Home » Strategi-bisnis » 5 Kisah Sukses para Profesional di Bisnis Rental Mobil

5 Kisah Sukses para Profesional di Bisnis Rental Mobil

5 Kisah Sukses para Profesional di Bisnis Rental Mobil

Apa saja pelajaran & wawasan yang bisa kamu ambil dari kisah sukses para pemilik bisnis rental mobil di Indonesia?

Memiliki bisnis jasa rental artinya kamu harus siap dalam segala kemungkinan, baik itu kemungkinan baik maupun kemungkinan buruk.

Untuk menghindari segala hal yang tidak diinginkan, inilah beberapa contoh pelajaran dari para profesional yang telah sukses memulai bisnis rental mobil.


5 Pelajaran dari Kesuksesan para Profesional Bisnis Rental Mobil

Bisnis rental mobil adalah bisnis yang menguntungkan, jika kamu lakukan secara disiplin dan optimal.

Namun, bisnis yang satu ini memiliki kompetitor yang cukup banyak. Maka dari itu, kamu perlu memperhatikan 5 hal berikut ini, agar bisnis rental mobil milikmu tidak terhempas oleh ombak pesaing-pesaing baru.

Silakan disimak!


1. Selalu siapkan kelengkapan administrasi

Andik Setyo Handoko, pemilik usaha Andik Car Rental, mengatakan bahwa pelajaran pertama yang harus kamu ikuti adalah melengkapi perlengkapan administrasi, baik pada mobil maupun pada bisnis itu sendiri.

Perlengkapan administrasi meliputi nota rental dan surat perjanjian antara penyewa dan pemilik mobil.

Hal-hal yang perlu kamu cantumkan untuk membuat surat perjanjian yang benar adalah dengan menuliskan atau menyebutkan hal-hal berikut:

  • Identitas pemilik bisnis. Informasi ini meliputi nama, nomor KTP, alamat sesuai KTP dan alamat rumah sekarang (jika tidak sesuai dengan alamat KTP), serta nomor HP.
  • Identitas konsumen/penyewa mobil
  • Tanggal mulai sewa. Deskripsikan secara jelas kesepakatan sewa yang semua pihak setujui. Mulai dari hari, tanggal, dan waktu sewa, hingga hari, tanggal, dan waktu pengembalian.
  • Detail mobil. Informasi ini meliputi merek, tipe, warna, dan nomor polisi pada mobil yang bisnismu sewakan. Jika perlu, kamu juga dapat menuliskan kekurangan dan cacat ringan pada mobil, seperti goresan pada cat luar dan sebagainya.
  • Tanda tangan. Bubuhkan tanda tangan penyewa dan pemilik bisnis pada surat perjanjian tersebut dengan meterai Rp10.000,00 yang berlaku.

Selain surat perjanjian, kamu juga perlu membuat sebuah nota rental. Pada nota rental, pastikan kamu membubuhkan hal-hal berikut:

  • Identitas bisnis (logo, nama, alamat, nomor telepon, dan website)
  • Nama & alamat penyewa
  • Tujuan & durasi sewa
  • Jenis & model kendaraan
  • Tanggal berangkat
  • Rincian & total biaya sewa
  • Kondisi mesin & BBM mobil
  • Kebersihan eksterior & interior mobil
  • Audio
  • Perlengkapan tambahan
  • Kondisi ban serep
  • Tanda tangan dan stempel resmi usaha

2. Lakukan analisis & hitung profit bisnis

Pelajaran kedua dari profesional yang perlu kamu terapkan pada bisnis rental mobil adalah menetapkan harga sewa.

Menetapkan harga sewa mobil tentunya sangat berpengaruh terhadap beberapa hal, seperti lokasi bisnis dan harga pasaran yang ada di wilayah sekitar bisnismu.

Setelah mengenal, menganalisis, dan mengetahui kisaran harga pasaran, kamu dapat melakukan perhitungan.

Contoh kasus perhitungan keuntungan yang disarankan oleh Ilvico Sonata, founder dari Griya Mobil, adalah jika sewa mobil ke Bandung seharga Rp1.000.000,00 per hari. Dengan tambahan lain, seperti penyewa akan mendapat layanan supir pribadi.

Berarti, perhitungan keuntungan yang bisa kamu lakukan adalah 25% untuk gaji supir, 40% biaya operasional mobil, dan 35% keuntungan.

Dari komposisi perhitungan di atas, dapat kamu lihat, bahwa rincian perhitungan yang kamu dapatkan, adalah:

  • Gaji supir adalah Rp250.000,00 per hari.
  • Untuk biaya operasional, seperti mengisi bensin sekitar Rp400.000,00 per hari.
  • Maka dari itu, keuntungan yang kamu dapat hanya sekitar Rp350.000,00 per hari. Namun, pada 35% keuntungan tersebut, kamu perlu menginvestasikan 10-15% pada biaya maintenance kendaraan, yaitu sekitar Rp100.000,00 sampai Rp150.000,00.

3. Usahakan beli mobil secara tunai

Andik Setyo Handoko menganjurkan untuk membeli mobil secara cash atau sudah lunas.

Hal ini untuk menghindari kerugian yang lebih banyak jika nantinya bisnis kamu tidak berjalan sesuai rencana, khususnya untuk para pemilik bisnis yang baru merintis bisnis rental mobil.

Biasanya, para pemilik bisnis baru cenderung impulsif dalam membeli mobil secara kredit, padahal belum memiliki pasar bisnis yang memadai.


4. Pasang alat pelacak

Pelajaran dari para profesional terkait bisnis rental mobil selanjutnya adalah jangan lupa untuk memasang alat pelacak pada setiap mobil yang kamu sewakan.

Alat pelacak ini penting untuk memantau posisi mobil secara real-time, sekaligus meminimalisir tingkat pencurian yang mungkin saja terjadi dalam bisnis rental.

Saran dari Andik Setyo Handoko, jangan memasang alat pelacak hanya satu pada setiap mobil.

Usahakan memasang minimal 2 buah alat berbeda, atau bisa juga sebanyak-banyaknya. Kamu dapat memasang alat pelacak di bengkel-bengkel profesional dan berkualitas di kotamu.


5. Buat website bisnis

Salah satu strategi marketing yang paling baik adalah dengan membuat website bisnis sendiri.

Membuat website, selain menambah kesan elegan dan profesionalitas dari sebuah bisnis, juga dapat memaksimalkan brand awareness.

Jika kamu belum mengerti cara membuat website, kamu dapat menyewa jasa pembuatan website dengan harga yang sesuai dengan modal bisnismu. Biasanya harga jasa ini adalah sekitar Rp1.500.000,00 sampai Rp2.500.000,00.


Pentingnya Mempelajari Kisah Sukses Para Pemilik Bisnis Rental Mobil

Itulah beberapa pelajaran dan wawasan yang bisa kamu contoh, serta terapkan, pada bisnis rental mobil yang sedang kamu rintis.

Mulai dari mempersiapkan kelengkapan administrasi, melakukan perhitungan harga sewa dan perkiraan pendapatan dengan cermat, membeli mobil secara tunai, menggunakan alat pelacak berbasis GPS, serta membuat website bisnis untuk kepentingan pemasaran & branding.

Semoga bermanfaat!

. . .

Kalau kamu termasuk salah satu pelaku usaha kecil, online sellers, atau freelancers, KoinWorks punya satu solusi nih untuk semua kebutuhan keuangan kamu.

Mulai dari transfer antar bank tanpa biaya admin, pembuatan invoice & laporan keuangan, hingga ke akses yang fleksibel untuk mendapatkan pinjaman– semua ini khusus untuk mendukung usaha & bisnis kamu, dan bisa kamu dapatkan di KoinWorks NEO.

Yuk, cari tahu lebih banyak tentang KoinWorks NEO di sini!

[E-Book GRATIS] Dapatkan konten ekslusif seputar strategi bisnis di sini
DAFTAR SEKARANG!
Pilih E-book untuk kamu download.
Dalam Ebook ini mengulas:Cara mudah untuk pebisnis melakukan iklan Google Display Network berupa banner atau visual yang ampuh untuk meningkatkan penjualan.
Dalam Ebook ini mengulas:Membantu pebisnis mengetahui lebih banyak tentang performa promosi yang dilakukan di dunia digital terutamanya platform Facebook untuk menentukan audiens.
Dalam Ebook ini mengulas:Penggunaan Business Metrics/KPI yang tepat untuk melacak sejauh mana bisnis kita sudah berjalan dan seberapa banyak target dari usaha kita yang sudah tercapai.
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.
5 Kisah Sukses para Profesional di Bisnis Rental Mobil

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​