Harga Emas Hari Ini: Jumat, 26 April 2024

harga emas hari ini

Harga Emas Hari Ini: Harga Emas Terbaru – Investasi emas merupakan salah satu instrumen investasi yang populer.

Bukan hanya investor pemula, mereka yang sudah berpengalaman dan paham betul tentang seluk-beluk investasi pun kerap menjadikan emas sebagai instrumen investasi alternatif untuk mendiversifikasikan modal investasinya.

Sama seperti harga saham, harga jual-beli komoditas di bursa akan terus berubah, terutama logam mulia seperti emas dan perak.

Maka dari itu, investor seperti Anda yang sedang menimbang-nimbang untuk mengalokasikan modal pada investasi emas perlu memantau harga pasaran emas saat ini.


Grafik Harga Emas Hari Ini

Konversi:

  • 1 Ounce = 28,3495 gram
  • 1 Troy Ounce = 31,1035 gram

Pada grafik di atas, kita bisa melihat harga emas yang sangat fluktuatif dalam beberapa bulan terakhir, dan terjadi kenaikan harga yang sangat signifikan mulai dari bulan April – Juli 2019.


Grafik Komprehensif Harga Emas Hari Ini

Informasi Penting Pada Grafik di Atas

Pada bagian Daftar Pantau, berikut masing-masing definisinya:

  • USDID: Nilai tukar/konversi mata uang dollar Amerika Serikat ke rupiah
  • XAUID: Harga emas hari ini per gram secara real-time dalam mata uang rupiah
  • XPTID: Harga logam mulia platinum per gram hari ini secara real-time dalam mata uang rupiah
  • XAGID: Harga logam mulia perak/silver per gram hari ini secara real-time dalam mata uang rupiah

Selain itu, bila kita melihat lebih rinci pada grafik di atas, terjadi kenaikan yang begitu mencolok sejak tahun 2018 hingga 2019 ini.

Dalam rentang tahun 2012 hingga sekarang, titik terendah emas terjadi tepatnya pada tanggal 21 Juni 2013. Setelah itu, harga emas pun berangsur-angsur naik dan melonjak jauh hingga sekarang.


5 Tips Investasi Emas yang Perlu Anda Ketahui

keuntungan berinvestasi emas - investasi emas - Harga Emas Hari Ini

Memang, emas umumnya identik dengan perhiasan yang populer di kalangan wanita. Seiring berkembangnya waktu, terutama dengan semakin meleknya masyarakat untuk berinvetasi, emas pun kini turut populer sebagai salah satu instrumen investasi alternatif.

Bahkan, investasi emas sekarang tidak harus berarti membeli emas dalam bentuk fisik dan menyimpannya di brankas pribadi, brankas di PT Antam, layanan safe deposit box (SDB), atau pun perbankan. Anda kini bisa membelinya dalam bentuk intangible asset.

Selain untuk mengetahui harga emas hari ini dan setiap harinya, di artikel ini, Anda juga bisa mengikuti berbagai tips investasi emas agar dalam praktiknya Anda dapat lebih berhati-hati dan kegiatan investasi Anda tetap sesuai tujuan.

1. Pelajari Terlebih Dahulu Seluk-Beluk Investasi Emas

investasi emas-5 Cara Mudah Kenali Emas Palsu

Sebelum benar-benar berinvestasi, pastikan dulu bahwa Anda sudah benar-benar paham seluk-beluk investasi emas itu sendiri.

Sekarang ini, ada banyak sumber yang bisa Anda rujuk untuk memahaminya lebih dalam. Kenapa memahaminya terlebih dahulu menjadi salah satu tips yang utama?

Bila diibaratkan seperti perang, maju menyerang tanpa strategi dan mengenali musuh sama saja bunuh diri. Sama saja saat berinvestasi, bila Anda belum benar-benar paham, Anda hanya akan membuat modal yang dialokasikan berpotensi besar untuk merugi.

2. Tentukan Tujuan Utama Anda

emas perhiasan

Bila hendak berinvestasi emas, apa sebenarnya tujuan utama Anda?

Tentu ada berbagai tujuan keuangan yang melatarbelakanginya. Bisa saja Anda menjadikan investasi emas sebagai investasi alternatif untuk berdiversifikasi, mencari pendapatan sampingan, mengalahkan inflasi yang menggerus nilai uang dari waktu ke waktu, dan lain sebagainya.

Apapun itu, sebaiknya sebelum memulai, tentukan dulu tujuan utama Anda.

3. Siapkan Modal untuk Dialokasikan

investasi-uang-5 Usaha Sampingan Tanpa Modal untuk Guru

Ini juga menjadi poin penting.

Pola pikirnya begini: alokasikan uang khusus untuk berinvestasi emas dari anggaran bulanan Anda bukan menunggu uang yang tersisa dari anggaran/pengeluaran baru diinvestasikan ke emas.

Bila Anda sudah menyiapkan anggaran untuk dijadikan modal investasi, maka Anda bisa rutin berinvestasi setelahnya.

Anda juga tentu saja perlu menyusun anggaran dan rencana keuangan setiap bulannya untuk memetakan pengeluaran potensial dalam sebulan ke depan.

Dengan begitu, Anda sudah bisa tahu berapa banyak modal yang bisa Anda sisihkan untuk diinvestasikan ke instrumen emas.

4. Pantau Harga Emas Hari Ini

Jadi berapa harga emas hari ini?

Di dalam artikel ini, Anda bisa memantau perkembangan harga komoditas emas secara real-time dan perkembangannya pun diperbaharui setiap harinya.

Maka dari itu, jangan lupa simpan atau bookmark artikel ini agar mudah untuk dilihat di kemudian hari, kapanpun Anda membutuhkan informasi terbarunya.

5. Tentukan Besaran Emas

investasi emas

Dari modal yang sudah disiapkan dan harga emas yang ada hari ini, jadi berapa berat emas yang bisa Anda beli?

Rata-rata emas dijual per gram, ada juga per ons maupun troy ons, tergantung di mana Anda akan membelinya.

Jenis emas murni memiliki kadar sebesar 24 karat dengan persentase kemurnian hingga 99,99%. Karena tingkat kemurnian tinggi tersebut, emas 24 karat akan lebih mahal harganya per gram/ons dibandingkan dengan kadar yang lebih rendah seperti emas 18 karat atau pun 22 karat.

Maka dari itu, bila Anda sudah menentukan jenis emas yang akan dibeli berdasarkan harga hari ini serta sudah menyesuaikannya dengan anggaran Anda maka Anda sudah tahu berapa besaran emas yang bisa Anda beli.

Bagaimana menurut Anda? Sudah siap berinvestasi emas? Jangan pernah takut untuk memulai bila Anda sudah punya persiapan dan tujuan yang matang, ya!

Semoga bermanfaat!


Artikel Lainnya

Dapatkan berbagai informasi seputar Investasi & Keuangan Pribadi dan Expert lainnya hanya di KoinWorks.

Tentang Penulis
Maxstien

Maxstien

Starting a career as a digital worker who handles various brands and industries. Also has research and writing skills in various industrial fields, currently interested in exploring his writing skills in the financial sector.
Kalkulator finansial untuk hitung kebutuhan kamu

Hitung semua keperluan finansial kamu cukup di satu tempat

Punya uang Rp.100 Ribu? Mulai pendanaan sekarang dan dapatkan keuntungan hingga 14,5%.