Home » Strategi-bisnis » 4 Cara Perluas Target Pasar Baru di Bisnis Pakaian Anak

4 Cara Perluas Target Pasar Baru di Bisnis Pakaian Anak

4 Cara Perluas Target Pasar Baru di Bisnis Pakaian Anak

Bagaimana cara perluas target pasar baru secara online untuk sebuah bisnis pakaian anak?

Memperluas target pasar baru untuk bisnis pakaian anak perlu bisnismu lakukan agar omzet penjualan meningkat.

Karena persaingannya sangat ketat, sebagai seorang pemilik bisnis kamu perlu memperluas target pasar baru lewat media online.


4 Cara Perluas Target Pasar Baru di Bisnis Pakaian Anak

Media online sudah menjadi sarana paling efektif untuk mengembangkan segala macam bisnis, salah satunya adalah bisnis pakaian anak.

Maka dari itu, kamu harus memanfaatkannya dengan tepat untuk memperluas target pasar baru pada bisnis pakaian anak.

Bagaimana caranya? Berikut rangkumannya.


1. Memanfaatkan website bisnis

Cara memperluas target pasar baru lewat media online yang pertama adalah membuat dan mengembangkan website bisnis pakaian anak milikmu.

Saat ini, website sudah menjadi platform yang memiliki peran penting terhadap identitas sebuah bisnis. Jika ingin mendapatkan target pasar baru, kamu perlu membangun identitas bisnis pakaian anak lewat website profesional.

Website bisnis ini nantinya akan memudahkan para target pasar melihat koleksi produk pakaian anak milikmu, hingga akhirnya membeli produk tersebut.

Salah satu contoh brand pakaian anak yang menggunakan website, sebagai salah satu media online untuk memperluas target pasar baru, adalah Mothercare.

Jika kamu belum memiliki website profesional untuk memperluas target pasar baru, kamu bisa menggunakan jasa pembuatan website yang menawarkan biaya murah sampai mahal, tergantung kebutuhan dan fitur yang kamu inginkan untuk website tersebut.

Setelah selesai membuat website, langkah berikutnya adalah mengembangkan website bisnis pakaian anak milikmu dengan menerapkan strategi Search Engine Optimization atau SEO.

Keberadaan SEO ini akan memberi dampak baik terhadap iklan produk pakaian anak yang kamu tampilkan di halaman website, seperti lebih mudah audience temukan di halaman pencarian, dan membantu meningkatkan omzet penjualan pakaian anak.

Selain itu, dengan menerapkan strategi SEO juga akan memberikan dampak baik lainnya, seperti:

  • Mengetahui karakter audience dan memahami kebutuhan mereka berdasarkan aktivitasnya di media online.
  • Mengembangkan landing page serta melakukan pengawasan terhadap tracking progress yang terjadi.
  • Memaksimalkan kegiatan digital marketing, seperti games, potongan harga, dan giveaway dengan hadiah berupa voucher diskon untuk koleksi produk pakaian anak tertentu.

2. Menggunakan Google Business Profile

Supaya website bisnis pakaian anak milikmu lebih mudah orang temukan, dan berada di posisi teratas di mesin pencarian, maka kamu perlu menggunakan fitur Google Business Profile.

Caranya sangat mudah, kamu hanya perlu mendaftarkan website milikmu dengan mengakses Google Business Profile.

Setelah itu, kamu akan diarahkan untuk mengisi formulir dengan lengkap dan akurat. Berikutnya, kamu hanya perlu mengikuti arahan yang muncul pada halaman tersebut sampai selesai.

Perlu kamu ketahui, layanan Google Business Profile ini sifatnya gratis. Selain itu, kamu juga tidak membutuhkan banyak waktu untuk menunggu proses pendaftaran selesai dan bisnismu terverifikasi.

Selain memudahkan audience menemukan website bisnis pakaian anak milikmu, Google Business Profile ini juga akan memfasilitasi visibilitas bisnis pakaian anak yang kamu butuhkan, untuk memperluas target pasar baru.


3. Memanfaatkan media sosial

Memperluas target pasar baru pada bisnis pakaian anak juga bisa kamu lakukan melalui media sosial, loh.

Pertumbuhan media sosial seperti Facebook, Instagram, YouTube, dan TikTok yang begitu cepat, patut kamu manfaatkan untuk melirik calon pasar baru yang lebih luas.

Di antara ketiga media sosial tersebut, minimal gunakanlah dua media sosial sebagai wadah promosi produk pakaian anak yang bisnismu jual.

Berbicara soal promosi, kreativitas akan sangat bisnismu butuhkan agar audience tertarik, dan rutin mengunjungi media sosial bisnis pakaian anak milikmu.

Biasanya audience menyukai konten promosi yang memberikan edukasi sekaligus informasi tambahan.

Misalnya, dengean konten promosi lewat tips dan trik cara menjaga pakaian anak agar lebih awet, mulai dari cara mencuci dan menyimpan pakaian anak yang benar.


4. Mendaftarkan bisnis di online marketplace

Cara terakhir untuk memperluas target pasar baru secara online adalah bergabung dengan beragam online marketplace, seperti Shopee, Tokopedia, dan Lazada.

Saat ini gaya berbelanja banyak orang sudah berpindah dari offline atau mengunjungi bisnis secara langsung menjadi belanja online lewat marketplace.

Selain lebih mudah, keberadaan marketplace juga cukup efektif memperluas target pasar baru, karena jangkauan audience-nya tidak kalah banyak dengan platform media sosial.

Apalagi saat ini banyak marketplace yang memberikan tawaran menarik, seperti potongan harga, fitur pay later, dan gratis ongkir yang banyak konsumen sukai.

Cara pendaftarannya pun sangat mudah dan cepat. Sebagai contoh, kamu ingin menjual produk pakaian anak di Shopee. Bukalah website Shopee, kemudian pilih menu “Mulai Jual”.

Langkah berikutnya, masukkan nomor telepon yang aktif, atau juga bisa menggunakan akun Google atau Facebook.

Setelah menerima kode OTP dan memasukkannya, kamu akan diarahkan untuk mengisi informasi yang Shopee butuhkan, seperti nama toko hingga jasa kirim toko yang ingin kamu pilih.


Yuk, Perluas Target Pasar Baru Bisnis Pakaian Anak Secara Online!

Itulah beberapa cara memperluas target pasar baru secara online pada bisnis pakaian anak yang sedang kamu rintis.

Mulai dari membuat website resmi bisnis, mendaftarkan bisnis ke Google Business Profile, memanfaatkan media sosial, dan mendaftarkan bisnis ke beragam online marketplace.

Semoga bermanfaat!

. . .

Kalau kamu termasuk salah satu pelaku usaha kecil, online sellers, atau freelancers, KoinWorks punya satu solusi nih untuk semua kebutuhan keuangan kamu.

Mulai dari transfer antar bank tanpa biaya admin, pembuatan invoice & laporan keuangan, hingga ke akses yang fleksibel untuk mendapatkan pinjaman– semua ini khusus untuk mendukung usaha & bisnis kamu, dan bisa kamu dapatkan di KoinWorks NEO.

Yuk, cari tahu lebih banyak tentang KoinWorks NEO di sini!

[E-Book GRATIS] Dapatkan konten ekslusif seputar strategi bisnis di sini
DAFTAR SEKARANG!
Pilih E-book untuk kamu download.
Dalam Ebook ini mengulas:Cara mudah untuk pebisnis melakukan iklan Google Display Network berupa banner atau visual yang ampuh untuk meningkatkan penjualan.
Dalam Ebook ini mengulas:Membantu pebisnis mengetahui lebih banyak tentang performa promosi yang dilakukan di dunia digital terutamanya platform Facebook untuk menentukan audiens.
Dalam Ebook ini mengulas:Penggunaan Business Metrics/KPI yang tepat untuk melacak sejauh mana bisnis kita sudah berjalan dan seberapa banyak target dari usaha kita yang sudah tercapai.
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.
4 Cara Perluas Target Pasar Baru di Bisnis Pakaian Anak

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​