Home » Strategi Bisnis » 10 Metode-metode Pembuatan Produk Pada Bisnis Ayam Goreng

10 Metode-metode Pembuatan Produk Pada Bisnis Ayam Goreng

Metode-metode pembuatan produk dalam bisnis Ayam Goreng

Supaya bisnis ayam goreng yang kamu jalankan sukses besar, ada beberapa metode-metode pembuatan produk yang perlu kamu ketahui. Dengan menggunakan metode-metode khusus tersebut, ayam goreng yang dihasilkan akan lebih gurih dan lezat.

Sebenarnya metode dalam pembuatan ayam goreng tidaklah sulit kamu pasti bisa melakukannya. Pada dasarnya, ayam goreng merupakan masakan mudah dibuat tapi jika salah cara maka cita rasanya akan terganggu. 

Metode-metode Pembuatan Produk dalam Bisnis Ayam Goreng

Bagi orang yang awam dengan dunia masak-memasak pasti kesulitan menemukan metode yang tepat untuk membuat ayam goreng yang lezat. Jangan khawatir karena ada beberapa metode berikut yang bisa kamu coba untuk menghasilkan ayam goreng yang juicy dan crispy.

Pukul-pukul Daging Ayam Terlebih Dahulu

Memukul-mukul daging ayam memakai alat khusus bisa membuatnya lebih empuk tapi jangan terlalu keras karena nanti bisa hancur. Selain, bisa membuatnya lebih empuk, metode ini bisa membuat bumbu semakin meresap.

Jika, tidak memiliki alat pemukul daging kamu bisa menggunakan garpu dengan penggantiannya. Namun, bukan dengan cara memukul tapi melubangi beberapa bagiannya, cara ini sama efektifnya dengan memukul-mukul permukaan daging ayam.

Rendam Daging Ayam di dalam Air Garam

Metode membuat ayam goreng yang lezat selanjutnya, yaitu dengan merendam daging ayam di dalam air garam. Metode ini akan menghasilkan ayam goreng yang juicy tanpa harus di presto

Proses perendaman idealnya dilakukan selama semalam tapi jika ingin proses yang lebih cepat. Kamu bisa membalurkan daging ayam ke garam kering lalu didiamkan beberapa saat saja.

Kerat Permukaan Daging Ayam

Supaya bumbu bisa meresap hingga ke bagian dalam daging sebaiknya kerat dulu bagian permukaan daging ayam. Caranya bersihkan daging ayam terlebih dahulu lalu gunakan pisau tajam untuk membuat garis-garis keratannya. 

Tapi ingat jangan terlalu dalam dan terlalu banyak garis keratannya karena akan membuat daging ayam mudah hancur.

Marinasi Ayam dengan Bumbu yang Tepat

Supaya bumbu pada daging ayam lebih terasa sebaiknya gunakan teknik marinasi yang tepat. Proses marinasi dan keratan di permukaan daging ayam membuat bumbu meresap hingga kebagian terdalam.

Download dan Aktivasi KoinWorks NEO

Kembangkan bisnis kamu sekarang!

DOWNLOAD

Bahan membuat bumbu marinasi di antaranya adalah sebagai berikut ini:

  • Bawang putih halus
  • Lada bubuk
  • Kunyit bubuk
  • Ketumbar bubuk
  • Garam 
  • Penyedap rasa 

Balurkan bumbu marinasi tersebut ke seluruh bagian daging ayam hingga merata tanpa menggunakan air. Lalu masukkan ke dalam wadah tertutup dan simpan di lemari es selama 8 jam, jangan lebih dari itu.

Ungkep Daging Ayam Sebelum Digoreng

Mengungkep daging ayam bisa mengganti metode marinasi jika ingin menggunakan proses pembumbuan yang lebih cepat. Bumbu ungkep hampir mirip seperti bumbu marinasi namun menggunakan metode perebusan.

Saat melakukan metode ini pastikan semua permukaan daging terendam bumbu tapi jangan menggunakan terlalu banyak air. Gunakan api kecil dan masak hingga bumbu menyusut atau kurang lebih sekitar 30 menit sampai 45 menit. 

Gunakan Air Es untuk Membuat Adonan

Metode-metode pembuatan produk dalam bisnis ayam goreng berikutnya, yaitu dengan menggunakan air es untuk membuat adonan tepung. Cara membuatnya dengan mencampur tepung, bumbu penyedap, dan garam lalu buatlah menjadi dua bagian.

Salah satu bagian tepung digunakan untuk membuat adonan basah dengan menggunakan air es secukupnya. Air es dipercaya dapat membuat adonan kulit ayam goreng semakin  crispy. 

Gunakan Putih Telur Kocok

Selain, menggunakan air es akan lebih baik lagi jika ditambahkan putih telur kocok pada adonan tepung basah. Bagian putih telur bisa membuat adonan tepung lebih menempel pada permukaan ayam.

Sehingga bagian kulit ayam goreng tidak mudah lepas dari dagingnya. Bagaimana jika menggunakan telur ayam utuh? Mencampurkan telur ayam utuh ke dalam adonan tepung justru akan membuat kulitnya mudah melempem dan kurang crispy.

Jangan Asal Memilih Tepung

Agar kulit ayam goreng crispy dan tahan lama jangan gunakan jenis tepung sembarangan. Belilah tepung khusus yang digunakan untuk membuat ayam goreng crispy

Di pasaran sudah banyak toko yang menjual tepung khusus untuk membuat ayam goreng crispy yang didalamnya sudah terdapat bumbu. 

Gunakan Alat Deep-Fry Saat Menggoreng

Untuk menghasilkan ayam goreng yang crispy kamu tidak hanya harus melakukan beberapa cara di atas. Alat penggorengan yang kamu gunakan juga akan berpengaruh pada hasil ayam goreng.

Pada umumnya restoran fast food menggunakan alat deep fryer saat menggoreng ayam goreng crispy. Apa itu alat deep fryer? Ini merupakan alat khdusus untuk menggoreng dengan minyak banyak.

Sehingga semua permukaan ayam terendam minyak panas dan tingkat kematangannya jauh lebih baik dibandingkan dengan cara menggoreng biasa di atas wajan. Teknik menggoreng satu ini bisa membuat tingkat kerenyahan kulit ayam semakin crispy dan bagian dalam dagingnya bisa matang merata.

Goreng di Suhu yang Tepat

Membuat ayam goreng memang terlihat mudah tapi jika menginginkan hasil yang benar-benar maksimal. Kamu perlu melakukan metode khusus yang agak rumit, yaitu menggoreng ayam di suhu tertentu.

Masing-masing bagian tubuh ayam memerlukan suhu minyak yang berbeda untuk menghasilkan cita rasa yang lezat. Pada bagian paha ayam memerlukan suhu minyak 260 derajat Celsius dan tidak lebih dari 15 menit. 

Untuk bagian kakinya cukup sekitar 8 – 9 menit dengan suhu yang sama, sementara untuk bagian sayap dan dada membutuhkan suhu 170 derajat Celsius dalam waktu 10 menit.

Bagaimana Sudah Siap Menggunakan Metode di Atas?

Beberapa metode-metode pembuatan produk dalam bisnis ayam goreng di atas bisa kamu terapkan untuk menghasilkan ayam goreng yang lebih juicy dan crispy. Pastikan perhatikan metode di atas dengan cermat agar tidak salah langkah.


Lihat berbagai strategi tepat dan efisien untuk bisnis ayam goreng kamu.

Bank digital khusus UKM pertama di Indonesia hadir untuk bantu segala keperluan bisnis dan keuangan kamu.

Kemudahan berbagai layanan seperti bebas biaya transfer antar bank dan pinjaman modal tanpa agunan untuk bisnismu hanya dengan KoinWorks NEO!

Download aplikasi KoinWorks dan mulai kembangkan asetmu sekarang!

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​