3 Alasan yang Membuat Banyak Orang Tidak Berinvestasi di Pasar Saham – Semua orang sepertinya mengetahui bahwa menyimpan uang sangat penting untuk dilakukan, tidak hanya itu Anda juga perlu menginvestasikannya. Berinvestasi adalah salah satu cara untuk membangun kekayaan di masa depan.

Meskipun investasi penting dilakukan, sampai saat ini masih sedikit sekali orang yang bersedia menginvestasikan dana mereka ke pasar saham, bahkan untuk belajar investasi saham-pun banyak sekali orang yang masih tidak mau.

Sebenarnya apa alasan sesungguhnya yang membuat banyak orang tidak bersedia untuk berinvestasi di pasar saham.

Berikut ini penjelasan selengkapnya.

3 Alasan yang Membuat Banyak Orang Tidak Berinvestasi di Pasar Saham

1Merasa Tidak Memiliki Apapun untuk Berinvestasi

nabung-hemat-uang-irit-atur-budget

Banyak orang hanya hidup dari gaji ke gaji saja. Hal yang tidak mereka sadari adalah gaji yang mereka dapatkan seringkali tidak mengikuti laju inflasi.

Hal inilah yang menjadi faktor meskipun pendapatan meningkat, Anda tetap tidak bisa memenuhi kebutuhan dengan baik. Investasi adalah salah satu cara terbaik untuk mengatasi inflasi dan mempertahankan nilai uang Anda di masa depan.

Baca juga: Mengenal Investasi dan Cara Memulai Investasi dengan Rp 1 juta

Jika Anda merasa berat untuk mulai berinvestasi di bursa saham, maka mulailah dengan menyimpan sebagian penghasilan Anda setiap bulannya. Jika dana yang Anda tabung telah terkumpul barulah membuka rekening tabungan saham.

Banyak sekali opsi saham yang bisa Anda pilih. Anda bisa membeli saham perusahaan yang keuangannya baik, namun harganya masih rendah mungkin karena perusahaannya masih berkembang dan belum besar.

Sehingga anda dapat memulai untuk investasi saham dengan modal yang cukup kecil.


2Berpikir Bahwa Pasar Saham adalah Judi

bermain saham - investasi saham untuk PNS - jenis-jenis reksa dana

Salah satu mitos yang banyak dipercaya oleh masyarakat adalah pasar saham merupakan salah satu bentuk perjudian.

Hal ini tentu saja salah, sebab perjudian adalah permainan keberuntungan dan Anda tidak membutuhkan pengetahuan agar bisa sukses berjudi.

Baca juga: Cara Kerja KoinWorks: Pendanaan Online P2P Lending

Di sisi lain, berinvestasi di pasar saham mengharuskan Anda untuk melakukan riset tentang perusahaan terbaik dan memastikan industri bisa terus berkembang di masa depan.

Semakin baik kemampuan Anda dalam meriset perusahaan yang tepat, maka akan semakin besar peluang Anda untuk mendapatkan keuntungan dari saham yang dibeli.

Dengan melakukan riset maka investasi saham dapat dikategorikan sebagai bisnis, bukanlah perjudian.


3Pasar Saham Membingungkan

milenial-cepat-kaya-investasi

Bagi para pemula, pasar saham akan terlihat sangat rumit dan sulit untuk dipahami. Ada banyak sekali istilah yang perlu dipahami, analisis yang perlu dilakukan, dan lain sebagainya.

Inilah yang membuat para pemula memutuskan untuk tidak masuk ke pasar saham dan tidak mulai berinvestasi di sini.

Baca juga: 5 Tips Berinvestasi di Fintech Lending dari Para Ahli

Jika Anda merasa pasar saham terlalu beresiko, membutuhkan banyak dana untuk memulai, dan membingungkan, maka Anda bisa beralih ke jenis instrumen investasi lain yang jauh lebih mudah.

Sebagai seorang pemula di dunia investasi, Anda bisa mencoba untuk berinvestasi di peer-to-peer lending, salah satunya adalah KoinWorks.

Mengapa berinvestasi di KoinWorks cocok untuk para pemula?

Alasan pertama adalah karena dana untuk memulai berinvestasi bisa dengan Rp100.000 saja. Dengan dana yang terbatas, Anda bisa mendapatkan produk investasi yang menawarkan tingkat imbal hasil mencapai 21,32% per tahunnya.

Alasan yang kedua adalah KoinWorks menawarkan dana proteksi kepada para investornya sampai dengan 100% tergantung dengan tingkat resiko yang bersedia diterima. Dengan demikian, Anda tidak perlu merasa khawatir saat hasil investasi tidak berjalan sesuai dengan keinginan.

Alasan yang ketiga adalah konsep yang jauh lebih sederhana yaitu peer to peer lending. Dalam investasi peer-to-peer lending, Anda sebagai investor akan dipertemukan dengan para peminjam dana yang membutuhkan dan dalam hal ini adalah para pelaku UMKM yang ingin mengembangkan usaha mereka.

Itu artinya semua pihak yang terlibat mendapatkan manfaat dari kerjasama yang dilakukan. Anda mendapatkan imbal hasil atas dana yang diinvestasikan dan pelaku UMKM bisa mendapatkan tambahan modal untuk mengembangkan usaha mereka.

Apakah Anda tertarik untuk berinvestasi di KoinWorks?


Agar kami dapat memahami kebutuhan informasi Anda dengan baik dan menyediakan konten yang berkualitas serta informatif kepada setiap pembaca, mohon luangkan waktu untuk mengisi survey singkat di halaman berikut.

Download Aplikasi KoinWorks

apple app store iosgoogle play store android app

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.