4 Alasan Banyak Orang Tidak Mau Menyusun Anggaran, Hindarilah!

Gagal Dalam Finansial

4 Alasan Banyak Orang Tidak Mau Menyusun Anggaran, Hindarilah! – Saat Anda melihat orang-orang yang tidak suka menganggarkan keuangan pasti ada saja alasan yang dibuat dan seolah-olah membenarkan tindakan tersebut.

Jika Anda termasuk orang seperti ini, maka inilah saatnya untuk mengenali beberapa alasan yang menghambat seseorang mencapai tujuan keuangan.

Kami akan menjelaskan tentang 4 alasan yang sering dikeluarkan dan cara mengatasinya dengan mudah.

4 Alasan Banyak Orang Tidak Mau Menyusun Anggaran, Hindarilah!

Memiliki Penghasilan yang Tidak Teratur

Kesalahan Anak Kos dalam Mengelola Keuangan - Cara Menjadi Orang Kaya Dengan Gaji Kecil - 5 Langkah Menghentikan Kebiasaan Buruk Hidup Dari Gaji ke Gaji

Tidak semua orang memiliki penghasilan yang setiap bulan, sebab ada juga yang memiliki penghasilan yang bervariasi setiap bulannya.  

Hal ini bisa terjadi karena Anda bekerja pada bidang yang mengandalkan tip atau komisi, pekerja lepas, atau memiliki bisnis kecil. Saat ini terjadi, Anda mungkin berpikir bahwa sulit untuk melakukan penganggaran.

Untuk mengatasi masalah di atas, Anda harus mulai mencari tahu pengeluaran minimum setiap bulan. Selanjutnya, mulai bisa menyisihkan kelebihan uang yang didapatkan setiap bulan.


Pengeluaran Selalu Berubah

cara berhemat yang salah - berhemat di bulan puasa - pengeluaran sehari-hari

Agar bisa mengatasi masalah penyusunan anggaran seperti ini, maka Anda harus bisa menentukan perbedaan antara pengeluaran tidak teratur namun bisa diprediksi dan biaya yang benar-benar tidak terduga.

Pajak kendaraan dan premi asuransi adalah beberapa contoh pengeluaran tidak teratur yang bisa diprediksi.

Hal yang perlu Anda lakukan adalah membuat daftar berupa total pengeluaran tersebut selama 1 tahun dan selanjutnya dibagi menjadi 12 bulan.

Kemudian Anda bisa mulai menyisihkan jumlah tersebut setiap bulannya. Dengan demikian, saat pengeluaran tidak teratur telah jatuh tempo, maka Anda telah menyisihkan sejumlah uang untuk membayarnya.

Namun, bagaimana dengan biaya yang tidak terduga?

Misalnya, kebutuhan untuk memperbaiki rumah dan biaya pengobatan mendadak. Untuk mengatasi masalah ini, maka kami sangat merekomendasikan Anda untuk membuat dana darurat.

Memiliki dana khusus yang disisihkan untuk pengeluaran tidak terduga artinya Anda telah menangani keadaan darurat tanpa perlu mengurangi anggaran.


Terlalu Sibuk

kerja online fokus - Belajar dan Bekerja dengan Optimal Menggunakan Metode 90 Menit, Mau Mencobanya? - 7 Teknik Menjadi Pembelajar Cepat, Dapatkan Pengetahuan dengan Mudah!

Gagasan bahwa penganggaran memerlukan proses yang lama adalah mitos yang salah. Hal yang perlu dilakukan adalah menyisihkan waktu beberapa jam untuk pertama kali membuat anggaran baru.

Atau Anda juga bisa memanfaatkan beberapa aplikasi di luar sana yang berfungsi untuk melacak pengeluaran.


Anggaran Adalah Pekerjaan yang Membosankan

catatan keuangan - rekening bank - koinworks - perencanaan keuangan - mitos anggaran keuangan

Hal yang perlu diketahui adalah dalam setiap pekerjaan yang dilakukan pasti ada unsur kesenangan di dalamnya.

Dengan kata lain, jika anggaran tersebut terasa membosankan, maka Anda perlu menemukan sesuatu yang disukai saat membuat anggaran.

Misalnya saja, Anda menggunakan aplikasi pada ponsel pintar atau membuat warna yang menarik pada anggaran tersebut, dan lain sebagainya.

Dengan menerapkan 4 langkah di atas, maka aktivitas penganggaran keuangan akan menjadi lebih mudah untuk dilakukan.

Hal lain yang harus diingat adalah jangan lupa untuk selalu menyisihkan sebagian penghasilan untuk disimpan dan diinvestasikan ke salah satu produk investasi. Investasi yang dilakukan sangat bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan Anda di masa depan.

Jika takut dengan resiko investasi, maka kami sangat menyarankan untuk mulai mendanai di KoinWorks.

Baca juga: 4 Hal Yang Perlu Dicermati Sebelum Berinvestasi

KoinWorks sangat minim risiko karena didalamnya telah tersedia fasilitas dana proteksi sampai dengan 100% tergantung dengan tingkat resiko yang diambil. Dengan demikian, Anda tidak perlu khawatir saat hasil investasi tidak berjalan sesuai dengan harapan.

Dana untuk mulai mendanai juga sangat rendah yaitu hanya Rp100.000 saja dan potensi imbal hasil yang didapatkan mencapai lebih dari 21,32% per tahun. Imbal hasil tersebut jauh lebih tinggi daripada bunga tabungan dan deposito.

Dapatkan berbagai informasi seputar Gaya Hidup lainnya hanya di KoinWorks.

Tentang Penulis
Kalkulator finansial untuk hitung kebutuhan kamu

Hitung semua keperluan finansial kamu cukup di satu tempat

Punya uang Rp.100 Ribu? Mulai pendanaan sekarang dan dapatkan keuntungan hingga 14,5%.