Home » Strategi Bisnis » Tips Memilih Alat Berkualitas untuk Bisnis Hijab

Tips Memilih Alat Berkualitas untuk Bisnis Hijab

Tips memilih alat berkualitas untuk bisnis hijab

Mayoritas muslim tersebar cukup besar di Indonesia. Hal tersebut tentunya membuat tidak asing lagi melihat para muslimah yang menggunakan jilbab. Banyaknya para muslimah yang menggunakan jilbab membuat bisnis hijab cukup menjanjikan.

Setiap orang memiliki kesempatan untuk membuka cabang bisnis sendiri termasuk bisnis hijab. Jika kamu ingin membangun brand hijab sendiri, tentunya diperlukan beberapa peralatan. Untuk itu, mari simak tips memilih alat berkualitas untuk bisnis hijab.

Tips Memilih Alat Berkualitas untuk Membangun Brand Hijab Sendiri

Hijab terbuat dari kain yang memerlukan beberapa alat tertentu untuk menyelesaikannya hingga menjadi bentuk seutuhnya. Untuk membangun brand sendiri, kamu perlu menyiapkan beberapa peralatan di bawah ini.

Alat Jahit Essential

Alat pertama yang kamu perlukan adalah alat jahit essential yang terdiri dari benda-benda kecil seperti jarum jahit, jarum pentul, gunting dan pengurai jahitan. Tidak ada patokan khusus untuk memilih alat-alat ini dalam kualitas terbaiknya.

Hal yang perlu kamu perhatikan adalah pastikan alat-alat ini berfungsi dengan baik misalnya memilih gunting yang tajam atau jarum jahit yang tepat. 

Alat-alat ini bisa didapatkan di toko terdekat atau kamu juga bisa segera mengakses marketplace yang menjualnya secara online. Ada yang menjualnya secara terpisah dan ada juga yang menjualnya dalam bentuk paketan.

Penggaris dan Gunting Matt

Jangan lupa untuk membeli penggaris yang bisa digunakan untuk mengukur bahan yang akan dijadikan jilbab. Pilihlah penggaris sesuai dengan kebutuhan atau kamu juga bisa memperolehnya ketika membeli gunting mat. Gunting ini digunakan untuk memotong kain.

Setrika

Sebagian kain akan terasa sulit untuk dibentuk ketika kain tidak terlipat dengan baik. Disinilah kamu memerlukan setrika untuk merapikan lipatan kain. Pilih setrika yang sudah teruji kualitasnya.

Seperangkat Meja dan Kursi untuk Menjahit

Seperangkat alat ini yang dapat membantu kamu merasa nyaman ketika menjahit jilbab. Meja yang harus dipilih adalah meja yang cukup untuk menampung mesin jahit kamu. 

Untuk kursi, pilihlah yang sesuai dengan kenyamanan kamu. Menjahit membutuhkan proses yang cukup memakan waktu sehingga memilih kursi yang memiliki sandaran mungkin akan membantumu.

Download dan Aktivasi KoinWorks NEO

Kembangkan bisnis kamu sekarang!

DOWNLOAD

Mesin Jahit

Mesin inilah yang nantinya akan membentuk brand hijab kamu sendiri. Untuk pemula, ada beberapa jenis mesin jahit yang mungkin bisa kamu gunakan seperti mesin jahit mekanis, mesin jahit elektronik dan mesin jahit portable.

Mesin jahit mekanis tidak memerlukan listrik ketika membentuk jilbab sehingga kamu akan lebih hemat. Namun, jenis ini tidak begitu variatif dalam membentuk kain karena hanya bisa membuat jahitan yang lurus.

Mesin jahit elektronik mungkin dapat kamu jadikan pilihan ketika memiliki modal lebih. Ini dikarenakan beberapa kelebihan seperti dapat membentuk beberapa bentuk jahitan yakni lurus, zigzag dan dekoratif, dapat menjahit kancing serta dilengkapi touchpad dan layar LED.

Selanjutnya ada mesin jahit portable yang bisa dibawa kemana saja dengan mudah. Namun, tidak disarankan untuk memilih mesin jahit jenis ini ketika akan membuka brand hijab kamu karena cukup sulit untuk menghasilkan jilbab dalam skala yang besar.

Membeli mesin jahit yang bekas tidak ada salahnya juga untuk dilakukan karena dapat menghemat budget. Namun, hindari untuk memilih mesin jahit dengan sembarangan. Untuk itu, sebelum membeli mesin jahit bekas, lakukan tips di bawah ini.

  • Mesin jahit yang kamu beli haruslah sesuai dengan keperluan kamu.
  • Untuk mendapatkan mesin jahit yang lebih awet, silahkan pilih mesin yang terbuat dari logam.
  • Jika mesin tersebut masih memiliki suara mesin yang masih tidak terlalu mengganggu, pilihlah mesin tersebut. Suara mesin tersebut menandakan bahwa mesin jahit yang akan kamu beli masih memiliki rotasi yang bagus.
  • Nego harga mesin jika masih memungkinkan.
  • Usia mesin jahit juga berpengaruh pada performa mesin sehingga hindari memilih mesin yang telah lama digunakan.
  • Jangan lupa untuk menanyakan garansi mesin jahit bekas tersebut.

Lampu Meja

Lampu dapat membantu kamu untuk memberikan penerangan yang lebih baik sehingga kamu dapat menjahit dengan lebih jelas. Alat ini akan sangat membantu terutama ketika kamu menjahit kain yang berwarna gelap.

Kain

Tips memilih alat berkualitas untuk membuat brand hijab kamu didapatkan dari jenis kain untuk membuat jilbab itu sendiri. Ada beberapa pilihan kain yang mungkin akan menginspirasi kamu.

  • Voal. Kain ini ditujukan untuk kamu yang ingin membuat jilbab yang sejuk ketika digunakan. Kain ini memudahkan para muslimah untuk menggunakannya karena tidak sulit untuk diatur dan sukar kusut.
  • Maxmara. Kain ini adalah pilihan buat kamu yang ingin membuat jilbab yang memiliki motif. Sifatnya hampir serupa dengan voal. Tekstur satin dikatakan hampir serupa dengan kain ini tetapi maxmara terasa lebih lembut.
  • Bubble crepe. Kain ini memiliki sifat lebih lentur, tidak sulit untuk dibentuk, sulit kusut dan tidak tembus pandang.
  • Wolfis. Bahan yang digunakan ketika kamu menginkan jilbab yang nyaman dan tidak merasa panas ketika digunakan. Kain ini cukup tebal karena terbuat dari kain katun dan serat sintetis.

Bisnis hijab akan sangat sayang untuk kamu lewati karena peminatnya cukup banyak. Untuk itu, setelah mengetahui tips memilih alat berkualitas dalam bisnis hijab, yuk segera dirikan bisnis hijab impian kamu!


Bank digital hadir untuk pelaku UKM, freelancers, dan online sellers di Indonesia. 

Urus segala keperluan bisnis dan keuangan pakai KoinWorks NEO. Kemudahan berbagai layanan seperti bebas biaya transfer antar bank dan pinjaman modal tanpa agunan untuk bisnismu hanya dengan satu aplikasi! 

Lihat juga berbagai panduan dan informasi bisnis hanya di KoinWorks.

Download aplikasi KoinWorks dan mulai kembangkan asetmu sekarang!

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​