Home » Strategi Bisnis » 5 Faktor yang Mempengaruhi Bentuk atau Model Produk untuk Bisnis Hijab

5 Faktor yang Mempengaruhi Bentuk atau Model Produk untuk Bisnis Hijab

5 Faktor yang Mempengaruhi Bentuk atau Model Produk

Persaingan ketat di bidang bisnis hijab membuat kamu harus benar-benar kreatif dalam mengelola bisnis ini. Salah satunya adalah dengan memperhatikan bentuk hijab yang kamu jual. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi bentuk atau model produk hijab yang bisa kamu hadirkan ke pasaran. Tentunya faktor-faktor tersebut penting untuk diperhatikan agar kamu bisa memenuhi keinginan pasar. 

Faktor yang Mempengaruhi Bentuk atau Model Produk

Seperti kita tahu bahwa produk hijab saat ini begitu banyak tersebar di masyarakat. Ada banyak brand hijab yang kita kenal di pasaran. Penting sekali untuk merencanakan produk hijab yang akan kamu jual dengan sebaik mungkin. Berikut adalah 5 faktor yang perlu diperhatikan karena bisa memberikan pengaruh pada bentuk atau model produk hijab:

Tren di Pasar

Faktor pertama adalah tren yang terjadi di pasar. Hal ini jelas akan berpengaruh pada bentuk produk itu sendiri. Seperti produk jilbab yang akan kamu jual. Kamu mungkin sudah membuat desain model atau bentuk produk sendiri namun berubah karena tren pasar juga berubah. Bagaimanapun juga memang tren pasar ini memberi pengaruh besar bagi para pebisnis. 

Perhatikan seperti apa model atau bentuk hijab yang saat ini berkembang dan sedang menjadi tren di pasaran. Tentu akan sangat menguntungkan jika kamu bisa menjual jilbab dengan model seperti itu, bukan? Hal ini mengingat sifat masyarakat yang cenderung akan tertarik untuk mengikuti tren. 

Target Konsumen

Setiap jenis bisnis pasti punya target konsumen tertentu. Penting sekali bagi kamu untuk menentukan target konsumen terlebih dahulu sebelum memulai bisnis atau memasarkan produk. Jika kamu tahu target konsumennya maka akan lebih mudah untuk menyesuaikan produk dengan keinginan dan karakter mereka.

Misalnya, target konsumenmu adalah ibu-ibu muda. Biasanya mereka butuh produk hijab yang tren juga praktis untuk dipakai. Ibu-ibu seperti ini tidak punya banyak waktu untuk berdandan dengan model hijab yang rumit. Jadi kamu bisa mengeluarkan produk hijab bergo yang trendi misalnya atau bisa juga merilis produk pashmina instan. 

Kebutuhan Masyarakat

Bentuk atau model produk hijab juga bisa dipengaruhi oleh kebutuhan masyarakat. Sebelum kamu menjual produk, pastikan kamu melakukan riset pasar juga kebutuhan masyarakat. Ini akan membantu kamu untuk menghadirkan produk yang benar-benar dibutuhkan oleh mereka. Perlu dicatat bahwa sebuah bisnis bisa berkembang pesat jika masyarakat merasa membutuhkannya.

Tentu saja masyarakat yang dimaksud di sini harus disesuaikan dengan target konsumenmu. Jadi lebih mudah untuk mengetahui kebutuhan tersebut secara spesifik. Misalnya untuk ibu-ibu di atas 40 tahunan yang butuh jilbab panjang menutup dada namun mudah dipakai. Jika produkmu bisa memenuhi kebutuhan mereka maka akan lebih mudah untuk terjual di pasaran. 

Jenis Bahan

Faktor lain yang mempengaruhi bentuk atau model produk hijab adalah jenis bahannya. Kamu mungkin sudah sering melihat bahwa ada banyak sekali jenis bahan yang bisa digunakan untuk memproduksi hijab. Setiap tipe bahan memiliki karakter yang berbeda-beda dan hasilnya juga tak sama setelah dibuat menjadi hijab. Tidak semuanya bisa dipakai untuk membuat hijab dengan model maupun bentuk yang sama. 

Jika kamu memang sudah merencanakan jenis bahan apa yang akan dipakai, maka bentuk atau model produknya bisa menyesuaikan karakteristik bahan tersebut. Nantinya keunggulan bahan yang dipakai tadi bisa menjadi materi untuk promosi ke masyarakat. Pastikan dulu bahwa bahannya cukup berkualitas dan nyaman saat dipakai sehingga orang-orang akan tertarik untuk membeli. 

Download dan Aktivasi KoinWorks NEO

Kembangkan bisnis kamu sekarang!

DOWNLOAD

Inovasi dari Pebisnis

Bentuk atau model produk hijab juga bisa dipengaruhi oleh inovasi dari pebisnisnya sendiri. Sebagai pebisnis, kamu punya hak penuh untuk merilis produk sesuai kreativitasmu. Coba kamu cari referensi bentuk atau model hijab di pasaran. Dari sini kamu bisa coba melakukan inovasi dan membuat bentuk atau model hijab yang berbeda dan punya karakteristik tersendiri. 

Di zaman sekarang ini, banyak kelompok masyarakat yang suka mencoba hal-hal baru. Termasuk salah satunya mencoba produk hijab dengan model yang baru. Jadi tak ada salahnya untuk mencoba menjangkau target konsumen semacam ini. Ciptakan modal atau bentuk hijab yang unik dan belum pernah ada sebelumnya namun tetap nyaman untuk dipakai. 

Ciptakan Bentuk dan Model Produk Hijabmu

Dari sini kamu sudah tahu apa saja faktor yang bisa mempengaruhi model atau bentuk hijab. Produk ini memang cukup variatif dan banyak sekali pilihan modelnya di pasaran. Jadi kamu harus membuat model atau bentuk produk yang kreatif supaya bisa menarik perhatian konsumen. 

Jika memang kamu ingin mengikuti tren yang sedang ada di masyarakat, maka pastikan bahwa produkmu tetap memiliki karakteristik tersendiri. Ini penting karena akan membantu produkmu tetap dicintai di tengah banyaknya pilihan produk hijab yang lain. Tentu dibutuhkan kreativitas dan riset pasar yang benar jika kamu ingin mewujudkan hal tersebut. 

Setelah mengenal faktor-faktor yang mempengaruhi bentuk atau model produk hijab, kamu bisa mulai mencari tahu produk seperti apa yang layak untuk dijual. Jika kamu sudah mendapatkan ide yang dianggap pas, maka cobalah untuk mulai mengembangkannya. Jangan lupa, lakukan promosi yang benar supaya produk tersebut diketahui dan diminati oleh banyak orang.


Lihat berbagai strategi tepat dan efisien untuk bisnis hijab kamu.

Bank digital khusus UKM pertama di Indonesia hadir untuk bantu segala keperluan bisnis dan keuangan kamu.

Kemudahan berbagai layanan seperti bebas biaya transfer antar bank dan pinjaman modal tanpa agunan untuk bisnismu hanya dengan KoinWorks NEO!

Download aplikasi KoinWorks dan mulai kembangkan asetmu sekarang!

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​