Home » Blog » Nasional » Pentingnya Pesta Inklusi Keuangan Nasional (PIKNAS) Bagi Masyarakat

Pentingnya Pesta Inklusi Keuangan Nasional (PIKNAS) Bagi Masyarakat

Pentingnya Pesta Inklusi Keuangan Nasional (PIKNAS) Bagi Masyarakat

Pentingnya Pesta Inklusi Keuangan Nasional (PIKNAS) Bagi Masyarakat – Semakin tahun, semakin banyak masyarakat Indonesia yang berkeinginan besar untuk sukses dalam dunia bisnis.

Bukan tidak mungkin Anda dapat memperbesar dan memperluas usaha Anda agar dikenali oleh masyarakat lain di seluruh Indonesia bahkan dunia.

Namun, dalam praktiknya, Anda membutuhkan jasa keuangan sebagai pendukung perjalanan bisnis Anda. Baik dalam kegiatan pendanaan, peminjaman, maupun kerja sama lain yang dapat mempengaruhi perkembangan bisnis yang Anda jalani.

Baca juga: KoinWorks Raih Indonesia Digital Innovation Award 2019 dari Warta Ekonomi 

Salah satu solusinya yaitu dengan pengadaan event Pesta Inklusi Keuangan Nasional (PIKNAS) sebagai jembatan yang menghubungkan antara pebisnis dengan penyedia jasa keuangan.

Mari simak selengkapnya tentang pengertian inklusi keuangan terlebih dahulu dan tentang PIKNAS itu sendiri.


Pentingnya Pesta Inklusi Keuangan Nasional (PIKNAS) Bagi Masyarakat

Pengertian Inklusi Keuangan

Pentingnya Pesta Inklusi Keuangan Nasional (PIKNAS) Bagi Masyarakat
Photo by Carlos Muza on Unsplash

Menurut Perpres No. 82 Tahun 2016 tentang Strategi Nasional Keuangan Inklusif (SNKI), inklusi keuangan merupakan sebuah situasi dimana setiap anggota masyarakat memiliki akses dan pelayanan yang berkualitas, tepat waktu, dan aman dengan biaya terjangkau dari lembaga keuangan yang ada.

Pada dasarnya, inklusi keuangan mengacu pada jumlah nasabah atau pengguna jasa keuangan (termasuk perbankan dan asuransi).

Jasa keuangan ini sebenarnya tersedia bagi seluruh segmentasi masyarakat di berbagai wilayah. Adapun visi nasional dari Bank Indonesia yaitu mewujudkan sistem keuangan yang dapat diakses oleh seluruh lapisan masyarakat.

Namun, faktanya, akses keuangan di Indonesia masih belum merata. Terbukti pada data Global Findex 2014, dimana hanya ada sebanyak 36% masyarakat yang memiliki keleluasaan akses dengan jasa/lembaga keuangan.

Sedangkan sisanya sebesar 64% masyarakat yang masih tergolong unbankable alias belum memiliki akses dengan jasa keuangan manapun.

Ada beberapa kelompok masyarakat yang diprioritaskan mendapat hak akses keuangan, di antaranya adalah masyarakat berpenghasilan minim, wanita, penyandang disabilitas, anak terlantar, lansia, serta pelajar.


Pesta Inklusi Keuangan Nasional (PIKNAS)

Pentingnya Pesta Inklusi Keuangan Nasional (PIKNAS) Bagi Masyarakat
Photo by Nicole Honeywill on Unsplash

Atas dasar masalah yang ada pada poin sebelumnya, tentu ada keinginan dari negara ini untuk meningkatkan hak akses keuangan di seluruh lapisan masyarakat.

Mengingat pemerintah menjadikan bulan Oktober menjadi bulan inklusi keuangan, maka salah satu event yang cocok digelar di bulan ini yaitu PIKNAS atau Pesta Inklusi Keuangan Nasional.

Pemerintah bekerja sama dengan OJK, menggelar acara PIKNAS sebagai perwujudan dalam rangka meningkatkan inklusi keuangan di Indonesia.

Melalui Pesta Inklusi Keuangan Nasional, beberapa pihak seperti industri jasa keuangan (lembaga keuangan), pelaku UMKM, dan juga masyarakat akan dipertemukan dalam satu momen yang sama secara tatap muka langsung.

Dengan begitu, industri keuangan dapat memberikan sosialisasi dan edukasi khusus terkait pembahasan finansial kepada masyarakat (dalam hal ini termasuk pengguna jasa) yang tergabung di dalamnya.

Diharapkan ada target yang tercapai dari penyelenggaraan agenda ini, antara lain edukasi dari pembicara-pembicara yang kompeten, momentum pertemuan antara industri keuangan dengan pengguna, serta peningkatan hak akses keuangan masyarakat.

Industri keuangan yang dimaksud adalah lembaga penyedia jasa keuangan termasuk perusahaan fintech dengan teknologi masa kini seperti KoinWorks.

KoinWorks merupakan salah satu perusahaan fintech online yang menyediakan jasa Peer-to-Peer Lending. Di mana pendana akan dipertemukan dengan banyak pelaku UMKM secara daring (tidak tatap muka langsung).

Di dalam sistem KoinWorks ini, Anda selaku pendana dibebaskan memilih pebisnis mana yang akan Anda danai dengan mengikuti aturan-aturan yang berlaku.

Yuk, mendanai di KoinWorks! Dengan begitu, Anda berkesempatan mendapat imbal hasil hingga 21.32% sekaligus berkontribusi untuk perkembangan bisnis/UMKM di Indonesia.

Jika Anda adalah pemilik UMKM, Anda bisa melakukan peminjaman dana untuk bisnis mulai dari Rp 10 juta – Rp 2 miliar di KoinBisnis dengan bunga flat yang terjangkau, yaitu 0.75% – 1.67% per bulannya.

Pinjaman yang telah Anda ambil di KoinWorks, bisa Anda kembalikan dengan cara dicicil dengan tenor selama 12 bulan ke depan.

Selain itu Anda tidak perlu khawatir dengan keamanannya, KoinWorks telah terdaftar secara resmi dan diawasi langsung oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Terkait dengan PIKNAS, KoinWorks juga turut serta berkontribusi di dalamnya. Jangan lupa merayakan Pesta Inklusi Keuangan Nasional (PIKNAS) ya!


Nimas Des Aristanti
Take a chance and never stop swimming. I'm here with my goals.

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​