Bermain Dengan Komoditas Untuk Berinvestasi – Banyak sekali masyarakat yang mulai berlomba-lomba untuk meningkatkan investasi pada komoditas berjangka.

Perkembangannya kini sudah melebihi dari pertumbuhan ekonominya sendiri, bahkan melampaui perkembangan teknologi.

Jika Anda ingin berinvestasi pada komoditas berjangka, boleh saja Anda menggunakan modal pinjaman untuk dijadikan sebagai modal investasi, namun jangan sampai membebani Anda ketika pengembalian modal pinjaman itu sendiri.


Bermain dengan Komoditas untuk Berinvestasi

Salah satu bentuk komoditas investasi jangka panjang yang mudah dilakukan oleh masyarakat dan nilainya selalu menguntungkan adalah komoditas logam mulia khususnya emas.

Baca Juga:Ā Beberapa Hal Yang Perlu Dicermati Sebelum Berinvestasi

Emas sangat cocok untuk dimain-mainkan sebab bentuknya yang bervariasi sekaligus dapat menunjang penampilan.

Elemen penting yang patut diingat ketika melakukan investasi emas adalah psikologi trading yang artinya Anda harus benar-benar memiliki keyakinan dari dalam diri sendiri bahwa Anda bisa menjadi sukses dengan berinvestasi pada emas.

Satu hal tepat yang bisa Anda lakukan adalah memfilter dan mengurangi informasi negatif yang akan mempengaruhi diri Anda ketika melakukan transaksi. Prinsip lain yang harus diingat ketika melakukan investasi emas adalah sikap yang selalu terorganisir.

Hal ini terlihat ketika Anda hendak melakukan trading, maka diperlukan banyak persiapan serta sikap yang rekatif ketika berhadapan dengan pelemahan maupun penguatan secara dinamis dalam pasar berjangka. Satu cara untuk meningkatkan investasi menarik dari bidang komoditas emas adalah terus belajar.

Baca Juga:Ā 4 Hal Yang Perlu Dicermati Sebelum Berinvestasi

Seringkali mereka yang tergolong investor komoditas emas tidak pernah atau ingin untuk meluangkan waktu guna mempelajari apa yang mereka harus lakukan dan hanya berpedoman pada pengetahuan dasr mereka saja jika emas memiliki nilai yang tidak pernah turun dan selalu meningkat hanya dengan membeli emas dan menjualnya kembali.

Sebaiknya Anda selalu mempelajari hal apa yang sebenarnya mampu menggerakkan harga emas sehingga nilainya selalu meningkat khususnya belajar mengenai analisa fundamental.

Selain itu, cobalah untuk terhindar dari overtrading. Bila transaksi yang dilakukan bersifat terlalu agresif dimana Anda melakukannya berkali-kali menggunakan jarak stop loss jangka pendek, menggunakan target take profit yang ternyata pendek juga, maka hal ini hanya memberikan keuntungan pada brokernya saja.

Meskipun Anda untung maupun rugi, namun komisi itu harus tetap dibayarkan dan disetorkan pada broker.

Mungkin target take profit itu hanya diperoleh dalam jumlah kecil saja dalam waktu satu hari menggunakan cara penguncianĀ profit dalam jumlah yang juga kecil dimana keadaan saat itu memungkinkan Anda untuk mengambil take profit lebih besar, maka hal itu akan merugikan Anda. Akan tetapi, Anda juga sebaliknya harus terus menghindari over leveraged.

Leverage ini dapat dikatakan sebagai pedang bermata dua dimana broker tertentu bisa saja memaksa kehendak Anda untuk melakukan High Leverage.

Lebih mudahnya adalah income atau pendapatan yang diperoleh broker akan jauh lebih besar yang berasal dari spread sebab position sizenya akan terus menentukan jumlah pendapatan spread.

Dengan kata lain semakin besar posisi high Leveraged-nya, maka akan semakin besar juga pendapatan yang diperoleh broker.

Pastinya, dalam melakukan investasi komoditas ini, seorang trader sejati tidak boleh bergantung pada orang lain atau bantuan mereka.

Bukan karena faktor apapun melainkan kepercayaan. Bahkan teman maupun kerabat dekat bisa terlihat sifat aslinya apabila berhubungan dengan uang.

Untuk itulah, dalam melakukan investasi, selalu berusaha pada kemampuan diri sendiri karena hasilnya akan lebih membanggakan dan hasilnya akan menjadi milik Anda sendiri. Membuat keputusan sendiri akan membuat hasil lebih baik dan membanggakan.

Memang tidak salah jika Anda meminta bantuan mengenai trading pada trader yang dianggap lebih berpengalaman namun akan lebih baik jika seluruh keputusan yang dibuat itu tetap berasal dari diri sendiri. Anda bisa langsung belajar sambil jalan dan hasilnya pun akan lebih memuaskan.

Apabila hasil investasi tidak terlalu baik, maka Anda bisa memperbaikinya sendiri dan belajar lebih baik lagi sehingga hasilnya memuaskan.

Hal yang paling penting dalam melakukan investasi bentuk emas ini adalah jangan hanya berpedoman dengan permintaan masyarakat pada emas saja.

Anda harus terus melihat nilai emas berjangka dan juga melihat pertumbuhan ekonomi komoditas lain karena harga-harga komoditas lain sering kali berpengaruh pada harga emas. Aset lainnya itu juga menjadi acuan untuk mengukur sentimen regional sehingga Anda harus memperhatikannya.

Jika Anda bisa menilai hal ini dengan baik, bisa jadi Anda tidak perlu menambahkan modal pinjamanĀ untuk melakukan investasi komoditas bila ingin simpanan jangka panjang Anda berguna di masa depan.


Agar kami dapat memahami kebutuhan informasi Anda dengan baik dan menyediakan konten yang berkualitas serta informatif kepada setiap pembaca, mohon luangkan waktu untuk mengisi survei singkat berikut:

Isi Survei
.

Tersedia di: Ā 

Mulai perjalanan finansialmu, dengan caramu.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.