Home » Strategi-bisnis » 4 Platform Online untuk Dongkrak Penjualan Bisnis Kopi

4 Platform Online untuk Dongkrak Penjualan Bisnis Kopi

4 Platform Online untuk Dongkrak Penjualan Bisnis Kopi

Apa saja platform online yang bisa membantu meningkatkan penjualan pada sebuah bisnis kopi?

Dewasa ini, kemajuan teknologi turut memberikan dampak besar pada bagaimana sebagian besar orang menjalankan bisnis mereka.

Dari bisnis yang hanya mengandalkan toko fisik & konvensional, berubah menjadi bisnis yang harus mampu melayani permintaan secara daring.

Agar bisa bertahan sekaligus menjadi unggul dalam persaingan, banyak bisnis yang kini harus mengubah model bisnis mereka dengan menggunakan berbagai platform online.

Tidak terkecuali untuk bisnis food & beverage seperti bisnis kopi.

Lantas, jenis online platform apa saja yang bisa digunakan untuk mengembangkan sebuah bisnis kopi?


4 Platform Online untuk Dongkrak Penjualan Bisnis Kopi

Perkembangan teknologi informasi yang pesat dalam beberapa tahun terakhir secara tidak langsung juga turut membuka banyak kesempatan baru bagi para pemilik bisnis.

Terutama untuk pemilik bisnis kopi.

Dengan tersedianya berbagai platform online untuk berjualan, kamu bahkan tidak perlu memiliki sebuah toko fisik untuk bisa memulai bisnis berskala kecil.

Nah, berikut adalah contoh platform daring yang bisa kamu gunakan untuk menjalankan bisnis kopi.

Silakan disimak!


1. Media sosial

Selain berfungsi sebagai media untuk bersosialisasi, kamu juga bisa berpromosi sekaligus berjualan produk minuman kopi melalui media sosial.

Facebook, Instagram, TikTok, Twitter, dan YouTube merupakan contoh media sosial yang bisa bisnismu gunakan.

Kamu bisa mengunduh aplikasi media sosial ke smartphone, atau mengaksesnya menggunakan perangkat komputer.

Media sosial di atas juga bisa dikombinasikan dengan layanan chat seperti WhatsApp, Telegram, dan juga layanan email.

Dengan begitu, kamu bisa aktif berjualan, berpromosi, beriklan, serta berinteraksi dua arah dengan para konsumen.

Pengelolaan media sosial yang baik, tepat guna, dan tepat sasaran terbukti ampuh dalam meningkatkan penjualan di berbagai bisnis.


2. Online delivery

Sejak GoFood dari Gojek mulai beroperasi di tahun 2015, mulai banyak pemilik bisnis food & beverage yang menggunakan jasanya.

Sekarang ini, tidak hanya GoFood yang aktif digunakan sebagai penyedia jasa online delivery untuk makanan & minuman, namun juga tersedia layanan dari ShopeeFood & GrabFood.

Selain menyediakan jasa pesan antar, aplikasi online delivery ini juga bisa diatur untuk memberikan beragam promo serta potongan harga, sesuai dengan strategi penjualan yang sudah kamu tentukan.

Di sisi lain, layanan online delivery untuk makanan & minuman ini sangat membantu mempertemukan penjual & pembeli.

Bisnis-bisnis yang aktif menggunakan layanan ini juga lumayan terbantu saat terjadi pembatasan kegiatan di awal tahun 2020 lalu, karena pandemi COVID-19.

Jika bisnis kopimu belum menggunakan layanan ini, cobalah segera daftarkan bisnismu ke platform-platform tersebut.


3. Website atau blog

Selain media sosial & aplikasi online delivery, kamu pun dapat membuat sebuah website atau blog sederhana untuk bisnis kopimu.

Website tersebut bisa digunakan untuk berpromosi & membangun komunitas, atau bisa juga digunakan untuk berjualan.

Namun, jika modalmu masih terbatas, kamu bisa saja hanya menggunakan website (Wix, WordPress, Typedream) atau landing page (Carrd) sederhana untuk memperkenalkan bisnis & produk-produk minuman di internet.

Kamu juga bisa menggunakan blog untuk menampilkan tulisan maupun ulasan tentang bisnis kopimu.


4. Aplikasi smartphone

Platform online terakhir yang bisa kamu gunakan untuk meningkatkan penjualan bisnis kopi adalah mobile app, atau aplikasi smartphone.

Fore Coffee merupakan salah satu pelopor minuman kopi yang bisa dipesan melalui aplikasi smartphone. Cukup pesan & bayar secara daring, setelah itu kamu bisa langsung ambil pesananmu tanpa harus antre.

Serupa dengan aplikasi online delivery, kamu pun bisa mengatur berbagai penawaran promo & potongan harga sesuai strategi penjualan pada aplikasi tersebut.

Namun, karena proses pembuatannya yang tidak mudah, kamu mungkin memerlukan modal tambahan untuk menyewa jasa software atau app developer yang mampu mengembangkan aplikasi ini.


Sudah Siap Menggunakan Platform Online pada Bisnis Kopi Milikmu?

Itulah beberapa rekomendasi online platform yang bisa digunakan untuk mendongkrak pemasaran & penjualan pada bisnis kopimu.

Mulai dari menggunakan media sosial, bekerja sama dengan jasa online delivery, membuat website resmi bisnis kopi, hingga membuat mobile app untuk smartphone.

Untuk website dan mobile app, kamu sebaiknya perlu melakukan riset & analisis lebih lanjut mengenai penggunaannya.

Sebab, kamu akan membutuhkan biaya yang tidak sedikit untuk membuat & mengelolanya.

Semoga bermanfaat!

. . .

Kalau kamu termasuk salah satu pelaku usaha kecil, online sellers, atau freelancers, KoinWorks punya satu solusi nih untuk semua kebutuhan keuangan kamu.

Mulai dari transfer antar bank tanpa biaya admin, pembuatan invoice & laporan keuangan, hingga ke akses yang fleksibel untuk mendapatkan pinjaman– semua ini khusus untuk mendukung usaha & bisnis kamu, dan bisa kamu dapatkan di KoinWorks NEO.

Yuk, cari tahu lebih banyak tentang KoinWorks NEO di sini!

[E-Book GRATIS] Dapatkan konten ekslusif seputar strategi bisnis di sini
DAFTAR SEKARANG!
Pilih E-book untuk kamu download.
Dalam Ebook ini mengulas:Cara mudah untuk pebisnis melakukan iklan Google Display Network berupa banner atau visual yang ampuh untuk meningkatkan penjualan.
Dalam Ebook ini mengulas:Membantu pebisnis mengetahui lebih banyak tentang performa promosi yang dilakukan di dunia digital terutamanya platform Facebook untuk menentukan audiens.
Dalam Ebook ini mengulas:Penggunaan Business Metrics/KPI yang tepat untuk melacak sejauh mana bisnis kita sudah berjalan dan seberapa banyak target dari usaha kita yang sudah tercapai.
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.
4 Platform Online untuk Dongkrak Penjualan Bisnis Kopi

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​