Home » Strategi Bisnis » Jenis-jenis Produk yang Wajib Ada Dalam Bisnis Ayam Goreng

Jenis-jenis Produk yang Wajib Ada Dalam Bisnis Ayam Goreng

Jenis-jenis produk yang wajib ada dalam bisnis ayam goreng

Ayam goreng adalah salah satu makanan favorit dan dicari untuk menghilangkan rasa lapar. Bentuknya yang krispi dan rasa yang menggugah selera membuat bisnis ayam goreng berpotensi dapat meraup keuntungan yang besar. 

Saat membuka bisnis ayam goreng, tentunya diperlukan jenis-jenis produk yang wajib ada dalam bisnis tersebut. Tertarik ingin membuka bisnis ayam goreng? Yuk simak tips berikut ini.

Tips Membuka Bisnis Ayam Goreng

Bisnis ayam goreng termasuk bisnis yang mungkin akan memberikan keuntungan yang banyak karena rasanya pas dan sesuai dengan lidah orang Indonesia. Hal tersebut pula yang membuat bisnis ini cukup menjamur. 

Adanya kompetitor tersebut menuntut kamu untuk menyusun strategi agar bisnis kamu berjalan dengan lancar. Beberapa tips di bawah ini mungkin dapat kamu ikuti dan membantu kamu yang baru akan memulai bisnis ayam goreng.

Atur Sistem Operasional dengan Cara yang Tepat

Ayam goreng dapat dikategorikan sebagai makanan cepat saji sehingga diperlukan sistem operasional yang dapat melancarkan penjualan. Sesuai namanya, makanan cepat saji harus disediakan dalam waktu yang cepat sehingga sistem ticketing mungkin akan sangat membantu saat terjadi antrian.

Di masa yang canggih ini ada banyak sekali media yang digunakan untuk memesan makanan secara online. Karena hal tersebut, kamu bisa mengadakan sistem pemesanan secara online dalam usaha ayam goreng kamu.

Aturlah Konsep yang akan Diterapkan

Adanya beberapa konsep yang mungkin bisa kamu terapkan pada bisnis ayam goreng. Kamu bisa mengusung konsep rumah makan sederhana dengan menggunakan meja dan kursi, lesehan, atau gerobak kecil. Kamu tidak perlu mengusung konsep yang telah ada melainkan ikuti saja konsep yang sesuai dengan target market dan lokasi.

Konsep gerobak mungkin akan lebih cocok jika kamu membuka bisnis di sekitar daerah kampus atau kos-kosan mahasiswa. Sedangkan konsep rumah makan sederhana akan sangat cocok jika target market kamu adalah orang-orang yang sedang bekerja.

Terapkan Penawaran Khusus

Untuk membuat bisnis ayam goreng kamu lebih menarik, beberapa varian menu mungkin bisa kamu tawarkan juga. Kamu bisa coba untuk menjual kentang goreng, minuman manis atau variasi ayam goreng lainnya.

Selain itu, harga yang murah dan ekonomis biasanya membuat orang jauh lebih tertarik. Apalagi jika ayam goreng yang kamu jual dibuat dalam bentuk paket yang dilengkapi dengan menu tambahan lainnya misalnya puding atau minuman manis.

Download dan Aktivasi KoinWorks NEO

Kembangkan bisnis kamu sekarang!

DOWNLOAD

Manfaatkan Media Sosial

Sekarang adalah era dimana media sosial berperan sangat penting dalam mempromosikan bisnis. Karena hal tersebut, memaksimalkan promosi menggunakan media sosial dapat dilakukan dengan cara menyebarkan konten-konten informatif terkait bisnis kamu.

Kamu mungkin bisa juga mengadakan promo khusus bagi pengikut media sosial kamu. Misalnya memberikan giveaway gratis makan ayam goreng selama seminggu atau potongan harga besar-besaran bagi mereka yang terpilih.

Hal yang terpenting adalah kamu harus aktif menggunakan media sosial agar jualan kamu lebih banyak dikenal masyarakat luas.

Buatlah Resep yang Menggugah Selera

Pada akhirnya, ayam goreng adalah sebuah bisnis makanan dimana soal rasa masakan juga harus diperhatikan. Cobalah untuk membuat resep ayam goreng kamu sendiri dan biarkan teman atau orang terdekat untuk mencicipinya. Jika mereka merasa resep kamu sudah pas di lidah barulah coba untuk menjajakannya.

Kamu bisa mencari referensi resep dengan perantara google dan youtube jika kamu belum mempunyai resep sendiri. Dari referensi tersebut kamu mungkin bisa memodifikasinya menjadi resep khas milik kamu.

Pelajari Kompetitor 

Kamu bisa menentukan strategi dengan memahami kompetitor kamu. Analisa harga dan rasa kompetitor dan lakukan perbaikan jika kompetitor tersebut memiliki kekurangan kedalam bisnis ayam goreng kamu.

Jenis-jenis Produk yang Wajib Ada dalam Bisnis Ayam Goreng

Dalam membuka bisnis tentunya tidak luput dari penggunaan modal untuk memenuhi keperluan. Pada bisnis ayam goreng, ada beberapa produk yang harus kamu persiapkan seperti yang ada di bawah ini agar bisnis kamu berjalan lancar.

Meja Dusting

Kamu mungkin pernah menemukan orang-orang yang sangat menyukai kulit ayam yang didapatkan dari ayam goreng tepung crispy. Untuk itu, kamu mungkin memerlukan meja dusting untuk membuat ayam goreng tepung yang nikmat.

Deep Fryer

Jenis-jenis produk yang wajib ada dalam bisnis ayam goreng berikutnya adalah deep fryer. Alat ini dapat digunakan untuk menggoreng ayam goreng tepung ketika selesai dibumbui dengan cara yang tepat.

Etalase Warmer

Ayam yang akan kamu jual dapat dihangatkan dengan menggunakan alat ini. Dengan begitu, kualitas dapat lebih terjamin dan tidak mengubah citra rasa. 

Meja dan Kursi

Kamu tentunya memerlukan kedua benda ini sebagai perlengkapan di tempat bisnis ayam goreng kamu. Jumlahnya tergantung dengan konsep dan seberapa banyak yang kamu butuhkan. Kamu mungkin bisa menghemat budget untuk tidak membeli kursi dengan mengusung konsep lesehan atau gerobak.

Seperangkat Alat Memasak dan Menyajikan Makanan

Tentunya kamu perlu beberapa alat memasak untuk membuat ayam goreng seperti pisau, talenan, atau kompor. Sediakan juga peralatan seperti piring, gelas dan sendok untuk menyajikan makanan. Jangan lupakan juga pembungkus makanan untuk mempersiapkan pelanggan yang memilih makan di rumah atau memesan secara online.

Wah, ternyata cukup banyak Jenis-jenis produk yang wajib ada dalam bisnis ayam goreng. Mau tunggu apalagi? Yuk segera siapkan semuanya dan bangun bisnis ayam goreng kamu!


Untuk para pelaku usaha kecil dan menengah, online sellers, dan freelancers. Kamu bisa lihat artikel lainnya di KoinWorks untuk dapatkan insight positif bagaimana cara berbisnis!

Nikmati kemudahan transaksi bisnis dan keuangan kamu dalam satu aplikasi hanya di KoinWorks NEO!

Download aplikasi KoinWorks dan mulai kembangkan asetmu sekarang!

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​