Home » Strategi-bisnis » 3 Cara Antisipasi Biaya Tidak Terduga Bisnis Camilan

3 Cara Antisipasi Biaya Tidak Terduga Bisnis Camilan

Cara Antisipasi Biaya Tidak Terduga Bisnis Camilan

Biaya tidak terduga dalam bisnis camilan menjadi salah satu hal yang harus diwaspadai dan perlu diantisipasi jauh-jauh hari. Sebelum menyusun apa saja rencana untuk mengantisipasinya, kamu juga perlu mengenal biaya tidak terduga lebih jauh lagi.

Biaya Tidak Terduga dalam Bisnis Camilan

Biaya tidak terduga atau juga disebut dengan istilah hidden cost ini menjadi salah satu hal penting yang harus diwaspadai oleh pemilik bisnis, salah satunya bisnis camilan.

Seperti namanya, biaya tidak terduga ini muncul secara tiba-tiba, sehingga sulit atau bahkan tidak terprediksi oleh pelaku usaha. Kemunculan biaya tidak terduga ini nantinya akan mempengaruhi alokasi budgeting yang sudah kamu susun untuk kepentingan bisnis camilan.

Oleh karena itu, biaya tidak terduga atau hidden cost ini harus ada di setiap keputusan rencana keuangan bisnis camilan yang kamu lakukan.

Misalnya, kamu ingin membeli mesin perekat plastik untuk membantu kebutuhan produksi camilan-camilan yang akan dijual. Selain budget untuk membeli mesinnya, kamu juga perlu mempersiapkan dana khusus untuk biaya perbaikan, jika mesin perekat tersebut bermasalah.

Itu adalah salah satu contoh dana tidak terduga yang terjadi pada bisnis camilan. Tidak menutup kemungkinan bahwa akan ada biaya tidak terduga yang jauh lebih besar nominalnya.

Sebagai gambarannya, berikut beberapa contoh biaya tidak terduga yang bisa saja muncul pada bisnis camilan milikmu di kemudian hari nanti:

  • Biaya tidak terduga atas asuransi bisnis yang digunakan.
  • Adanya kerugian besar yang disebabkan oleh kelalaian atau kecurangan dari karyawan.
  • Bisnis camilan mengalami musibah, seperti kebakaran, kebanjiran, perampokan, dan lainnya.
  • Ditipu oleh partner

3 Cara Mengantisipasi Biaya Tidak Terduga Bisnis Camilan

Meski biaya tidak terduga akan muncul secara tiba-tiba, bukan berarti kamu harus mencari cara untuk mengatasinya saat itu juga. Karena biaya tidak terduga bisa mengganggu kondisi keuangan, maka kamu harus mempersiapkan cara untuk mengatasinya dari jauh-jauh hari, seperti:

Menyiapkan Dana Darurat

Cara mengatasi biaya tidak terduga pada bisnis camilan yang pertama adalah menyiapkan dana darurat. Dana ini hanya digunakan untuk menutupi kebutuhan bisnis yang sifatnya tidak terduga dan mendesak.

Mengumpulkan dana darurat yang ideal untuk bisnis camilan harus dilakukan dengan tepat. Misalnya, kamu bisa menyisihkan 3-5% laba kotor yang diperoleh setiap bulannya.

Contoh, laba kotor bisnis camilan yang kamu peroleh di bulan Juli sebesar Rp 10 juta dan harus disisihkan sebanyak 3% untuk dana darurat. Maka perhitungannya adalah:

Dana Darurat = Rp10.000.000,00×3% = Rp300.000,00

Jadi, jumlah dana darurat yang harus kamu sisihkan di bulan Juli sebesar Rp 300 ribu.

Besar kecilnya dana darurat yang harus disisihkan setiap bulannya ini bergantung pada laba kotor bisnis camilan yang kamu peroleh.

Jumlah ini memang tidak terlalu besar, jika dibandingkan dengan jumlah laba kotor yang diperoleh. Namun, jika kamu terus konsisten menyisihkan 3% dari total laba kotor bisnis camilan yang kamu peroleh setiap bulannya. Maka akan terkumpul cukup banyak dan bisa menutupi biaya tidak terduga nantinya.

Gunakan Dana Darurat Secara Tepat

Dana darurat yang terkumpul harus digunakan secara tepat. Seperti namanya, dana ini hanya boleh kamu gunakan untuk memenuhi kebutuhan bisnis camilan yang sifatnya mendesak dan tak terduga.

Contoh, salah satu mesin produksi camilan tidak bisa digunakan karena rusak. Agar proses produksi tetap berjalan, kamu harus segera memperbaikinya dengan menggunakan dana darurat yang sudah disiapkan.

Hindari menggunakan dana darurat untuk kepentingan yang tidak terlalu penting atau mendesak. Bahkan jangan sampai menggunakan dana darurat untuk kepentingan pribadi.

Meski dana darurat yang terkumpul belum terpakai, kamu tetap tidak boleh menggunakan dana tersebut diluar kepentingan bisnis camilan yang sifatnya mendesak.

Jika dana darurat kamu gunakan secara sembarangan, maka kondisi keuangan bisnis camilan milikmu pun akan mengalami masalah. Apalagi ketika kamu harus mengeluarkan biaya tidak terduga, sementara jumlah dana darurat yang kamu miliki tidak cukup untuk menutupi.

Gunakan Asuransi

Cara mengantisipasi biaya tidak terduga berikutnya adalah menggunakan asuransi untuk menjamin bisnis camilan yang kamu kelola.

Seperti asuransi pada umumnya, asuransi bisnis merupakan jenis asuransi yang digunakan untuk melindungi sebuah bisnis dari kerugian finansial yang mungkin akan terjadi di kemudian hari.

Ada beberapa asuransi bisnis yang bisa kamu gunakan untuk melindungi bisnis camilan milikmu dari kerugian finansial akibat biaya tidak terduga. Jenis-jenis asuransi bisnis tersebut antara lain:

Asuransi Tanggung Gugat (Public Liability)

Pertama ada asuransi tanggung gugat atau juga dikenal dengan public liability. Asuransi bisnis satu ini bisa kamu gunakan untuk melindungi bisnis camilan milikmu dari tuntutan hukum pihak ketiga, jika mengalami kerugian akibat produk camilan yang kamu jual.

Misalnya, salah satu konsumen yang membeli produk camilan dari bisnismu mengalami keracunan setelah mengkonsumsi camilan tersebut. Kemudian, konsumen tersebut menuntut bisnis camilan milikmu.

Kamu bisa menggunakan asuransi tanggung gugat ini untuk melindungi atau sebagai ganti rugi biaya hukum dari tuntutan konsumen tersebut.

Asuransi Properti

Asuransi ini berfungsi untuk melindungi tempat usaha, baik milik sendiri maupun yang disewa. Tidak hanya bangunannya, asuransi ini juga akan melindungi isi bangunan, seperti perabotan, peralatan bisnis, bahkan inventaris.

Kamu bisa mengklaim asuransi properti jika bisnis camilan milikmu mengalami kebakaran atau pencurian.

Asuransi Gangguan Bisnis

Terakhir adalah asuransi gangguan bisnis. Asuransi ini mencakup gangguan bisnis bersifat serius yang bisa menyebabkan hilangnya pendapatan karena produksi terhambat atau karyawan yang tidak bisa bekerja.

Kamu bisa menggunakan asuransi ini jika gangguan bisnis camilan yang kamu alami menyebabkan hilangnya omzet pendapatan dalam hitungan waktu tertentu.

Yuk, Antisipasi Biaya Tidak Terduga Bisnis Camilan!

Nah, itulah informasi seputar apa itu biaya tidak terduga hingga 3 cara mengantisipasinya. Tunggu apalagi? Yuk, terapkan 3 cara di atas untuk mengantisipasi biaya tidak terduga dalam bisnis camilan milikmu!


Bank digital hadir untuk pelaku UKM, freelancers, dan online sellers di Indonesia. 

Urus segala keperluan bisnis dan keuangan pakai KoinWorks NEO. Kemudahan berbagai layanan seperti bebas biaya transfer antar bank dan pinjaman modal tanpa agunan untuk bisnismu hanya dengan satu aplikasi! 

Lihat juga berbagai panduan dan informasi bisnis hanya di KoinWorks.

[E-Book GRATIS] Dapatkan konten ekslusif seputar strategi bisnis di sini
DAFTAR SEKARANG!
Pilih E-book untuk kamu download.
Dalam Ebook ini mengulas:Cara mudah untuk pebisnis melakukan iklan Google Display Network berupa banner atau visual yang ampuh untuk meningkatkan penjualan.
Dalam Ebook ini mengulas:Membantu pebisnis mengetahui lebih banyak tentang performa promosi yang dilakukan di dunia digital terutamanya platform Facebook untuk menentukan audiens.
Dalam Ebook ini mengulas:Penggunaan Business Metrics/KPI yang tepat untuk melacak sejauh mana bisnis kita sudah berjalan dan seberapa banyak target dari usaha kita yang sudah tercapai.
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.
3 Cara Antisipasi Biaya Tidak Terduga Bisnis Camilan

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​