Home » Strategi-bisnis » Ketahui 7 Cara Menentukan Gaji Karyawan Pet Shop

Ketahui 7 Cara Menentukan Gaji Karyawan Pet Shop

Ketahui 7 Cara Menentukan Gaji Karyawan Pet Shop

Bagaimana cara yang tepat dalam menentukan gaji seorang karyawan di sebuah bisnis pet shop?

Pertanyaan ini mungkin pernah terlintas di pikiranmu ketika hendak membuka atau mengembangkan bisnis tersebut, sehingga kamu menjadi tidak cukup berani dan memilih menunda perekrutan karyawan.

Bicara soal gaji, ini merupakan sebuah kewajiban yang kamu harus penuhi setiap bulan atau kurun waktu tertentu. Selain itu, gaji pun termasuk dalam bagian beban operasional usaha pet shop milikmu, ketika mempunyai karyawan.

Memang, penentuan gaji karyawan bisa dibilang lumayan membingungkan.

Sebab, gaji merupakan salah satu faktor kesuksesanmu dalam memeroleh karyawan unggulan. Namun, di sisi lain, gaji karyawan terhitung sebagai pengeluaran tetap di ranah operasional bisnis petshop.

Nah, daripada bingung dan dilema soal gaji, kamu sebaiknya mengetahui cara penentuan gaji karyawan. Sehubungan dengan hal tersebut, sebaiknya ikuti saja pembahasannya dalam artikel ini.


7 Cara Menentukan Gaji Karyawan Bisnis Pet Shop

Supaya kamu tidak salah langkah, lebih baik pahami terlebih dahulu cara penentuan gaji karyawan untuk bisnis pet shop milikmu.

Silakan disimak!


1. Mengetahui upah minimum di lokasi bisnis

Indonesia memiliki 3 sistem upah minimum berlandaskan PP No. 36 Tahun 2021 mengenai pengupahan, yakni UMP (Upah Minimum Provinsi), UMK (Upah Minimum Kota/Kabupaten), serta Upah Minimum untuk Usaha Mikro dan Kecil.

Nah, UMP sendiri berlaku untuk semua provinsi bersangkutan. Sementara UMK berlaku cuma di kota/kabupaten. Kedua regulasi itu ditetapkan, diputuskan, dan dirilis oleh gubernur setiap daerah.

Tidak hanya UMK dan UMP, sistem upah minimum pun berlaku untuk untuk bisnis kecil dan mikro. Jika kamu merupakan pengusaha petshop kecil atau mikro, serta beraset kurang dari Rp 50 juta, kamu dapat menggunakan sistem ini.

Untuk persentase minimumnya sendiri sebesar 50% level konsumsi rata-rata dalam provinsimu atau, setidaknya 25% lebih tinggi dari garis kemiskinan level provinsi. Maka demikian, sebaiknya rajinlah update informasi seputar upah minimum.


2. Melakukan riset pasar

Jika kamu berencana menyediakan jasa dokter hewan dalam bisnis pet shop kamu, sebaiknya riset gaji tenaga profesional tersebut di pasaran. Dengan begitu, kandidat dokter hewan terbaik akan tertarik bekerja pada bisnismu.

Melakukan riset pasar pun berlaku untuk penentuan gaji karyawan. Dengan begitu, kamu bisa memeroleh tenaga kerja yang berkualitas, kompetitif, dan jujur dalam mengelola bisnis pet shop kamu.

Jika kamu mendapatkan dokter hewan atau karyawan yang mempunyai pengalaman kerja di luar negeri, kamu dapat menentukan rerata gaji atau upah negara asing tersebut menjadi skala tertinggi, lalu rerata gaji lokal menjadi skala terendah.


3. Menghitung gaji berdasarkan kontribusi

Tipe tenaga kerja atau karyawan bermacam-macam.

Ada yang secara terang-terangan meminta kenaikan gaji, dan ada yang diam saja lalu keluar dari bisnismu, karena gaji yang terlalu rendah.

Kamu sebagai pelaku bisnis pet shop tidak mau kehilangan karyawan teladan, bukan?  Maka dari itu, pertahankan mereka.

Nah, untuk mempertahankan karyawan teladan, kamu bisa memberi kenaikan gaji, dengan acuan performa dan kontribusi mereka. 

Dalam penentuan gaji atau kenaikannya menurut kontribusi, sebaiknya kamu harus mengantongi skala serta struktur gaji sendiri. Dengan begitu, nominal gaji yang harus dipenuhi tidak akan terlalu tinggi dan membuat keuangan bisnis tidak sehat.


4. Menentukan struktur & skala gaji

Masih seputar Peraturan Pemerintah No. 36 Tahun 2001, di dalam regulasi tersebut, pemerintah pun mengatur komposisi gapok (gaji pokok), yakni paling sedikit sebesar 75% gapok beserta tunjangan tetap.

Lalu, sesudah kamu menentukan gaji tenaga kerja melalui riset serta potensi kontribusi, pemerintah mengharuskan semua pengusaha untuk menciptakan struktur dan skala gaji. 

Jadi, buatlah skala gaji menurut upah tertinggi dan terendah, evaluasi pekerjaan, sampai kemampuan bisnis yang bisa ditinjau melalui perbandingan omzet, upah minimum, dan tunjangan. 

Tips tambahan dari artikel cara menentukan gaji karyawan, untuk mempermudahmu dalam pembuatan struktur dan skala gaji, sebaiknya ikuti saja contohnya pada Permenaker No. 1 Tahun 2017.


5. Membuat skema perhitungan gaji dalam waktu tertentu

Sejumlah bisnis pet shop kerap kali mendapati kejadian di mana mau tidak mau harus mencari karyawan baru di pertengahan bulan.

Dalam kasus ini, kamu wajib menghitung gaji menurut waktu tertentu, tepatnya yakni prorata.


6. Mengetahui cara menghitung gaji berdasarkan golongan

Dalam suatu bisnis apapun, tanpa terkecuali bisnis pet shop, pastilah ada penggolongan karyawan entah menurut status tetap atau tidaknya, atau menurut jam kerjanya apakah harian atau tidak. 

Mengetahui hal tersebut, kamu wajib paham betul masing-masing status tenaga kerja bisnismu apakah mereka karyawan tetap, paruh waktu, tidak tetap, kontrak dan lain sebagainya.

Setelah mengetahui hal tersebut, kamu pun wajib memahami pula apakah mereka karyawan paruh waktu, penuh waktu, dan lain sebagainya.

Nah, setelah memahami status ini, kamu bisa mengaplikasikan rumus perhitungan gaji untuk masing-masing.


7. Negosiasi dengan kandidat tenaga kerja

Kamu sebagai pemilik bisnis pet shop wajib terbuka soal negosiasi gaji atau upah dengan karyawan baru, lama, hingga kandidat yang sedang kamu wawancara.

Dengan demikian, baik karyawan dan pemilik bisnis pet shop bisa saling menguntungkan satu sama lain.


Sudah Paham Cara Menentukan Gaji Karyawan Bisnis Pet Shop?

Itulah beberapa cara menentukan gaji karyawan untuk bisnis pet shop yang sedang kamu rintis. 

Coba saja cara-cara tersebut satu per satu dan lakukan evaluasi pada keuangan bisnismu.

Jika keuangannya tidak sehat, maka dapat dipastikan bahwa gaji karyawan yang kamu patok terlampau tinggi, dan kamu mungkin perlu melakukan restrukturisasi terhadap bagian finansial dan operasional dari bisnismu.

Semoga bermanfaat!

. . .

Kalau kamu termasuk salah satu pelaku usaha kecil, online sellers, atau freelancers, KoinWorks punya satu solusi nih untuk semua kebutuhan keuangan kamu.

Mulai dari transfer antar bank tanpa biaya admin, pembuatan invoice & laporan keuangan, hingga ke akses yang fleksibel untuk mendapatkan pinjaman– semua ini khusus untuk mendukung usaha & bisnis kamu, dan bisa kamu dapatkan di KoinWorks NEO.

Yuk, cari tahu lebih banyak tentang KoinWorks NEO di sini!

[E-Book GRATIS] Dapatkan konten ekslusif seputar strategi bisnis di sini
DAFTAR SEKARANG!
Pilih E-book untuk kamu download.
Dalam Ebook ini mengulas:Cara mudah untuk pebisnis melakukan iklan Google Display Network berupa banner atau visual yang ampuh untuk meningkatkan penjualan.
Dalam Ebook ini mengulas:Membantu pebisnis mengetahui lebih banyak tentang performa promosi yang dilakukan di dunia digital terutamanya platform Facebook untuk menentukan audiens.
Dalam Ebook ini mengulas:Penggunaan Business Metrics/KPI yang tepat untuk melacak sejauh mana bisnis kita sudah berjalan dan seberapa banyak target dari usaha kita yang sudah tercapai.
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.
Ketahui 7 Cara Menentukan Gaji Karyawan Pet Shop

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​