Cara Membuat Cover Untuk Proposal Bisnis Agar Menarik Perhatian Investor

·
4 menit
Cara Membuat Cover Untuk Proposal Bisnis

Ada banyak cara membuat cover untuk proposal bisnis Kamu yang dapat dicoba. Cover menjadi salah satu bagian yang penting dari sebuah proposal karena memberikan kesan pertama dari proposal tersebut.

Apalagi sebuah proposal bisnis juga memiliki fungsi yang penting karena akan membantu Kamu memperoleh pembiayaan, mencapai tujuan, dan mempertajam strategi bisnis.

Proposal bisnis biasanya berisi mengenai ide dan hal-hal untuk meyakinkan investor agar tertarik untuk mendukung bisnis Kamu dalam bentuk modal maupun kebutuhan bisnis lainnya.

Agar lebih meyakinkan, Kamu perlu memperhatikan pembuatan setiap unsur proposal tersebut secara cermat dan memastikan bahwa tidak ada kesalahan dalam pembuatannya.

Cover menjadi bagian awal atau wajah dari sebuah proposal. Untuk itu bagian ini perlu dibuat semenarik mungkin tetapi juga tidak terkesan berlebihan.

Cover ini akan memberikan kesan pertama dari bisnis Kamu apakah terlihat mewah, menarik, futuristic, kreatif, atau justru sebaliknya.

Cara Membuat Cover Proposal Bisnis yang Profesional

Cover proposal bisnis sekilas terlihat seperti sampul biasa. Tetapi dari sampul tersebut perlu dibangun hubungan atau komunikasi agar dapat menarik perhatian pembaca.

Seseorang umumnya dapat langsung mengetahui maksud dari suatu proposal bisnis dari cover atau halaman depan proposal tersebut.

Jika Kamu mencoba cara membuat cover untuk proposal bisnis menarik dan unik, maka orang yang membacanya juga akan segera memahaminya tanpa harus membaca isinya secara keseluruhan.

Untuk membuat cover proposal bisnis yang menarik dan bagus, tentu perlu kesabaran untuk mendapatkan hasil yang memuaskan.

Pasalnya, jika Kamu terburu-buru membuatnya, cover tersebut tidak bisa menarik perhatian pembaca.

Bagi yang baru pertama kali membuat proposal bisnis dan ingin membuat cover yang professional untuk proposal tersebut, berikut ini adalah beberapa kiat yang perlu diperhatikan

  • Unsur Teks Hanya Berisi Materi Penting

Materi yang dimaksud untuk cover proposal bisnis adalah judul proposal tersebut. Kamu juga dapat menambahkan sedikit informasi pendukung seperti keterangan dari nama judul serta nama lembaga atau nama usaha. Pastikan juga untuk mencantumkan alamat jelas tempat usaha Kamu.

  • Desain yang Simpel

Desain menjadi salah satu kunci yang menentukan apakah cover proposal terlihat menarik atau tidak.

Untuk membuat desain cover yang bagus, sebaiknya pilihlah desain yang sederhana dan berkaitan dengan proposal tersebut. Cover tersebut hampir sama seperti iklan untuk memberi gambaran umum kepada pembaca.

Pemilihan warna atau desain background untuk cover tersebut sebaiknya disesuaikan dengan logo perusahaan atau gambar produk.

Pastikan warnanya tidak bertabrakan atau kontras dengan kedua hal tersebut. Contohnya jika logo berwarna merah, Kamu dapat memilih latar berwarna hitam, kuning, atau warna lainnya yang mampu menonjolkan logo dan produk usaha Kamu.

Warna yang digunakan untuk proposal sebaiknya tidak terlalu berwarna-warni. Pasalnya hal ini justru akan membuat cover tersebut terlihat norak dan tidak menarik.

Cukup gunakan 2-3 kombinasi warna saja untuk memberikan kesan yang elegan. Sementara itu, membiarkan bagian background cover terlihat polos dengan warna putih juga sebaiknya dihindari.

Proposal dengan latar putih yang dominan akan memberikan kesan yang membosankan dan monoton.

  • Memilih Font yang Tepat

Pemilihan font atau jenis huruf juga menjadi hal yang penting diperhatikan untuk pembuatan proposal bisnis.

Kriteria font yang cocok untuk cover proposal bisnis antara lain adalah mudah dibaca dan mempunyai karakter yang sama dengan bisnis atau produk dalam proposal tersebut.

  • Menambahkan Gambar

Ada banyak cara untuk mempercantik cover proposal bisnis agar terlihat lebih menarik, salah satunya adalah dengan menambahkan gambar.

Gambar yang sebaiknya muncul dalam cover adalah logo dan atau foto produk usaha. Untuk elemen pendukung lainnya dapat berupa garis bawah, garis samping atas, atau lengkungan.

Jika gambar utama berupa logo usaha, logo tersebut dapat ditempatkan di bagian tengah dan dibuat agak besar agar terlihat menonjol.

Tetapi jika Kamu ingin menggunakan logo dan foto produk sekaligus, logo tersebut dapat diletakkan di bagian sudut atas proposal dan foto produk menjadi gambar utama cover proposal.

  • Mengatur Komposisi Agar Terlihat Harmonis

Setelah semua unsur yang diperlukan siap, hal selanjutnya yang perlu dilakukan adalah mencocokkan semua elemen tersebut agar terlihat harmonis dan sesuai dengan tema yang diangkat.

Pastikan kombinasi yang ada tersebut menghasilkan cover yang menarik dan nyaman dipandang dengan kombinasi warna yang harmonis dari setiap elemen mulai dari warna font, logo, foto produk, elemen penghias, dan warna latar.

Aplikasi Untuk Membuat Cover Proposal Bisnis

Ada banyak aplikasi yang saat ini tersedia untuk memudahkan Kamu dalam membuat proposal bisnis. Berikut ini adalah beberapa aplikasi yang dapat digunakan

  • Canva

Ini merupakan aplikasi desain grafis yang dapat digunakan untuk membuat berbagai macam produk grafis, termasuk cover untuk proposal bisnis.

Saat ini Canva telah hadir dengan berbagai macam template sehingga sangat memudahkan penggunanya untuk memilih template sesuai kebutuhan dan tinggal mengisi template tersebut dengan elemen – elemen yang dibutuhkan.

  • Photoshop

Photoshop merupakan aplikasi grafis professional yang biasa digunakan untuk mengedit foto. Kamu juga dapat menggunakan aplikasi ini untuk membuat cover proposal.

Bagi pemula, mungkin agak sulit untuk menggunakan aplikasi ini karena ada banyak tools yang perlu dipahami dulu kegunaan dan fungsinya. Agar lebih mudah, Kamu dapat mengikuti tutorial pembuatan cover dengan Photoshop yang saat ini sudah banyak tersedia di Youtube.

  • Coreldraw

Aplikasi selanjutnya yang dapat digunakan untuk membuat cover proposal adalah CorelDraw. Aplikasi ini sama seperti aplikasi grafis lainnya.

Aplikasi ini hadir dengan tools yang memadai untuk membuat cover. Cara penggunaan aplikasi ini juga hampir sama dengan Photoshop.

Cara Membuat Cover Proposal Bisnis Secara Online

  • Canva

Selain tersedia dalam bentuk aplikasi, Canva juga dapat digunakan secara online melalui situs Canva. Situs ini sebenarnya sudah cukup populer di kalangan para pengguna internet karena cara penggunaannya yang mudah dan sangat cocok untuk pemula di bidang desain.

Canva menyediakan banyak template yang dapat dipilih. Kamu cukup mengubah beberapa elemen seperti warna, teks, gaya, dan pola desain agar sesuai dengan proposal bisnis Kamu.

  • Fotor

Ini sebenarnya adalah situs edit foto. Selain itu, situs Fotor ini juga menyediakan fitur untuk pembuatan cover. Untuk cover, ada beberapa template dengan berbagai layout yang dapat dipilih.

Setiap desain memiliki perbedaan yang mencolok. Untuk fitur editingnya, tersedia tools yang dapat digunakan di halaman khusus. Hadir dengan user interface yang sederhana, Kamu tentu tidak akan kesulitan menggunakannya.

  • Snappa

Snappa telah dikenal sebagai salah satu situs terbaik untuk editing grafis, termasuk membuat cover proposal.

Ada banyak sekali template dan fitur desain yang dapat digunakan untuk mendesain cover. Kamu dapat dengan leluasa mengubah elemen-elemen yang ada sesuai kebutuhan.

Demikian sedikit informasi cara membuat cover untuk proposal bisnis Kamu. Dengan beberapa tips di atas, sekarang Kamu tidak akan kesulitan lagi untuk membuat cover proposal bisnis yang bagus dan memikat.

 

Miko
Dengan tulisan, Miko bisa membagikan banyak hal positif. Berkontribusi dalam pengembangan pengetahuan para pembaca membuatku bahagia.

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​

Super Financial App yang
membawamu #MelangkahLebih