Kita memang tidak akan pernah tahu kapan usaha yang sudah kita lakukan akan loyo dan lesu. Pada saatnya, jika pengelolaan tidak baik serta tidak cepat beradaptasi dengan perubahan trend, maka bisnis bisa saja ditinggalkan oleh pembeli. Ketika itu terjadi, tentu kita akan melakukan segala cara agar usaha tetap bangun berdiri dan kokoh. Sayangnya, jika yang dilakukan kurang tepat, hasil yang diharap pun tidak dapat. Coba terapkan beberapa hal berikut ini untuk bisa melejitkan usaha yang hampir bangkrut.

Berfikir di luar nalar

Pastinya, Anda pernah mendengar kalimat Think Out of the Box yang berarti berpikir di luar kotak atau kebiasaan. Para pakar memang sering menggunakan kalimat ini serta strategi-strategi tertentu yang terkandung dalam istilah Think Out of the Box. Namun, pada waktunya, Anda justru membutuhkan pemikiran cerdas yang berasal dari luar nalar. Ini bisa berarti kreatif bahkan nyeleneh atau diluar kelaziman tapi masih sesuai norma yang berlaku dan tetap powerful.

Ide gila memang tidak akan lahir saat perusahaan sedang maju pesat. Karena saat itu Anda akan hanya berpikir untuk meraih untung yang lebih besar tanpa memikirkan inovasi atau ide gila. Ini adalah waktu yang tepat saat situasi sedang loyo, Anda harus mengembangkan ide gila yang tak pernah terbayangkan sebelumnya. Lakukan secara serius dan professional kemudian pastikan bahwa semua siap sebelum akhirnya di-launching di pasar. Ide gila dan kreatif memang sangat diminati oleh pasar.

Buat Jalur Promosi yang Bagus dan Baik

Tidak ada cara lain untuk mengenalkan produk pada pasar tanpa adanya promosi. Promosi bisa dengan berbagai cara baik online atau offline. Lakukan promosi di tempat yang tepat dimana target pasar berada. Jika Anda menargetkan pasar lokal, tentunya yang paling baik dengan media offline karena media online digunakan oleh mereka yang sudah melek gadget dan teknologi. Sebaliknya, jika segmen pasar Anda adalah mereka yang melek gadget maka lakukan promosi secara online baik SMS, WA, BBM, IG dan lain-lain termasuk Facebook dan Twitter.

Selain itu, surat kabar masih bisa diandalkan pula. Baik surat kabar lokal maupun nasional bisa dijadikan ladang untuk mengiklankan produk Anda. Hanya saja, ada beberapa kelemahan untuk iklan lewat koran. Jika Anda ingin hasil yang maksimal, gunakan Jasa Pemasangan Iklan dimana mereka akan memasang iklan di banyak tempat baik online maupun offline termasuk juga di tabloid yang pasarnya bisa sampai ke seluruh Indonesia. Tentu biayanya tidak sedikit tapi Anda telah berhasil membuat iklan yang lebih jauh dari biasanya.

Bersabar Menunggu Massa

Ini yang terkadang terjadi. Sepinya pengunjung bukan berarti tidak laku atau tidak diterima. Kadang, yang Anda butuhkan adalah soal waktu. Waktu dimana konsumen mulai sadar bahwa apa yang Anda tawarkan adalah apa yang mereka butuhkan. Bisa jadi produk yang Anda tawarkan belum familiar atau terlalu maju sehingga pasar butuh waktu untuk penyesuaian. Jika ini kondisinya, maka bersabar sambil promosi adalah tindakan tepat untuk dilakukan saat ini. Ingat, bersabar bukan berarti diam.

Ubah Sudut Pandang

Jika Anda sudah melakukan semua hal diatas dari mulai berfikir di luar kebiasaan atau nalar, promosi yang baik, serta sabar menunggu masa, tapi belum juga melihat hasilnya, cobalah untuk merubah sudut pandang bisnis Anda. Contoh, jika saat ini Anda memproduksi pakaian jadi namun melihat pasar lesu, cobalah ganti sudut pandang Anda dengan menjadi penjual pakaian jadi, bukan produsennya. Bisa saja yang tadinya Anda bersaing langsung dengan perusahaan pakaian lain, saat ini justru Anda menjual produk mereka.

Tidak masalah, Anda akan membutuhkan lebih sedikit karyawan dan lebih sedikit modal namun Anda akan terlepas dari kerugian memproduksi pakaian jadi serta lepas dari kerugian jika barang tidak laku karena status Anda adalah menjual pakaian dimana keuntungan akan didapat setelah pakaian terjual, jika tidak laku maka akan dikembalikan pada produsen. Ini cara baik dan tepat.

Obral, Diskon, Bonus, Hadiah, Gratis

Itu adalah kata-kata magis atau sihir yang bisa mempengaruhi orang untuk membeli produk Anda. Bahkan sudah dibuktikan dengan penelitian dari sisi psikologi. Cobalah terapkan kata-kata tersebut disertai iklan yang gencar. Setelah itu, lihat hasilnya.

Nah, silakan mencoba beberapa saran di atas untuk menyelamatkan bisnis Anda. Jika Anda merasa bisnis Anda membutuhkan tambahan dana agar bisa survive, jangan ragu untuk mencari pinjaman bisnis yang sesuai dengan kemampuan. Ingat, bisnis merupakan investasi yang paling menguntungkan, jadi berusalah sekuat tenaga agar Anda bisa menyelamatkan bisnis Anda dari keterpurukan. Selamat mencoba!


Simulasi Pinjaman Modal Usaha

Jumlah Pinjaman

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Hasil
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Cicilan Bulanan:

Syarat Pengajuan Pinjaman di KoinWorks


Download Aplikasi KoinWorks

apple app store iosgoogle play store android app

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.