Home » Strategi-bisnis » 4 Hal yang Harus Dipelajari Pemilik Bisnis Rental Mobil

4 Hal yang Harus Dipelajari Pemilik Bisnis Rental Mobil

4 Hal yang Harus Dipelajari Pemilik Bisnis Rental Mobil

Hal-hal apa yang harus terus dipelajari oleh seorang pemilik bisnis rental mobil?

Bisnis rental mobil menjadi salah satu sektor bisnis transportasi yang cukup menjanjikan.

Jika ingin bisnis tersebut tetap menguntungkan, sebagai seorang pemilik bisnis rental mobil, ada hal-hal penting yang harus terus kamu pelajari.

Untuk informasi selanjutnya, simak artikel berikut ini!


4 Hal yang Harus Dipelajari Pemilik Bisnis Rental Mobil

Meskipun mungkin kamu sudah cukup lama menjalankan bisnis rental mobil, bukan berarti kamu tidak perlu belajar lagi tentang bagaimana mengelola bisnis rental mobil yang tepat.

Sebaliknya, jika ingin terus mendapatkan pemasukan dan keuntungan di tengah ketatnya persaingan bisnis yang serupa, kamu harus terus mempelajari 4 hal penting berikut ini.

Yuk, disimak!


1. Inovasi

Setiap jenis bisnis membutuhkan inovasi untuk bisa tetap mengikuti perkembangan tren pasar.

Hal ini juga perlu pemilik bisnis pelajari saat menjalankan bisnis rental mobil.

Inovasi bisa kamu hadirkan pada layanan rental mobil milikmu. Misalnya, para penyewa bisa menanyakan ketersediaan mobil melalui layanan chat WhatsApp sehingga bisa menghemat waktu.

Kamu juga bisa memanfaatkan website untuk memberikan informasi mengenai jenis mobil apa yang tersedia, lengkap dengan harga sewanya.

Layanan rental mobil tersebut juga bisa konsumen gunakan oleh untuk melakukan booking. Namun, untuk proses administrasi peminjaman sebaiknya tidak kamu lakukan secara online.

Artinya, aplikasi layanan rental mobil tersebut hanya bisa konsumen gunakan untuk menanyakan ketersediaan mobil, sekaligus pemesanan saja.

Dalam proses penyewaan, kamu harus berhati-hati agar terhindar dari kasus penggelapan mobil.

Sebagai solusinya, berikut hal-hal yang perlu kamu terapkan ketika proses penyewaan mobil:

  • Membuat surat kesepakatan antara kamu dengan konsumen, atau penyewa mobil.
  • Konsumen atau penyewa harus memberikan jaminan berupa KTP asli.
  • Konsumen atau penyewa harus mengisi formulir tentang data diri lengkap dengan nomor yang bisa kamu hubungi.
  • Jangan lupa memasang GPS atau alat tracking, untuk memantau mobil dari jarak jauh.

2. Tren pasar

Selain inovasi pada layanan, kamu juga bisa menghadirkan inovasi pada jenis-jenis mobil yang kamu sewakan.

Jika melihat tren pasar saat ini, sudah ada beberapa rental mobil yang menyewakan jenis mobil mewah, salah satunya adalah Bali Travel Shop milik Yoko Suryanto.

Sebelum menyewakan mobil mewah, Bali Travel Shop lebih dulu menyewakan jenis mobil biasa dan klasik, seperti rental mobil pada umumnya.

Seiring berjalannya waktu, ternyata tren pasar di daerah Bali kebanyakan memilih untuk menyewa jenis mobil mewah.

Pergeseran tren pasar ini kemudian mereka manfaatkan untuk melakukan inovasi yang baru dan unik. Mobil mewah yang mereka sediakan antara lain Mini Cooper, Toyota Alphard, Porsche Boxster, dan Lamborghini Gallardo.

Tidak hanya bisa konsumen gunakan untuk bepergian, mobil mewah tersebut juga mereka sewakan untuk kebutuhan shooting film.

Bahkan, acara-acara penting seperti rangkaian KTT G20 pun juga menggunakan rental mobil mewah sebagai moda transportasi untuk tamu-tamu negara dan VIP.

Mobil mewah yang paling banyak konsumen gunakan adalah Mercedes-Benz dan Toyota Alphard.

Nah, inovasi unik berdasarkan tren pasar tersebut bisa kamu jadikan sebagai inspirasi untuk mengelola bisnis rental mobil milikmu secara tepat.


3. Kualitas mobil

Kepuasan konsumen adalah hal utama yang harus kamu dapatkan, dan harus terus kamu pelajari cara mendapatkannya.

Maka dari itu, hindari menyewakan mobil-mobil tua dan rawan masalah, yang berpotensi menyulitkan konsumen jika mereka gunakan untuk jarak yang cukup jauh.

Supaya memastikan kondisi mobil dalam keadaan baik, kamu harus rutin melakukan perawatan, perbaikan atau pemeriksaan mobil secara berkala.

Selain keadaan mesin, pastikan juga spare part mobil lainnya dalam kondisi bagus dan terawat.

Untuk memudahkan inspeksi dan perbaikan seperti ini, kamu perlu bantuan tenaga kerja yang memang ahli di bidangnya.

Namun, jika kamu tidak memiliki montir mobil, kamu bisa melakukan servis mobil-mobil tersebut di bengkel yang sudah kamu percayakan.

Jangan lupa juga untuk menjaga kebersihan mobil di bagian dalam maupun bagian luar, karena hal ini juga akan menjadi pertimbangan konsumen dalam menyewa mobil-mobil milikmu.


4. Marketing

Hal terakhir yang harus terus kamu pelajari sebagai pemilik bisnis saat menjalankan bisnis rental mobil adalah kegiatan pemasaran atau marketing.

Kegiatan ini akan memberikan dampak pada pendapatan bisnis rental mobil milikmu nantinya.

Tidak hanya bisa meningkatkan omzet & keuntungan, kegiatan marketing juga bisa membantu memperluas target pasar bisnismu.

Kegiatan marketing bisa kamu lakukan melalui website, Google Business Profile, hingga platform media sosial, seperti Twitter, Facebook, TikTok, dan Instagram.

Jangan lupa untuk menggunakan fitur Ads supaya kegiatan promosi rental mobil milikmu lebih efektif, ya.

Supaya konten pemasaran kamu menarik, jangan lupa untuk mengemasnya dengan kualitas gambar yang bagus, kreatif, dan informatif.

Misalnya, mengunggah video marketing di Instagram Reels yang mengusung tema “tips memilih mobil sewa yang benar”. Jangan lupa untuk melengkapi hashtag, supaya target audience-mu lebih luas.


Apa Lagi Hal yang Harus Dipelajari Pemilik Bisnis Rental Mobil?

Itulah beberapa hal mudah yang mungkin terlewat, namun penting untuk kamu terus pelajari perkembangannya.

Pasalnya, hal-hal di atas merupakan beberapa hal yang memang bisa mendukung perkembangan bisnismu. Jika kamu tidak up-to-date, bisa-bisa bisnismu akan tertinggal dalam persaingan dengan bisnis serupa.

Semoga bermanfaat!

. . .

Kalau kamu termasuk salah satu pelaku usaha kecil, online sellers, atau freelancers, KoinWorks punya satu solusi nih untuk semua kebutuhan keuangan kamu.

Mulai dari transfer antar bank tanpa biaya admin, pembuatan invoice & laporan keuangan, hingga ke akses yang fleksibel untuk mendapatkan pinjaman– semua ini khusus untuk mendukung usaha & bisnis kamu, dan bisa kamu dapatkan di KoinWorks NEO.

Yuk, cari tahu lebih banyak tentang KoinWorks NEO di sini!

[E-Book GRATIS] Dapatkan konten ekslusif seputar strategi bisnis di sini
DAFTAR SEKARANG!
Pilih E-book untuk kamu download.
Dalam Ebook ini mengulas:Cara mudah untuk pebisnis melakukan iklan Google Display Network berupa banner atau visual yang ampuh untuk meningkatkan penjualan.
Dalam Ebook ini mengulas:Membantu pebisnis mengetahui lebih banyak tentang performa promosi yang dilakukan di dunia digital terutamanya platform Facebook untuk menentukan audiens.
Dalam Ebook ini mengulas:Penggunaan Business Metrics/KPI yang tepat untuk melacak sejauh mana bisnis kita sudah berjalan dan seberapa banyak target dari usaha kita yang sudah tercapai.
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.
4 Hal yang Harus Dipelajari Pemilik Bisnis Rental Mobil

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​