Film Tentang Krisis Keuangan yang Menarik untuk Ditonton

film tentang krisis keuangan

Krisis keuangan diperkirakan akan melanda beberapa negara dalam waktu dekat, tak terkecuali Indonesia. Nah, untuk menambah wawasan kamu KoinWorks telah merangkum 3 film tentang krisis keuangan yang menarik untuk ditonton. 

Buku adalah jendela dunia, tapi bukan berarti menambah wawasan hanya bisa dilakukan dengan membaca buku.

Melalui film, kamu juga bisa menambah wawasan, lho. 

Nah, bagi kamu yang ingin menambah wawasan terkait krisis keuangan simak rekomendasi film tentang krisis keuangan berikut, ya!


1. The Big Short (2015)

The Big Short merupakan film yang diadaptasi dari buku The Big Short: Inside the Doomsday Machine karya Michael Lewis. 

Film tentang krisis keuangan ini menceritakan kisah nyata kejadian krisis ekonomi global di tahun 2008. 

Sepanjang film, penonton akan diajak untuk memahami keruntuhan pasar saat krisis melalui beberapa sudut pandang perusahaan keuangan.

Tak hanya itu, jargon dan istilah yang mungkin belum pernah didengar oleh orang awam pun banyak diselipkan pada film ini. Hal tersebut pastinya akan sangat menambah wawasan kamu, Sobat KoinWorks. 

Selain itu, film ini juga menceritakan tentang kebangkrutan Lehman Brothers, bank investasi yang pernah menjadi terbesar keempat di Amerika Serikat dan peristiwa subprime mortgage


2. Too Big to Fail (2011)

Too Big to Fail merupakan film yang diadaptasi langsung dari novel non-fiksi dengan judul yang sama karya Andrew Ross, lho. 

Ada yang pernah baca bukunya?

Sama halnya dengan The Big Short, film yang disutradarai oleh Curtis Hanson ini juga berlatar pada krisis moneter tahun 2008.

Film tentang krisis keuangan yang satu ini berkisah tentang runtuhnya sistem perbankan dan bagaimana cara menyelamatkan masa depan sektor keuangan.

Mulai dari bagaimana Richard Fuld yang diperankan oleh James Woods berusaha membantu Lehman Brothers, salah satu bank investasi terbesar di AS yang bangkrut pada tahun 2008 hingga situasi di balik layar, yaitu perbincangan antara tokoh penting di bidang keuangan dan negosiasi-negosiasi yang dilakukan. 

Kira-kira seperti apa aksi penyelamatan sistem perbankan yang dilakukan?

Cari tahu jawabannya dengan menonton filmnya, ya!


3. Inside Job (2010)

Film tentang krisis keuangan yang terakhir adalah Inside Job (2010) yang lagi-lagi menggunakan latar waktu pada krisis keuangan global tahun 2008. 

Tapi jangan salah, film dokumenter yang satu ini berhasil menjadi pemenang Oscar 2011 untuk film dokumenter terbaik dan mendapat pujian tinggi di Festival Film Cannes, lho.  

Tak tanggung-tanggung, untuk memproduksi film ini dilakukan riset mendalam supaya penonton lebih kebayang tentang kebijakan pemerintah AS dan praktik perbankan yang memicu krisis keuangan di tahun 2008 silam.

Lebih lanjut, film yang dinarasikan oleh Matt Damon ini juga tidak hanya menjelaskan tentang krisis tetapi juga menyajikan peran pemerintah dan kebijakan yang dibuatnya. 

Film yang diambil di beberapa negara seperti Amerika Serikat, Islandia, Inggris, Prancis, Singapura, dan China ini juga menampilkan sejumlah scene wawancara eksklusif dengan akademisi, politisi, jurnalis, dan pembuat kebijakan yang menganalisis krisis. 

Yang pasti, dengan menonton film ini kamu bisa lebih kebayang secara visual situasi yang terjadi pada saat krisis keuangan global di tahun 2008.

Bagi kamu yang belum menonton film ini, yuk masukan Inside Job ke list tontonan kamu di akhir pekan ini!


Dari ketiga film di atas, kira-kira mana yang akan kamu tonton duluan?

Selain untuk menambah wawasan, banyak pelajaran yang bisa kamu ambil dari menonton film tentang krisis keuangan, lho. Misalnya, dengan menyiapkan tabungan masa depan dengan melakukan pendanaan di KoinP2P dari KoinWorks

Selain mengembangkan aset, melakukan pendanaan di KoinP2P juga membuatmu turut memajukan UMKM di Indonesia, lho. 

Belum lagi kamu juga akan mendapatkan imbal hasil hingga 18% per tahun!

Jadi, tunggu apalagi?

Yuk, lakukan pendanaan di KoinP2P!

Dengan KoinWorks, #SatuKlikUntukWujudkan finansial impianmu.

Kunjungi KoinP2P!

Dapatkan berbagai informasi seputar Gaya Hidup dan Daily lainnya hanya di KoinWorks.

Tentang Penulis
Gina Valerina

Gina Valerina

Gina began her professional journey within the realm of finance, accumulating a wealth of invaluable insights and hands-on experiences. Building upon this extensive background, she uses her expertise to carefully create informative articles. Each article is born from in-depth research and her unwavering dedication to providing her audience with well-verified insights.
Kalkulator finansial untuk hitung kebutuhan kamu

Hitung semua keperluan finansial kamu cukup di satu tempat

Punya uang Rp.100 Ribu? Mulai pendanaan sekarang dan dapatkan keuntungan hingga 14,5%.