Cara Menghitung Bunga Investasi di KoinWorks – KoinWorks merupakan sebuah platform berbasis internet yang menyediakan layanan investasi online dalam skema Peer to Peer Lending.

Sebagai pionir Peer to Peer Lending Indonesia, atau platform yang memudahkan investasi online dalam praktiknya, KoinWorks memberikan bunga yang tinggi dan kemudahan diversifikasi lewat platformnya.

Setiap investor tentu saja berharap dapat mendapatkan bunga keuntungan yang tinggi. Sebagai salah satu sistem investasi yang masih terhitung baru di Indonesia, investasi online Peer to Peer Lending yang diadopsi oleh KoinWorks sendiri mampu memberikan persentase bunga yang tinggi dengan biaya potongan per transaksi yang rendah.

Bagi Anda yang sudah mencoba berinvestasi online Peer to Peer Lending di KoinWorks, mungkin Anda masih bingung bagaimana cara menghitung bunga investasi. Cara menghitung bunga investasi di KoinWorks sebenarnya sangat sederhana, berikut tutorialnya.

Cara Menghitung Bunga Investasi di KoinWorks

Berikut pembahasan selengkapnya:

Beberapa Hal yang Perlu Anda Ketahui Sebelumnya

1. Semua peminjam akan melunasi pendanaan Anda dengan membayar cicilan (pokok + bunga) setiap bulannya.

2. Jumlah penerimaan Pendana sama dengan bunga yang dicicil oleh Peminjam.

Cara Menghitung Bunga Investasi di KoinWorks - 2

3. Anda sebagai pendana dapat melihat cicilan pinjaman di dalam lembaran Factsheet data peminjam.
Cara Menghitung Bunga Investasi di KoinWorks - 1

Cara Menghitung Bunga Investasi

Dari informasi di atas, Anda dapat menghitung bunga investasi dengan rumus berikut:

      Jumlah Pendanaan          x  Cicilan yang tertera di Factsheet
Total Plafond Pinjaman

=

Bunga Keuntungan

Jadi, bila kita masukkan angka perhitungannya, misalkan seperti ini:

      Rp 10.000.000         x  Rp 12.000.000
    Rp 100.000.000

=

Rp 1.200.000

Dari angka di atas, Anda akan mendapatkan Rp 1.200.000 per bulan sebagai bunga keuntungan Anda saat berinvestasi di KoinWorks.

Bagaimana Caranya Meningkatkan Bunga Keuntungan Investasi?

Setiap cicilan yang Anda dapatkan setiap bulannya bisa Anda gunakan untuk kembali berinvestasi ke beragam peminjam lain. Jadi bunga efektif sesuai perhitungan akan Anda dapatkan saat berinvestasi.

Dengan menginvestasikan kembali bunga keuntungan Anda untuk mendanai pinjaman lain, bunga keuntungan Anda pun akan terus meningkat dan beragam kebutuhan peminjam dapat terpenuhi dan mereka pun terbantu untuk mewujudkan impian mereka.

Baca Juga:

Bergabung sekarang di KoinWorks dan dapatkan bunga keuntungan yang tinggi!

Investasi Sekarang




  • 6
    Shares
  • saut

    jd keuntungannya bisa diambil per tahun ya atau bisa per bulan?

    • Walter Pinem

      Halo, Pak Saut.
      Pengembalian investasi dilaksanakan setiap bulan karena peminjam membayar cicilannya setiap bulan.
      Jadi Anda bisa berinvestasi setiap bulan dan memanfaatkan efek compounding di KoinWorks apabila pengembalian bulanannya sudah mencapai minimal Rp 100.000.
      Terima kasih.

  • Wayan Partikawira

    Saya sudah daptar lalu?? Apa bisa bener 100rb an investasi

    • Walter Pinem

      Terima kasih sudah mendaftar, Pak Wayan.
      Di KoinWorks bisa berinvestasi mulai dari Rp 100ribu dan berlaku kelipatannya.
      Selamat berinvestasi!

  • mbahtrisul

    selamat siang …saya sangat tertarik dan berminat invest , misal saya ada dana 400 jt dan saya invest selama 3 tahun ( dana saya endapkan ) tetapi saya hanya mau ambil bunganya saja setiap bulannya bisa tidak ? kira kira bunganya berapa ? adakah jaminan aman unuk dana yang saya inveskan trimakasih di tunggu balasannya…mbah trisul

    • Walter Pinem

      Halo.
      Terima kasih atas minatnya.
      Di KoinWorks, Anda bisa berinvestasi mulai dari Rp 100.000 dan akan menerima pengembalian berupa bunga dan pokok setiap bulannya.
      KoinWorks juga punya inisiatif berupa Dana Proteksi yang akan didistribusikan untuk meminimalisir nominal kerugian investor apabila terjadi gagal bayar.
      Silakan untuk mulai berinvestasi di KoinWorks.

  • Angela Ami

    Halo Saya mau tanya,

    Saya sudah invest di koinworks, tapi saya bingung dengan perhitungan keuntungan. Sama seperti contoh diatas (pada gambar) tertera jumlah pinjaman 120jt dengan bunga 21.13 pa selama 24 bln (2 thn), dengan cicilan perbulan 6.1jt. Total yg dibayarkan oleh peminjam selama 24 bln adalah 6.129.000 x 24 = 147jtan.
    Keuntungan yg diterima investor adalah 147jt – 120jt = 27jt, atau kalau dalam persen adalah 27jt/120jt = 22.5%, ini setelah pinjaman lunas 2 thn.
    Persentase keuntungan ini kenapa berbeda ya dari bunga yang tertera pada factsheet yaitu 21.13% pa (per annum atau per tahun), karena pinjaman ini selama 2 thn, bukankah keuntungan dari bunga menjadi 2x 21.13% = 42.26%?

    Mohon bantuannya untuk menjelaskan perhitungannya seperti apa. Terima kasih sebelumnya.

    Regards

    Angela Ami

    • Walter Pinem

      Halo,
      bunga yang terdapat di masing-masing pinjaman pada menu Telusuri adalah bunga efektif, di mana estimasi bunga tersebut dapat tercapai oleh karena efek compounding. Bila pengembalian dari pinjaman tersebut diinvestasikan kembali dengan rutin, bunga yang dihasilkan akan kembali menghasilkan bunga, sehingga persentase suku bunga efektif tersebut dapat tercapai.

    • Liz

      Saya sudah mendaftar tapi masih ragu2 untuk mencoba

      Perhitungan bunga nya kok membingungkan ya. Ada yg di fact sheet terutama yg tenor 1 bulan kalau dihitung adalah flat rate (tetapi terteranya eff. P.a — efektif kan ya maksudnya eff).
      Dan yang tenornya di atas satu bulan kalau dihitung sepertinya efektif rate.

      Tolong diperhatikan detail fact sheet nya, ada yang tidak ketemu jumlah payment nya walaupun saya hitung flat ataupun efektif (sepertinya salah input)

      Seperti penjelasan di atas, gambar yg tertera dan contoh perhitungan yang diberikan kok angkanya berbeda

      Kalau data yang diberikan tidak sinkron, jadi agak takut juga untuk menaruh dana di sini..

      • Walter Pinem

        Halo Ibu Liz.
        Terima kasih sudah memberikan tanggapan.
        Mengenai perhitungan bunga, apa yang terdapat di factsheet adalah bunga cicilan per bulan yang ditanggung oleh peminjam, dan itu bersifat flat rate. Untuk bunga yang tertera di halaman Telusuri/Browse, perhitungan bunganya bersifat effective rate sebab kami di KoinWorks menyarankan untuk berdiversifikasi dengan menginvestasikan kembali pengembalian ke pinjaman lain sehingga dapat memanfaatkan efek compounding atau bunga berbunga, dan effective rate pun dapat tercapai.

  • Rio Pratama Reskapati

    Hallo
    Saya tertarik untuk mulai berinvestasi tetapi saya ingin mengetahui misalnya saya mulai berinvesasi dengan dana Rp 100rb dengan tingkat resiko invesatasi “rendah”, kira-kira berapa keuntungan bersih yang akan saya terima setelah dikurangi biaya?
    soalnya saya lihat ada biaya 1% yang dipungut pihak koinwork.
    terimakasih.. ^_^

    • Walter Pinem

      Halo, Pak Rio.
      Terima kasih atas ketertarikan Anda berinvestasi dengan KoinWorks.
      Apabila Anda berinvestasi dengan tingkat risiko terendah, Anda bisa mendapatkan sekitar 7% nett.
      Apabila Anda menginvestasikan kembali keuntungan Anda ke pinjaman lain maka bunganya bisa lebih tinggi lagi karena berlaku efek compounding.
      Terima kasih.

  • Rio Pratama Reskapati

    hallo,,
    kemarin saya meninggalkan komentar,, tapi sudah hilang mungkin ada masalah pada sistem..
    kemarin saya bertanya mengenai biaya 1% dikenakan atas pembayaran peminjam, biaya ini apakah berarti apabila saya investasi 300rb dengan resiko rendah atau bunga pertahun 18% dengan jangka waktu hutang 3 bulan maka perhitungan bunga per bulannya = 300rb x 18%/12=4500 ditambah dengan cicilan pe rbulan= 100rb + 4500 = 104.500, jadi cicilan peminjam per bulan adalah 104.500 kemudian ada biaya 1% dari pihak koinwork = 104.500 x 1% = 1.045. jadi uang yang masuk ke akun investor= 104.500 – 1.045 = 103.455/bln.
    apakah seperti ini perhitungannya?
    tolong dijelaskan

    • Walter Pinem

      Halo, Pak Rio.
      Komentar Anda sudah kami terima dengan baik dan baru saja direspon.
      Mohon maaf atas delay-nya.
      Kecuali produk InvoiceFinancing, Anda harus mengkalikan nominal uang dengan bunga flat per bulan.
      Katakanlah bunga cicilan flat per bulan adalah 0,90%, maka 300.000 x 0,90% = 270.000
      Angka bunga yang tertera di KoinWorks merupakan bunga efektif.

  • Raing setiawan

    Hallo pak.
    saya mau nanya jika kita telah invetasi dan dari investasi itu sendiri, kita dapat bunga saldo,apakah bisa di lakukan penarikan dari saldo bunga tersebut pak ?
    Sekian terima kasih

    • Walter Pinem

      Halo.
      Anda bisa menarik bunga dari setiap investasi yang Anda dapatkan setiap bulannya (termasuk bunga dari KOIN yang didapatkan).
      Namun perlu diingat bahwa KOIN yang didapat dari promo KoinWorks tidak bisa ditarik, yang bisa ditarik adalah bunga dari KOIN tersebut.
      Terima kasih.

Apa Komentar Anda?