TED Talks, Tempat Berbagi Ide Dan Gagasan – Setiap pebisnis atau investor tidak saja hanya fokus dalam melihat peluang untuk berinvestasi, tetapi juga perlu melihat peluang dimana ia akan mendapatkan ilmu dan pengalaman baru sehingga ia akan memiliki ide segar yang akan membantunya untuk terus berkembang di dalam dunia investasi. Salah satunya adalah dengan mengikuti acara yang bernama TED Talks. Acara ini bahkan lebih dari sekedar tempat berbagi ide dan gagasan karena kamu akan mendapatkan banyak sekali ilmu dan wawasan.

TED Talks, Tempat Berbagi Ide Dan Gagasan 

Mengenal TED Talks

TED sendiri adalah kependekan dari Technology, Entertainment, Design. TED merupakan organisasi non profit yang secara sukses mengumpulkan para tokoh dunia yang inspiratif dimana mereka nantinya akan berpresentasi menyampaikan berbagai ide dengan berbagai bidang atau latar belakang. Mereka juga memiliki motto yang berbunyi ‘Ideas Worth Spreading’ dimana bisa diartikan ide akan semakin berharga jika disebarkan atau penyebaran idea yang berharga.

Oleh sebab itu di acara TED Talks itu akan ada tokoh yang sangat kompeten yang akan memaparkan idenya sesuai dengan latar belakangnya. Memang, awalnya hanya ide seputar Technology, Entertainment dan Design namun saat ini sudah mulai berkembang dengan tokoh dengan background lain seperti Kesehatan, Pendidikan dan Politik. Semuanya akan memberikan inspirasi baru untuk kamu sehingga kamu bisa menemukan subjek yang menarik perhatian kamu untuk kemudian kamu kembangkan lagi.

Contoh, ada Al Gore yang akan menyampaikan ide luar biasanya tentang Perubahan Iklim kemudian ada Bill Gates yang juga akan membahas berbagai masalah seperti hubungan nyamuk, malaria serta pendidikan, ada juga Sebastian Seung yang terkenal sebagai pakar neuroscience yang memberikan gambaran tentang sel syaraf atau dengan lainnya dengan menggunakan istilah Connectome, ada juga Tom Chatfield yang akan menceritakan dunia game yang bisa menjual harta imajiner dengan produk virtual.

Kamu juga tidak akan bosan dan jenuh dengan acara TED Talks ini karena acara ini dikemas dengan ringkas dan padat. Oleh sebab itu, ketika para tokoh sedang memberikan ide atau gagasan, kamu tidak akan merasa bosan. Bahkan, kamu tidak sadar bahwa mereka telah selesai menyampaikan ide mereka. Jadi, walau kamu nantinya akan melihat ide baru yang benar-benar di luar bidang yang kamu geluti, kamu tidak akan merasa asing karena kamu belajar langsung dari para pakarnya yang benar-benar mengerti apa yang mereka sampaikan juga mengerti kondisi audiensnya.

Kamu juga tidak perlu khawatir dengan apa yang mereka sampaikan karena tidak rumit untuk dimengerti. Mereka berbicara di atas panggung yang terbuka. Kamu akan belajar banyak dari mereka dari mulai cara berkomunikasi, menyampaikan ide, memaparkan presentasi dan lain sebagainya sehingga audiens bisa melihat bagaimana kemudian mereka ditarik ke dalam pembicaraan yang sedang dibahas. Tidak jarang jika mereka juga menyelipkan humor agar audiens semakin nyaman.

Jika TED mengadakan acara secara resmi beberapa kali dalam satu tahun baik di Amerika dan Inggris, maka ada juga yang bernama TEDx dimana kegiatannya mirip dengan TED yang sudah dibahas diatas. TEDx sendiri mendapatkan lisensi langsung dari TED. Di Jakarta, ada TEDxJakarta yang menampilkan event sangat bermanfaat untuk berbagai ide dan gagasan. Contoh, tahun 2011 lalu, TEDxJakarta menghadirkan 16 tokoh fenomenal seperti Bill Gates, Salman Khan yang fokus dengan pendidikan online dengan situsnya khanacademy.org, ada juga Indra Nooyi, CEO Wanita PepsiCo. dan lainnya.

Memang, acara tersebut tidak menghadirkan sosok pembicaranya secara langsung melainkan melalui video streaming live di California sehingga kamu bisa merasakan seolah kamu benar-benar berada dan mengikuti acara tersebut. Inilah hebatnya kekuatan sebuah ide atau gagasan yang akan memberikan banyak sekali ilmu dan wawasan. Kamu juga tentunya bisa berbagai ilmu dengan yang lainnya yang hadir di sana.

Jadi, jika ada kesempatan hadir di TED Talks, sempatkan untuk datang karena acara ini sungguh luar biasa untuk kamu yang ingin memiliki pandangan luas tentang berbagai masalah melalui penyampaian ide oleh mereka yang professional. Dengan begitu, kamu akan lebih luas lagi mengenal dunia investasi yang tidak hanya tentang dana dan keuntungan semata melainkan peduli dengan urusan lain yang menjadi tanggungjawab bersama.




There are currently no comments.

Apa Komentar Anda?