Home » Strategi-bisnis » Cara Membuat Foto Produk Estetik Bisnis Laundry

Cara Membuat Foto Produk Estetik Bisnis Laundry

Cara Membuat Foto Produk Estetik Bisnis Laundry

Setiap perusahaan perlu melakukan promosi untuk meningkatkan brand awareness. Namun, pada promosi tersebut, pebisnis harus membuat sebuah tampilan visual yang menggambarkan produk yang ingin dijual. Sebagai pebisnis laundry, inilah yang perlu kamu lakukan dalam membuat foto produk untuk bisnis laundry

Cara Membuat Foto Produk untuk Bisnis Laundry

Foto produk haruslah dilakukan secara kreatif, sehingga para calon pembeli akan percaya dengan brand laundry milikmu. Beberapa cara dan tips berikut dapat mengajarkanmu apa saja yang perlu kamu siapkan, yaitu:

Kualitas Gambar yang Bagus

Foto produk yang baik adalah foto produk dengan kualitas gambar yang jelas, jernih, dan cantik. Hal ini dapat kamu lakukan dengan memilih media untuk mengambil foto. Gunakan kamera dengan kualitas high definition berkualitas minimal 1440 pixels. Contoh kamera dengan kualitas seperti ini, yaitu:

  • DSLR

Setiap kamera memiliki kualitas high definition, namun ada beberapa contoh kamera DSLR yang sering dipakai pebisnis untuk memotret produknya. Misalnya Canon EOS 90D dengan harga sekitar Rp16.600.000,00 sampai Rp27.000.000,00.

  • Handphone

Beberapa merk dan jenis handphone mendukung pengambilan gambar yang menyerupai DSLR, contohnya IPhone 13 Pro dengan harga Rp18.500.000,00 untuk tipe 128GB.

Kamu juga memerlukan peralatan khusus untuk mendukung kualitas gambar, yakni pencahayaan yang memadai. Fotolah objek produk laundry yang kamu inginkan dengan pencahayaan alami atau pencahayaan buatan seperti lampu shooting dengan harga sekitar Rp600.000,00.

Background

Background atau latar belakang sangat penting untuk foto katalog. Pada bisnis laundry, usahakan background foto memfokuskan kepada logo, lokasi gedung, maupun mesin laundry.

Kamu dapat menambahkan foto pada bagian ruang gosok dan ruang cuci untuk meyakinkan para pelanggan bahwa baju mereka dicuci dengan sepenuh hati dalam ruangan yang bersih.

Konsep

Selanjutnya, kamu perlu memikirkan bagaimana konsep foto produk laundry yang ingin kamu lakukan. Apakah kamu ingin berkonsep sederhana atau konsep tutorial? Untuk konsep sederhana, kamu dapat berfokus untuk menunjukkan desain interior, foto mesin cuci, kasir, dan sebagainya.

Namun, untuk konsep foto produk tutorial, kamu perlu menyewa model untuk memperagakan bagaimana seseorang menyewa jasa laundry. Dari bertransaksi ke kasir, menimbang berat pakaian, memasukkan baju kotor ke mesin cuci, dan sebagainya.

Harga untuk menyewa seorang model sangatlah beragam dari Rp100.000,00 per hari sampai Rp5.000.000,00 tergantung jenis konsepnya. Namun untuk menghemat, kamu tentu dapat menggantikan model tersebut dengan orang lain, misalnya karyawan yang bekerja di toko laundry atau dirimu sendiri.

Teknik Memotret Foto

Yang perlu kamu lakukan selanjutnya adalah mengenal beberapa teknik mengambil gambar katalog. Ada 2 jenis foto katalog yang selalu menjadi pilihan para pebisnis laundry, yaitu:

  • Foto Statis

Foto statis adalah teknik untuk memotret objek laundry dalam satu foto yang terputus-putus. Cara mengambil foto dengan teknik ini adalah dengan memotret satu persatu objek yang ingin kamu tampilkan seperti biasa.

Usahakan untuk memfokuskan objek foto di garis tengah kamera tanpa memotret terlalu banyak aksesoris lainnya. Hal ini dianjurkan agar pembeli tahu apa yang sedang kamu tawarkan.

  • Foto Dinamis

Berbanding terbalik dengan foto statis, foto dinamis dapat mengajak para pengunjung untuk ‘masuk’ ke dalam toko seolah-olah mereka sedang berada di lokasi laundry milikmu.

Memotret foto dinamis ini tidak menggunakan kamera DSLR biasa, namun menggunakan kamera 360⁰. Kamera yang bisa kamu beli, yakni GoPro Max 360 View Kamera Action 5K seharga Rp7.800.000,00 untuk melakukannya.

Tentunya, jika kamu tidak memiliki perlengkapan yang memadai seperti yang telah tersebut sebelumnya, kamu dapat menyewa fotographer profesional khusus katalog. Biaya jasa untuk foto katalog mulai dari Rp30.000,00 di Fotofilio.

Edit Fotomu

Untuk mempercantik foto katalog bisnis laundry, kamu dapat mengeditnya menjadi lebih “hidup” dan sesuai dengan konsep yang kamu mau. Beberapa aplikasi yang dapat kamu pilih untuk mengedit foto kamu adalah Lightroom, VSCO, Photoshop, dan PixLr.

Selain mengedit sendiri, kamu dapat menyewa jasa editing foto di internet. Beberapa website seperti Shaniba Creative menawarkan jasa dengan harga mulai dari Rp15.000,00 sampai Rp200.000,00 per foto.

Masukkan Beberapa Kalimat Copywriting

Terakhir, kamu dapat menggabungkan foto produk polos tersebut ke dalam beberapa kalimat copywriting maupun desain grafis lainnya. Hal ini bertujuan untuk mempercantik foto agar tampil lebih menarik dan informatif saat mengunggahnya ke halaman internet.

Kamu dapat menambahkan alamat lokasi toko laundry milikmu, kelebihannya, pricelist, dan sebagainya. Untuk mengerjakan ini, kamu juga dapat menyewa jasa desain grafis, contohnya GrafisDesain. Biayanya dari Rp149.000,00 per satu sisi sampai Rp346.000,00 per 2 sisi 6 halaman.

Yuk, Buat Foto Produk Bisnis Laundry yang Estetik!

Itulah cara yang dapat kamu lakukan untuk membuat sebuah foto produk bisnis laundry lebih menarik. Untuk hasil yang lebih profesional, kamu dapat menyewa jasa melalui online. Lihat terlebih dahulu portfolio jasa pengiklan tersebut, jika memang sesuai dengan konsepmu, silahkan memberikan tanggung jawab ini kepada mereka.


Untuk para pelaku usaha kecil dan menengah, online sellers, dan freelancers. Kamu bisa lihat artikel lainnya di KoinWorks untuk dapatkan insight positif bagaimana cara berbisnis!

Nikmati kemudahan transaksi bisnis dan keuangan kamu dalam satu aplikasi hanya di KoinWorks NEO!

[E-Book GRATIS] Dapatkan konten ekslusif seputar strategi bisnis di sini
DAFTAR SEKARANG!
Pilih E-book untuk kamu download.
Dalam Ebook ini mengulas:Cara mudah untuk pebisnis melakukan iklan Google Display Network berupa banner atau visual yang ampuh untuk meningkatkan penjualan.
Dalam Ebook ini mengulas:Membantu pebisnis mengetahui lebih banyak tentang performa promosi yang dilakukan di dunia digital terutamanya platform Facebook untuk menentukan audiens.
Dalam Ebook ini mengulas:Penggunaan Business Metrics/KPI yang tepat untuk melacak sejauh mana bisnis kita sudah berjalan dan seberapa banyak target dari usaha kita yang sudah tercapai.
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.
Cara Membuat Foto Produk Estetik Bisnis Laundry

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​