5 Alasan Kenapa Bisnis Kamu Membutuhkan Pinjaman Modal Usaha

Pinjaman Modal Usaha

Pernahkah kamu mendengar tentang istilah utang produktif? Jika pernah, maka pinjaman modal usaha adalah salah satunya.

Di era seperti sekarang, berbisnis menjadi kegiatan yang paling banyak digeluti bahkan oleh anak muda.

Siapapun bisa saja memulai bisnis, terutama karena potensi internet yang bisa menjadi pasar maha dahsyat dan mencakup lebih banyak pelanggan potensial.

Meskipun banyak orang yang mengatakan ada beberapa bisnis yang tidak memerlukan modal, namun nyatanya meskipun sedikit atau kecil, modal dalam sebuah bisnis adalah sebuah keharusan.

Ada pepatah yang mengatakan “Kamu harus mengeluarkan uang untuk mendapatkan uang”

Bila dipandang dari segi bisnis, hal itu mutlak benar. Semakin besar bisnis kamu, semakin deras modal yang dibutuhkan untuk terus mengembangkannya.

Meski kamu sejauh ini sudah berhasil memiliki bisnis yang tengah berjalan dengan modal sendiri, ada saat di mana kamu membutuhkan modal tambahan untuk konsisten mengembangkannya, terutama dengan adanya pinjaman modal usaha. Mari kita bahas lebih dalam.


Alasan Bisnis Membutuhkan Pinjaman Modal Usaha

Ekspansi Bisnis

Bila kamu memiliki target untuk mengekspansi bisnis, maka modal usaha harus disiapkan untuk diinvestasikan pada segala keperluan ekspansi bisnis kamu.

Apabila penjualan meningkat drastis, konsisten mengembangkan dan mengekspansi bisnis dapat membantu memastikan agar keuntungan yang kamu dapatkan tidak menurun.

Ekspansi bisnis akan membutuhkan modal yang tidak sedikit untuk berbagai keperluan dalam prosesnya, sebut saja pemasaran, kantor atau gudang inventaris baru, renovasi, rekrut karyawan baru, dan sebagainya.

Uang kas yang kini kamu miliki sekarang mungkin belum cukup untuk melakukannya, karena kamu tentu harus membedakan mana uang untuk keperluan operasional dan keperluan ekspansi.

Di tahap ini, kamu sudah seharusnya mempertimbangkan untuk mendapatkan pinjaman modal usaha.

Pinjaman modal usaha yang kamu dapatkan dapat menutup segala biaya yang dibutuhkan tanpa harus menguras biaya operasional dalam anggaran belanja kamu.

Selalu ada kesempatan untuk mengekspansi bisnis, dan tentu saja modal usaha dibutuhkan dalam prosesnya. Semakin berkembangnya bisnis, semakin besar pula biaya operasional dan biaya lain yang dibutuhkan.


Inventaris

Mungkin, investaris produk adalah salah satu hal yang paling rumit untuk dikelola saat menjalankan bisnis. Permintaan pasar yang luas dari pelanggan antusias kamu akan terus berdatangan ke toko online milikmu, sehingga konsisten memaintain invetaris produk menjadi solusi utama.

Kamu harus mengimbangi kebutuhan dengan ketersediaan agar setiap permintaan untuk suatu produk bisa dilayani dengan ketersediaannya. Dengan begitu, penjualan dan arus kas bisnis pun berjalan lancar.

Sebaliknya, apabila permintaan pasar tidak bisa diimbangi dengan ketersediaan produk, pelanggan perlahan akan berpindah haluan dan mencari produk yang sama di tempat lain, sehingga bisnis kamu berangsur-angsur akan kehilangan pelanggan.

Pinjaman modal usaha akan memainkan peran yang sangat penting soal ini.

Terutama apabila kamu masih harus menunggu waktu yang lama agar anggaran belanja untuk biaya operasional dan peningkatan inventaris bisa dipisahkan dan masing-masing terpenuhi.

Juga, bisnis kamu mungkin mengalami peningkatan penjualan yang tajam dari biasanya di waktu-waktu tertentu, dan apabila inventaris produk kamu tidak siap menghadapinya, pelanggan potensial toko kamu bisa-bisa kabur ke pesaing.

Adanya pinjaman modal usaha tentu bisa membantu kamu untuk melakukan re-stock produk secara rutin, sehingga tidak ada lagi kata Stok Habis.


Menjaga Arus Kas

Terutama bagi bisnis kecil, menjaga arus kas merupakan sebuah kendala terbesar dan masalah yang harus ditangani seturut perkembangannya.

Arus kas bisa bertahan sebagai sebuah masalah terutama ketika produk di inventaris kamu belum laku terjual sepenuhnya, sementara kamu harus mengikuti tren terkini menyoal produk terbaru, membayar gaji karyawan, tagihan listrik dan internet, dan biaya-biaya lain.

Apabila produk belum laku terjual sepenuhnya sementara ada biaya yang harus ditutupi, maka sudah saatnya kamu mengajukan pinjaman bisnis untuk memperlancar arus kas.

Pinjaman jangka pendek seperti yang ditawarkan KoinWorks lewat KoinBisnis mampu menjadi solusi yang tepat, apalagi proses pinjamannya pun mudah dan cepat.

Juga, ada kalanya kamu membutuhkan dana untuk kampanye pemasaran, bayar sewa gudang, hingga re-stock barang sementara pemasukan baru bisa didapat sebulan lagi. Pinjaman modal usaha akan sangat berguna untuk menyegarkan arus kas bisnis kamu.


Merawat dan Memperluas Peralatan/Perlengkapan

Setiap bisnis membutuhkan peralatan untuk dapat berjalan dengan lebih optimal, dan bisnis kamu pun demikian. Misalnya, kamu membutuhkan mesin jahit baru atau mesin coklat baru karena meningkatnya permintaan pasar.

Atau mungkin inventaris barang semakin banyak sehingga perlu menyewa gudang baru.

Di satu sisi, biaya perbaikan peralatan juga harus masuk ke dalam pertimbangan.

Untuk menjaganya, pinjaman modal usaha bisa menjadi alternatif yang paling tepat untuk membeli peralatan maupun perlengkapan demi mendongkrak aktivitas bisnis kamu.


Persiapan

Pinjaman modal usaha bisa menjadi ‘pegangan’ untuk menyiapkan bisnis kamu terhadap perubahan tren, sebagai dana darurat bila sesuatu yang buruk terjadi, keperluan untuk mencoba model bisnis baru, dan lain sebagainya.

Alur bisnis, masalahnya, terkadang tidak bisa diprediksi, sehingga ketersediaan dana akan sangat membantu dengan hadirnya pinjaman modal bisnis sebagai pegangan.


Mendapatkan Pinjaman Modal Usaha dari KoinWorks

KoinWorks memiliki beragam misi sosial dalam operasional bisnisnya. Membantu memajukan perekonomian Indonesia lewat perkembangan bisnis UKM merupakan salah satunya.

KoinWorks sangat mengapresiasi minat usaha yang kini marak di tengah masyarakat, apalagi semakin maraknya pelaku UKM yang mulai memanfaatkan teknologi informasi sebagai pasarnya.

Untuk itu, pelaku bisnis UKM seperti kamu dapat mengajukan pinjaman modal usaha mulai sampai dengan 2 Miliar Rupiah dengan berbagai kelebihan antara lain:

Prosesnya Mudah

Ajukan pinjaman secara online sepenuhnya, bahkan bisa dilakukan dari rumah tanpa harus mendatangi kantor KoinWorks.

Seluruh pinjaman di KoinWorks, terutama KoinBisnis, tidak mengharuskan kamu untuk mengagunkan aset (pinjaman tanpa jaminan/agunan), sehingga kamu akan sangat terbantu untuk mendapatkan akses terhadap keuangan yang nantinya akan sangat besar pengaruhnya.

Prosesnya Cepat

Lengkapi seluruh dokumen sebelum mendaftar dan cairkan dana pinjaman yang kamu ajukan hanya dalam 2-3 hari kerja.

Semakin lengkap data kamu maka akan semakin cepat prosesnya.

Bunga Rendah

Bunga yang dikenakan sangat terjangkau, yakni hanya 0,75% – 1,67% perbulan.

Biaya dan bunga hanya akan dikenakan apabila pinjaman yang kamu ajukan disetujui dan dicairkan.

Fleksibel dan Pelunasan Lebih Awal

Rentang tenor mulai dari 6 bulan, 12, 18, hingga 24 bulan dan tidak ada biaya penalti apapun untuk pelunasan lebih awal.

Contoh Kasus:

Kamu meminjam sebesar Rp 450.000.000 dengan tenor 12 bulan. Pinjaman tersebut digunakan untuk mengembangkan bisnis.

Kemudian, penjualan kamu meningkat dan bisa melunasi seluruh pinjaman di bulan ke-8, maka kamu bisa melunasi seluruh pinjaman di bulan ke-8 dan tidak dikenakan biaya apapun.

Setelah pinjaman kamu terlunasi, kamu dapat mengajukan pinjaman kembali kapanpun setelahnya.

Kembangkan bisnismu bersama KoinBisnis sekarang!

Dapatkan berbagai informasi seputar Pengembangan Bisnis lainnya hanya di KoinWorks.

Tentang Penulis
Gina Valerina

Gina Valerina

Gina began her professional journey within the realm of finance, accumulating a wealth of invaluable insights and hands-on experiences. Building upon this extensive background, she uses her expertise to carefully create informative articles. Each article is born from in-depth research and her unwavering dedication to providing her audience with well-verified insights.
Kalkulator finansial untuk hitung kebutuhan kamu

Hitung semua keperluan finansial kamu cukup di satu tempat

Simulasi Pinjaman v2
  • Ajukan Pinjamanmu
  • Data Diri
3000000
3

Jumlah Pinjaman 15 juta untuk 3 Bulan sebesar 5.187.500/bulan

*) Simulasi pinjaman diatas berdasarkan bunga sebesar 15%.

**) Simulasi pinjaman di atas hanya sebagai referensi. Tingkat suku Bunga yang sebenarnya dapat bervariasi tergantung pada skor kredit peminjam dan persyaratan dokumen-dokumen lainnya. Ini berarti suku bunga bisa lebih rendah atau lebih tinggi dari simulasi tergantung pada kriteria yang diminta.
Silakan mendaftar dan ajukan pinjaman untuk melihat tingkat suku bunga Anda yang sebenarnya.

Info Lebih Lanjut

Punya uang Rp.100 Ribu? Mulai pendanaan sekarang dan dapatkan keuntungan hingga 14,5%.