Home » Strategi-bisnis » Kunci Sukses dalam Bisnis Roti yang Jarang Orang Tahu

Kunci Sukses dalam Bisnis Roti yang Jarang Orang Tahu

Inilah Kunci Sukses dalam Bisnis Roti yang Jarang Orang Tahu

Mengetahui rahasia kunci sukses dalam bisnis roti akan membantumu mendulang lebih banyak keuntungan. Maka dari itu, ketahui rahasia di balik kesuksesan dalam mengelola bisnis tersebut agar kamu bisa mendapatkan keuntungan yang lebih besar.

Meningkatnya minat masyarakat di tanah air terhadap roti, membuat usaha ini menjadi lebih menjanjikan. Namun, semakin menjanjikan suatu usaha, semakin tinggi juga tingkat kompetisinya.

Kunci Sukses dalam Bisnis Roti yang Harus Diketahui

Agar usaha kamu tetap unggul dari kompetitor, berikut sudah kami rangkum beberapa rahasia dan tips sukses dalam menjalankannya.

Memilih Tempat yang Strategis untuk Usaha

Baik toko maupun pabrik roti rumahan, pastikan tempatnya strategis dan mudah dijangkau. Penjualan dan pemasaran roti kamu akan lebih mudah jika tempat produksi atau berjualan kamu mudah dijangkau customer.

Memanfaatkan Tempat dan Alat Seadanya

Bagi yang baru memulai, kamu bisa memanfaatkan dapur dan peralatan di rumah untuk proses produksi. Hal ini juga menjadi salah satu kunci sukses dalam bisnis roti karena membantu mengelola keuangan secara bijak,

Dengan menggunakan dapur di rumah sebagai tempat produksi, kamu tidak perlu mengeluarkan uang sewa tempat. Selain itu, kamu juga tidak perlu membeli barang-barang baru, karena barang di rumah bisa digunakan untuk memproduksinya.

Mempelajari Strategi Pemasaran

Kamu harus mempersiapkan strategi pemasaran secara matang. Hal ini wajib diperhatikan agar kamu bisa mengenalkan produk secara optimal kepada customer.

Pertama-tama, tentukan terlebih dahulu target pasar kamu. Setelah itu kemudian kamu hitung anggaran, buat branding yang menarik lalu tentukan titik-titik pemasaran produk yang akan kamu lakukan.  

Mengikuti Perkembangan Tren Usaha Agar Mudah Berinovasi

Setiap bisnis harus berkembang agar bisa memenuhi kebutuhan dan permintaan pasar. Salah  satu caranya yaitu dengan berinovasi. Contohnya seperti inovasi pada produk yang kamu jual, promosi, dan lain-lain.

Kunci sukses agar kamu bisa berinovasi dari berbagai aspek usaha yaitu dengan mengikuti trend usaha yang sedang berkembang saat ini. Sebut saja salah satunya seperti proses delivery order ke tempat customer yang menjadi layanan unggulan setiap usaha saat ini.

Memasarkan Produk di Marketplace

Saat ini marketplace merupakan platform yang bisa dimanfaatkan oleh para pelaku usaha untuk memasarkan produknya. Platform tersebut saat ini sudah dibanjiri juga oleh pebisnis yang bergelut di bidang kuliner seperti roti.

Pengguna marketplace di Indonesia juga sudah tergolong banyak. Itulah yang menjadi salah satu alasan kenapa platform ini bisa menjadi media pemasaran produk yang cocok untuk usaha yang kamu geluti saat ini.

Beberapa marketplace yang bisa kamu gunakan di antaranya seperti Tokopedia, Shopee dan Bukalapak. Kamu juga bisa memilih semua marketplace sekaligus, hanya saja pasti memerlukan pengelolaan yang menyita banyak waktu.

Promosikan Produk di Media Sosial

Saat ini ada dua pilihan metode berpromosi di media sosial, yaitu metode promosi gratis dan berbayar.

Untuk yang ingin memilih metode promosi gratisan, kamu bisa memanfaatkan beberapa fitur yang tersedia. Adapun fitur-fiturnya seperti postingan di beranda, fitur direct message, hingga story.

Namun, jika kamu ingin memilih metode yang lebih profesional, sebaiknya gunakan fitur promosi berbayar. Metode promosi berbayar menyediakan lebih banyak fitur yang bisa memudahkan kamu untuk menjangkau lebih banyak customer.

Pilih Jenis Roti yang Banyak Disukai

Survei jenis roti yang banyak disukai oleh masyarakat di tanah air. Tujuannya agar kamu bisa memilih produk yang mudah dipasarkan sehingga potensi penjualannya lebih besar.

Saat ini ada banyak varian jenis roti dan rasa yang banyak disukai. Pilih salah satu atau beberapa di antaranya agar customer bisa memilih varian jenis atau rasa yang mereka sukai.

Rekomendasi Jenis Roti yang Laku di Pasaran

Seperti yang kami paparkan sebelumnya, jenis roti yang kamu pasarkan juga menjadi kunci sukses usaha yang kamu jalankan. Berikut kami paparkan beberapa jenis roti yang paling direkomendasikan karena banyak disukai di pasaran.

Roti Tawar Gandum

Saat ini roti gandum semakin populer di Indonesia. Salah satu alasannya karena varian ini terbuat dari gandum alami yang bagus untuk kesehatan karena kaya akan nutrisi.

Kandungan proteinnya pun lebih tinggi dibandingkan roti biasa. Roti ini juga cocok sebagai alternatif makanan untuk sarapan.

Berbagai Varian Roti Manis

Di Indonesia, jenis roti manis banyak disukai dibandingkan sandwich isi daging atau mayonaise. Baik itu roti yang isinya rasa-rasa tertentu, maupun dengan varian rasa yang langsung dicampur pada roti tersebut, keduanya sama-sama disukai.

Kamu tinggal memilih rasa apa yang ingin digunakan. Ketersediaan rasanya kini lengkap mulai dari coklat, stroberi, keju dan masih banyak lainnya.

Varian Roti Tawar Standar

Selain roti tawar gandum, varian roti tawar standar juga masih banyak disukai. Bahkan produk ini bisa menjadi pilihan alternatif dari roti yang terbuat dari bahan gandum, karena roti gandum tergolong lebih mahal.

Roti tawar juga tergolong murah sehingga tidak sulit untuk dipasarkan. Varian ini bisa menjadi salah satu produk unggulanmu karena termasuk salah satu produk yang paling populer.

Itulah beberapa kunci sukses dalam bisnis roti yang perlu kamu perhatikan. Mulailah aplikasikan tips di atas dari yang paling mudah, dan lakukan secara konsisten agar bisnis kamu bisa berkembang serta mendapatkan untung yang lebih besar.


Untuk para pelaku usaha kecil dan menengah, online sellers, dan freelancers. Kamu bisa lihat artikel lainnya di KoinWorks untuk dapatkan insight positif bagaimana cara berbisnis!

Nikmati kemudahan transaksi bisnis dan keuangan kamu dalam satu aplikasi hanya di KoinWorks NEO!

[E-Book GRATIS] Dapatkan konten ekslusif seputar strategi bisnis di sini
DAFTAR SEKARANG!
Pilih E-book untuk kamu download.
Dalam Ebook ini mengulas:Cara mudah untuk pebisnis melakukan iklan Google Display Network berupa banner atau visual yang ampuh untuk meningkatkan penjualan.
Dalam Ebook ini mengulas:Membantu pebisnis mengetahui lebih banyak tentang performa promosi yang dilakukan di dunia digital terutamanya platform Facebook untuk menentukan audiens.
Dalam Ebook ini mengulas:Penggunaan Business Metrics/KPI yang tepat untuk melacak sejauh mana bisnis kita sudah berjalan dan seberapa banyak target dari usaha kita yang sudah tercapai.
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.
Kunci Sukses dalam Bisnis Roti yang Jarang Orang Tahu

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​