Home » Strategi-bisnis » Wajib Tahu! Ini 6 Kunci Sukses Bisnis Rental Mobil

Wajib Tahu! Ini 6 Kunci Sukses Bisnis Rental Mobil

Wajib Tahu! Ini 6 Kunci Sukses Bisnis Rental Mobil

Apa saja rahasia dan kunci sukses yang bisa kamu terapkan pada bisnis rental mobil milikmu?

Selain sebagai alat transportasi, bagi kamu yang memiliki mobil, maka hal itu juga bisa kamu jadikan sebagai salah satu alat bisnis.

Salah satunya adalah dengan menyediakan jasa rental mobil. Kiat dan kunci sukses bisnis rental mobil pun bisa kamu pelajari dengan mudah.


6 Kunci Sukses Bisnis Rental Mobil

Setidaknya ada 6 hal yang perlu kamu lakukan jika tertarik dengan bisnis rental mobil.

Tidak hanya masalah promosi & pemasaran, namun kamu juga perlu memperhatikan masalah kualitas dan kenyamanan kendaraan yang ditawarkan.

Nah, berikut adalah beberapa kunci sukses dalam bisnis rental mobil yang perlu kamu ketahui.

Silakan disimak!


1. Rajin melakukan perawatan mobil

Satu hal penting yang perlu kamu perhatikan jika ingin bisnis rental mobil kamu sukses adalah dengan rajin melakukan perawatan mobil.

Hal ini tentu akan berkaitan dengan kenyamanan kendaraan yang kamu tawarkan.

Untuk masalah perawatan ini, setidaknya ada dua hal penting yang perlu kamu lakukan.

Pertama, tentu saja dengan rajin melakukan pemeriksaan ke bengkel. Hal ini bertujuan untuk melihat kondisi komponen yang ada di dalam mobil.

Kedua adalah melakukan perawatan yang bisa kamu lakukan sendiri. Misalnya, kamu perlu rajin memeriksa kondisi oli, air radiator, kondisi aki, ban, dan lainnya.

Hal ini untuk memastikan mobil nyaman ketika sedang kamu sewakan pada orang lain.


2. Memilih lokasi bisnis yang tepat

Kunci sukses bisnis rental mobil berikutnya berhubungan dengan masalah lokasi bisnis kamu nantinya.

Salah satu lokasi terbaik untuk membuka usaha rental mobil adalah jika wilayah kamu dekat dengan tempat wisata.

Selain itu, pilihan tempat lainnya untuk membuka usaha rental mobil adalah di tengah atau pusat kota. Pilihan ini bisa kamu lakukan karena lokasi usaha kamu akan berdekatan dengan banyak tempat strategis.


3. Menentukan target konsumen

Kunci sukses bisnis sewa mobil lainnya adalah dengan menentukan target konsumen yang akan kamu jangkau.

Hal ini akan berkaitan dengan lokasi, dan juga pengetahuan kamu tentang sebuah wilayah.

Misalkan, jika lokasi bisnismu dekat dengan banyak lokasi wisata, dan kamu juga tahu banyak tempat wisata menarik, maka, target konsumen yang cocok tentu saja adalah wisatawan. Kamu juga bisa sekaligus menjadi tour guide.

Namun, jika lokasi bisnis kamu berada di pusat kota, mungkin target konsumen kamu bisa saja para pelaku bisnis yang membutuhkan kendaraan.

Dalam beberapa kasus, pemilik bisnis rental mobil biasanya mengambil semua calon konsumen yang ingin menggunakan jasa mereka.


4. Fleksibilitas

Hal lainnya yang juga cukup penting untuk kamu perhatikan sebagai salah satu kunci sukses bisnis rental mobil adalah masalah fleksibilitas.

Masalah ini juga berkaitan dengan banyak hal.

Misalnya, beberapa konsumen membutuhkan rental mobil sekaligus dengan pengemudinya. Namun, beberapa konsumen lain mungkin hanya membutuhkan mobilnya saja.

Sebagai pemilik bisnis rental mobil, tentunya kamu juga perlu menyiapkan dua kemungkinan tersebut.

Fleksibilitas lainnya yang juga mungkin kamu perlukan adalah masalah tempat tujuan.

Biasanya ini akan berlaku jika kamu menyewakan mobil untuk kebutuhan wisata. Beberapa konsumen mungkin belum memiliki rencana perjalanan yang pasti, sehingga bisa saja tujuan mereka berubah dalam perjalanan.


5. Networking

Kunci sukses lainnya yang juga perlu kamu lakukan jika ingin sukses di bisnis rental mobil adalah membangun relasi dan jaringan yang kuat.

Dengan membangun relasi, maka kamu juga melakukan promosi untuk bisnismu.

Membangun relasi ini juga bisa kamu lakukan dengan beberapa cara, misalnya menjalin komunikasi yang baik dengan konsumen sebelumnya.

Cara ini bisa kamu lakukan agar nantinya konsumen tersebut merekomendasikan usaha kamu ke orang lain.

Cara lain untuk membangun relasi ini contohnya adalah dengan pihak hotel. Nantinya, pihak hotel bisa merekomendasikan usaha kamu jika ada wisatawan yang membutuhkan rental mobil.


6. Pelayanan yang prima

Usaha rental mobil merupakan bisnis di bidang jasa yang mau tidak mau akan ditentukan juga oleh masalah pelayanan.

Dalam hal ini, tentunya kunci sukses bisnis rental mobil yang perlu kamu lakukan adalah memberikan pelayanan yang prima.

Kamu bisa memulainya dengan memberikan harga yang cukup bersahabat. Setidaknya, kamu bisa memberi harga dengan range yang tidak terlalu jauh dengan harga pasaran.

Saat ini, harga pasaran rental mobil ada di kisaran Rp500.000,00 – Rp3.000.000,00. Harga tersebut biasanya sudah lengkap dengan driver dan bensin.

Masalah pelayanan lain yang juga perlu kamu perhatikan adalah kondisi mobil dan pengemudi. Pastikan mobil berada dalam kondisi baik, agar tidak menimbulkan masalah ketika konsumen gunakan.

Selain itu, pastikan juga pengemudi mengetahui rute terbaik selama perjalanan.

Masalah pelayanan ini juga bisa menjadi salah satu cara mudah untuk melakukan promosi. Tidak bisa kamu pungkiri, jika bisnis rental mobil ini bisa tumbuh, salah satunya dengan rekomendasi positif antar pengguna sebelumnya.


Siap Menjalankan Kunci Sukses untuk Bisnis Rental Mobil?

Karena cukup menjanjikannya bisnis ini, maka tidak heran jika ada banyak orang yang melakukannya sebagai bisnis sampingan.

Selama kamu bisa mengendarai mobil dan hafal banyak tempat, maka usaha ini bisa kamu lakukan. Dengan melakukan kunci sukses bisnis rental mobil di atas, maka usaha kamu akan cepat berkembang.

Semoga bermanfaat!

. . .

Kalau kamu termasuk salah satu pelaku usaha kecil, online sellers, atau freelancers, KoinWorks punya satu solusi nih untuk semua kebutuhan keuangan kamu.

Mulai dari transfer antar bank tanpa biaya admin, pembuatan invoice & laporan keuangan, hingga ke akses yang fleksibel untuk mendapatkan pinjaman– semua ini khusus untuk mendukung usaha & bisnis kamu, dan bisa kamu dapatkan di KoinWorks NEO.

Yuk, cari tahu lebih banyak tentang KoinWorks NEO di sini!

[E-Book GRATIS] Dapatkan konten ekslusif seputar strategi bisnis di sini
DAFTAR SEKARANG!
Pilih E-book untuk kamu download.
Dalam Ebook ini mengulas:Cara mudah untuk pebisnis melakukan iklan Google Display Network berupa banner atau visual yang ampuh untuk meningkatkan penjualan.
Dalam Ebook ini mengulas:Membantu pebisnis mengetahui lebih banyak tentang performa promosi yang dilakukan di dunia digital terutamanya platform Facebook untuk menentukan audiens.
Dalam Ebook ini mengulas:Penggunaan Business Metrics/KPI yang tepat untuk melacak sejauh mana bisnis kita sudah berjalan dan seberapa banyak target dari usaha kita yang sudah tercapai.
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.
Wajib Tahu! Ini 6 Kunci Sukses Bisnis Rental Mobil

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​