Mau Traveling Tapi Gaji Pas-Pasan? Siasati dengan 5 Tips Ini– Tidak bisa dipungkiri, bisa traveling kemana saja adalah impian banyak orang.

Keinginan untuk mendatangi tempat baru, mengabadikan foto-foto yang dibagikan di media sosial, dan mendapat pengalaman bertemu orang-orang baru menjadi sejumlah alasan untuk jalan-jalan.

Namun untuk sebagain orang, melakukan kegiatan traveling bisa harus merogoh kantong yang cukup dalam. Terutama untuk ย Anda memiliki penghasilan pas-pasan.

Tenang saja! Untuk Anda yang memiliki gaji pas-pasan, namun ingin meyalurkan keinginannya untuk bisa traveling ke tempat yang Anda inginkan, yuk simak beberapa tips mengatur pemasukan Anda agar bisa tercapai keinginan travelingnya.


Mau Traveling Tapi Gaji Pas-Pasan? Siasati dengan 5 Tips Ini

1Membagi Anggaran

tips traveling setiap tahun-traveling gaji pas pasan

Terdapat saran dari seorang pakar keuangan asal Hongkong, Li Kha Sing yang mengajarkan cara membagi keuangan Anda ke dalam 5 bagian.

30 % untuk kehidupan sehari-hari, 20 % kebutuhan sosial, 15% kebutuhan pendidikan, 10% wisata atau liburan dan 25% untuk investasi.

Jika Anda memiliki gaji yang pas-pasan Jadi dalam kasus gaji 4 juta, kebutuhan sehari-hari sebesar 1.2 juta, sosial 800 ribu, pendidikan 600 ribu, liburan 400 ribu, dan investasi 1 juta.

Kemudian untuk dana traveling bisa Anda jumlahkan sebagai berikut:

Rp400.000 x 12 bulan = Rp4.800.000

Bagaimana? Apakah dengan dana Rp4.800.000 sudah cukup untuk biaya traveling Anda?

Baca juga: Mau Traveling? Ini 7 Biaya Liburan yang Perlu Anda Persiapkan


2Mencari Dana Tambahan

investasi sebagai sumber pendapatan utama-traveling gaji pas-pasan

Jika Anda merasa bahwa dengan biaya seperti diatas, yaitu Rp4.800.000 masih tidak mencukupi untuk bisa pergi ke tempat impian Anda, cobalah dengan mencari tambahan lain.

Anda bisa melakukan kegiatan freelancer atau bekerja part-time di hari weekend, supaya pekerjaan utama Anda tidak terganggu.

Dari penghasilan tersebut, selain Anda bisa menambahkan anggaran traveling, Anda juga bisa mendapatkan tambahan untuk kebutuhan sehari-hari.

Atau, jika Anda masih sibuk dengan pekerjaan utama dan kegiatan lainnya, selain mencari dan tambahan dengan freelancer dan kerja part-time, Anda juga bisa mencoba investasi.

Berbeda dengan menabung. Dengan menabung, uang Anda hanya akan terkumpul dengan nominal yang sama pada saat Anda menariknya kembali.

Namun, dengan investasi, nominal uang Anda akan berkembang.

investasi ini bisa bermacam-macam dan Anda harus melakukannya secara konsisten. Jika Anda memiliki gaji yang pas-pasan, Anda bisa mencoba investasi yang ringan seperti peer-to-peer lending (P2P) dari KoinWorks.

Dengan menggunakan KoinWorks, Anda berpotensi untuk mendapatkan imbal hasil yang optimal dan mencapai 18% dalam setahun.

Untuk modal investasi awal di KoinWorks juga sangatlah rendah dan bisa dijangkau oleh hampir sebagian besar masyarakat Indonesia yaitu hanya Rp100.000 saja. Sangat ringan dan terjangkau bukan?

Dengan begitu, Anda tidak perlu khawatir lagi ketika ingin traveling, namun memiliki gaji yang pas-pasan.


3Booking Tiket Pesawat Lebih Awal

traveling gaji pas-pasan

Ketika Anda sudah menetapkan tujuan kemana Anda ingin traveling, cobalah untuk membeli tiket ย pesawat beberapa bulan sebelumnya.

Hal tersebut dapat menghemat budget anda dalam melakukan traveling.

Dengan Anda memesan tiket pesawat jauh-jauh hari, Anda akan mendapatkan harga yang lebih murah.

Dan juga, biasanya banyak maskapai yang menyediakan promo tiket murah untuk penerbangan beberapa bulan kedepan.

Baca juga: Mau Jalan-jalan Gratis? Coba 5 Pekerjaan untuk Penggemar Traveling Ini

Oleh karena itu, rajin-rajinlah untuk mencari tiket promo, karena bisa traveling dengan harga tiket yang murah tidaklah mustahil.


4Pergi Pada Saat Low Season

traveling gaji pas-pasan2

Jika Anda ingin bergergian dengan harga tiket atau penginapan yang murah, cobalah untuk tidak traveling ketika sedang high season, misalkan berpergian ketika sedang libur natal, long weekend atau libur lebaran.

Karena ketika musim liburan apalagi saat high season semua harga sudah pasti mengalami kenaikan.

Dengan Anda pergi ketika low-season, selain harga-harga di tempat wisata jadi murah. Anda pun bisa dengan leluasa foto-foto karena tak banyak turis datang.


5Coba Ikut Open Trip

traveing gaji pas-pasan3

Open trip adalah perjalanan yang ditawarkan oleh agen perjalanan ke destinasi tertentu. Untuk yang berminat traveling ke destinasi tersebut.

Anda tinggal bisa mendaftar dan terima beres. Karena, segala urusan transportasi dan penginapan sudah diatur pihak agen perjalanan.

Nah, dengan mengikuti open trip ini, biaya yang Anda keluarkan akan lebih murah dibandingkan dengan solo traveling.

Baca juga: 5 Tips Jitu Untuk Liburan Hematย 

Selain itu, Anda juga bisa memperluas koneksi pertemanan. Karena saat open trip, Anda akan bertemu dengan banyak orang yang juga memiliki hobi traveling yang sama dengan Anda.

Tentunya hal ini bisa membantu kamu di masa depan jika ingin melakukan kegiatan traveling lagi.

Nah, setelah membaca beberapa penjelasan tentunya Anda dapat membuat sebuah perencanaan keuangan untuk pergi traveling.

Kemana tujuan anda pergi sebaiknya anda tulis dalam dream book Anda beserta rancangan anggaran dana yang akan Anda butuhkan.

Meskipun memiliki gaji yang pas-pasan, travelingpun bisa Anda lakukan. Karena, pada dasarnya berlibur ke suatu tempat tidak harus dengan biaya mahal dan mewah.

Anda juga bisa memilih tujuan liburan kita dengan mengukur kemampuan budget yang kita miliki.

Selamat mencoba!

 

 


Hitung Efek Compounding Investasi Anda

Investasi Awal:
Investasi Bulanan:
Suku Bunga per Tahun (%):
Jangka Waktu (Tahun):



Total Investasi:
Future Value:
Bunga Keuntungan:
Daftar Dapat 150.000

(*) KOIN, Khusus Pendaftar Baru


Download Aplikasi KoinWorks

apple app store iosgoogle play store android app

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.