Cara Membuat Channel Youtube untuk Bisnis – Langkah-Langkah untuk Pemula

channel youtube untuk bisnis

Sumber gambar: nihaojewelry.com

Untuk mengembangkan bisnis dan usaha kamu, sangat dianjurkan untuk segera memiliki channel youtube, karena diera sekarang ini terlihat jelas bahwa youtube bisa menjadi sarana untuk mempercepat kemajuan bisnis.

Alasannya berdasarkan data dari Backlinko, pengguna youtube mencapai 2 miliar dari seluruh dunia. 42.9% pengguna internet dunia mengakses youtube secara keseluruhan. Dan untuk Indonesia sendiri, bayangkan saja dalam satu bulan terakhir 94% pengguna internet yang berusia 16-64 tahun telah mengakses youtube (sumber).

Jadi, mulai segerakan manfaatkan youtube untuk memperbanyak saluran pemasaran kamu, agar bisa menjangkau semakin banyak pelanggan.

Agar kamu mudah mengikuti tutorialnya, kami berikan beberapa petunjuk berupa langkah-langkah dalam bentuk gambar. Dan kami jelaskan secara sederhana fitur-fitur yang bisa kamu gunakan dan link-link terkait dalam proses pembuatan channel youtube ini.

Cara Membuat Channel Youtube untuk Bisnis

1. Kunjungi youtube.com, lalu pilih sign in di bagian kanan atas.pilih sign in di kanan atas


2. Kemudian masukkan email dan password akun google bisnis kamu.

(lihat cara membuat akun google bisnis)

masukkan email dan password akun google


3. Klik icon akun google kamu dan pilih ‘Create Channel’.klik icon akun google dan create channel


4. Setel logo dan tentukan nama channel youtube bisnis kamu.

Setel logo dan nama channel bisnisGunakan logo yang menarik agar memancing pengguna untuk mengklik dan tentukan nama sesuai dengan brand sesuai industri bisnis. Tambahkan keyword yang banyak dicari orang (tutorial riset keyword menyusul), misalnya ‘Glowing Skincare – Skincare Terbaik’.


5. Lengkapi informasi bisnis kamu di bagian ‘Basic Info’.

edit halaman about youtubetambahkan link terkait

 

Kamu klik ‘Customize Channel’ > pilih ‘Basic Info’ > isi deskripsi (isi dengan detail yang jelas terkait bisnis kamu dan sertakan keyword yang banyak dicari).

Kemudian scroll ke bawah, pada section ‘Links’, isi Link terkait seperti link website, facebook page kamu, instagram kamu, dll (cukup pilih ‘+ ADD LINK’).

Pada section ‘Contact info’ kamu bisa isi dengan email bisnis kamu, agar siapa saja yang kedepannya mau bekerja sama bisa menghubungi kamu melalui email tersebut.

Setelah semua terisi kamu bisa klik ‘PUBLISH’ dikanan atas.

Kamu bisa melihat tampilan setelan diatas pada halaman home channel kamu pada bagian ‘ABOUT’ berikut:

tampilan halaman about


6. Lengkapi brand visual kamu di bagian ‘Branding’.

lengkapi branding visualMasih di Halaman ‘channel customization’, kamu harus memiliki visual yang menarik dan menjelaskan tentang channel kamu sendiri. Ada 3 jenis visual yang kamu perlu siapkan:

  1. Picture
  2. Banner Image
  3. Video watermark

Ada salah satu contoh bentuk visual brand yang bisa menginspirasi kamu disini. Cara mudah membuat visual brand untuk youtube channel cek disini.


7. Buat Trailer Channel

Trailer channel adalah video dengan durasi pendek yang berisi kumpulan-kumpulan dari beberapa video, bertujuan untuk menjelaskan secara singkat isi dari channel tersebut. Hampir seperti trailer dalam sebuah film.

Cara meletakkan trailer channel

upload trailer channel video

Pilih ‘Content’ kemudian klik ‘UPLOAD VIDEOS’.

upload trailer channel video step 2

Isi judul atau ‘Title’ > isi ‘Description’ > Pilih thumbnail yang menarik > Set ‘Age Restriction’ sesuai kebutuhan bisnis kamu > Next sampai pada bagian ‘Visibility’.

upload trailer channel video step 3
Pilih ‘Public’, kemudian ‘PUBLISH’.

tambahkan video ke trailer channel
Sekarang kamu pilih ‘Customization’ di sebelah kiri > pilih ‘ADD’ pada bagian Channel Trailer seperti diatas > pilih Video yang tadi kamu upload.


Membuat Banner Online untuk Visual Brand Youtube

Kamu ngga perlu bingung cara untuk membuat visual brand yang mudah dan efisien bahkan ada yang versi gratisannya. Ada beberapa tools web based seperti:

Menggunakan Canva.com

daftar canva dengan googleKamu bisa kunjungi Canva.com > pilih ‘Sign Up’ dikanan atas > pilih Sign up with Google (langsung dengan akun google kamu) > pilih untuk Small Business misalnya (bebas).

youtube banner pakai canvaKemudian di kotak pencarian tulis ‘youtube’ lalu pilih ‘Youtube Channel Art’.

buat channel art youtube di canvapilih ‘Create a blank Youtube Channel Art’ .

drag dan ubah warna backgroundKamu tinggal drag (tarik) template yang kamu mau, kemudian kamu bisa mengganti background sesuai warna brand kamu.

Sampai sini kamu bisa mencoba berbagai macam pengubahan sampai kamu mendapatkan hasil yang kamu harapkan, dibutuhkan niat untuk menguliknya dan kreativitas yaa.

Disamping kamu bisa memanfaatkan banner-banner yang ada di dalam pilihan tersebut kamu juga bisa berkarya lebih bebas dengan custom banner template kamu sendiri. Caranya cukup pilih ‘Upload’ di bagian kiri dashboard kemudian pilih ‘Upload Media’.


Preview Channel Youtube

Untuk melihat hasil channel yang sudah kamu buat, kamu cukup klik ‘VIEW CHANNEL’ pada bagian kanan atas.

preview channel youtube 2
Selamat, sekarang kamu mempunyai channel youtube untuk bisnis yang akan menjadi salah satu saluran marketing terbaik kamu. Setelah mengetahui cara membuat channel youtube kedepannya kamu bisa pelajari bagaimana membuat channel youtube menjadi viral. Semoga sukses ya.

Kalau kamu sedang mengalami kesulitan terkait modal, KoinWorks akan selalu hadir untuk memajukan usaha kamu.

Simulasi Pinjaman KoinWorks
Ketahui maksimum pinjaman dan cicilan per bulan
+62
Estimasi jumlah maksimum pinjaman

Rp

Estimasi cicilan bulanan
  • Tenor 6 bulan: Rp
  • Tenor 12 bulan: Rp
  • Tenor 24 bulan: Rp

Install aplikasi KoinWorks dan mulai ajukan pinjaman di KoinBisnis!

Ajukan Pinjaman Sekarang

Dapatkan berbagai informasi seputar Pengembangan Bisnis lainnya hanya di KoinWorks.

Tentang Penulis
Kalkulator finansial untuk hitung kebutuhan kamu

Hitung semua keperluan finansial kamu cukup di satu tempat

Punya uang Rp.100 Ribu? Mulai pendanaan sekarang dan dapatkan keuntungan hingga 14,5%.