salah satu pengguna yang membuat konten di tempat tersebut.

Video tersebut menjadi viral, dan masuk ke dalam bagian FYP (For You page) di linimasa banyak pengguna, dan membuat banyak orang yang ikut tertarik untuk datang ke sana.

Kamu juga bisa coba membuat video sendiri yang menunjukan beragam lokasi wisata yang menarik, di tempat wisata yang kamu kelola.


5. YouTube

Sudah sejak lama platform YouTube banyak orang gunakan untuk mencari berbagai rekomendasi, mulai dari rekomendasi resep masakan, kosmetik, film, game, hingga tempat wisata.

Pengguna YouTube pun meliputi banyak orang dari berbagai kalangan, mulai dari anak-anak, remaja, hingga orang dewasa.

Karena itu, mempromosikan bisnis wisata melalui YouTube bisa menjadi hal yang cukup menjanjikan.

Kamu bisa memulainya dengan mengunggah video melalui akun bisnis wisata milikmu, lalu pilih kategori yang relevan dengan bisnis wisata.

Beri judul yang menarik & mengandung banyak keywords yang dicari banyak orang. Hal ini penting kamu lakukan untuk memperbesar kemungkinan video tersebut muncul pada halaman pencarian YouTube.

Agar kanal YouTube tersebut cepat berkembang, jangan sungkan untuk meminta likes, comment, dan subscribe pada setiap audience yang melihat konten videomu.


Pentingnya Memilih Media Sosial yang Tepat untuk Bisnis Wisata

Itulah beberapa rekomendasi media sosial yang bisa kamu gunakan untuk kegiatan promosi dan pemasaran di bisnis wisata yang sedang kamu jalankan.

Mulai dari menggunakan platform microblog seperti Twitter, media sosial Instagram & Facebook, hingga menggunakan platform yang bisa menampilkan video & suara seperti TikTok dan YouTube.

Pilihlah satu atau dua platform media sosial terlebih dahulu, dan kembangkan kontenmu dengan serius di sana.

Hindari menggunakan banyak media sosial sekaligus karena kegiatan promosi bisnismu bisa menjadi tidak fokus serta tidak efektif.

Selamat mencoba!

. . .

Kalau kamu termasuk salah satu pelaku usaha kecil, online sellers, atau freelancers, KoinWorks punya satu solusi nih untuk semua kebutuhan keuangan kamu.

Mulai dari transfer antar bank tanpa biaya admin, pembuatan invoice & laporan keuangan, hingga ke akses yang fleksibel untuk mendapatkan pinjaman– semua ini khusus untuk mendukung usaha & bisnis kamu, dan bisa kamu dapatkan di KoinWorks NEO.

Yuk, cari tahu lebih banyak tentang KoinWorks NEO di sini!

[E-Book GRATIS] Dapatkan konten ekslusif seputar strategi bisnis di sini
DAFTAR SEKARANG!
Pilih E-book untuk kamu download.
Dalam Ebook ini mengulas:Cara mudah untuk pebisnis melakukan iklan Google Display Network berupa banner atau visual yang ampuh untuk meningkatkan penjualan.
Dalam Ebook ini mengulas:Membantu pebisnis mengetahui lebih banyak tentang performa promosi yang dilakukan di dunia digital terutamanya platform Facebook untuk menentukan audiens.
Dalam Ebook ini mengulas:Penggunaan Business Metrics/KPI yang tepat untuk melacak sejauh mana bisnis kita sudah berjalan dan seberapa banyak target dari usaha kita yang sudah tercapai.
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.
5 Platform Media Sosial untuk Promosi Bisnis Wisata

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​