Home » Strategi-bisnis » 5 Cara Melakukan Riset Selera Konsumen untuk Bisnis Sepatu Anak

5 Cara Melakukan Riset Selera Konsumen untuk Bisnis Sepatu Anak

5 Cara Melakukan Riset Selera Konsumen untuk Bisnis Sepatu Anak

Produk sepatu anak memiliki target pasar yang jelas dan ini mempermudah kamu dalam melakukan riset untuk memahami selera konsumen. Memang sudah seharusnya seorang pebisnis paham bagaimana cara melakukan riset selera konsumen yang efektif dan tepat sasaran. Ini akan membantu kamu untuk menemukan strategi bisnis yang jauh lebih terarah sekaligus menguntungkan.

Cara Melakukan Riset Selera Konsumen

Sebenarnya untuk jenis bisnis produk sepatu ini, kamu tidak hanya harus fokus pada anak yang memakai sepatu tapi juga orang tuanya. Bagaimanapun juga orang tua punya peran dalam proses pemilihan dan pembelian produk tersebut. Langsung saja, berikut adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menyelesaikan riset selera konsumen:

Browsing di Internet

Hal pertama yang dapat kamu lakukan adalah browsing di internet. Ini merupakan cara termudah dalam proses riset pasar atau target konsumen. Kamu tidak perlu mengeluarkan modal apapun, cukup mengandalkan koneksi internet yang lancar. 

Gunakan kata kunci pencarian yang relevan sesuai dengan tipe produk yang akan kamu jual ke pasaran supaya hasil pencariannya bisa akurat. Saat melakukan pencarian ini, kamu akan menemukan begitu banyak informasi. 

Dari sini kamu bisa lihat produk sepatu anak seperti apa saja yang saat ini beredar di pasaran. Kamu juga bisa tahu brand sepatu anak mana saja yang kini berkembang dan banyak diminati. Semua ini bisa jadi data penting dalam proses riset selera konsumen yang sedang kamu jalankan. 

Lakukan Survei

Langkah berikutnya coba lakukan survei untuk mengetahui seperti apa kondisi pasar secara akurat. Survei ini bisa kamu lakukan jika sudah merasa cukup siap untuk mengumpulkan data dari konsumen. 

Melalui survei, kamu bisa langsung melihat seperti apa pendapat atau penilaian konsumen terhadap produk sepatu yang beredar di pasaran saat ini. 

Kamu juga langsung tahu mayoritas produk sepatu apa yang diminati oleh mereka. Bagaimana caranya melakukan survei? Kamu bisa melakukannya secara konvensional dengan membagikan kuesioner. 

Namun cara ini dirasa terlalu jadul dan kurang efektif. Sekarang kamu bisa melakukan survei dengan mengandalkan fitur di media sosial. Prosesnya jauh lebih cepat, mudah, dan tentu saja jangkauannya juga lebih luas. 

Ikuti Perkembangan Pasar

Cara melakukan riset selera konsumen berikutnya adalah dengan mengikuti perkembangan pasar. Sebagai seorang pebisnis, perkembangan kondisi pasar memang harus diamati dan diikuti dengan baik. Coba kamu lihat seperti apa kondisi pasar khusus untuk produk sepatu anak saat ini. 

Perhatikan tipe produk yang paling laris manis di pasaran dan apa jenis produk yang ternyata kurang disukai. Tak perlu langsung terjun ke pasar atau pusat perbelanjaan konvensional, kamu bisa melakukan pengamatan perkembangan pasar lewat media digital. 

Coba masuk ke marketplace tertentu lalu lihat seperti apa produk sepatu anak yang banyak dijual saat ini. Amati mana brand yang paling laris dan bagaimana ulasan dari para konsumen terhadap produk-produk tersebut. 

Lihat Persaingan Pasar

Seorang pebisnis juga harus pandai melihat dan menilai persaingan pasar yang terjadi di hadapannya. Ini dilakukan supaya lebih mudah untuk menghadapi persaingan tersebut. Cari tahu siapa saja kompetitornya dan dimana letak kekuatan mereka. 

Ini akan menjadi referensi yang memadai bagi kamu saat harus membangun brand awareness dan keunikan yang jauh lebih valuable. Sama seperti sebelumnya, kamu bisa mengandalkan metode konvensional maupun memanfaatkan platform digital. 

Nantinya kamu akan memahami seberapa ketat persaingan yang terjadi di bidang bisnis sepatu anak. Jadi, kamu bisa tahu strategi apa yang bisa dijalankan supaya menang dalam persaingan tersebut.

Lakukan Uji Coba

Jangan ragu dan malas untuk melakukan uji coba. Kamu tidak akan bisa mengenali kondisi pasar dengan baik jika tidak melakukan uji coba secara langsung. Misalnya saja dengan membagikan sampel produk gratis kepada masyarakat. Mintalah mereka untuk memberikan komentar terhadap sampel tersebut. Ini akan menjadi cara efektif untuk mendapatkan feedback mengenai sebuah produk. 

Namun, perlu dicatat bahwa teknik seperti ini akan membutuhkan modal. Jadi pastikan untuk mengalokasikan modal dengan nominal tertentu agar bisa dijalankan proses uji coba yang efektif. Uji coba ini juga harus dibatasi skalanya agar tidak berlebihan dan menguras lebih banyak biaya. 

Riset Target Konsumenmu Sekarang Juga!

Lakukan riset selera konsumen sekarang juga tanpa menunggu lebih lama. Semakin cepat kamu memahami konsumen dan selera pasar yang ada sekarang maka akan semakin cepat kamu mengeluarkan produk yang tepat. Artinya, semakin mudah juga bagi kamu untuk mendapatkan keuntungan yang besar dari bisnis tersebut. 

Saat ini ada banyak brand sepatu anak yang bersaing di pasar. Kamu harus siap menghadapinya dengan berbagai teknik dan strategi yang sudah direncanakan. Salah satunya adalah dengan melakukan riset selera konsumen berdasarkan cara-cara yang sudah dibahas tadi. 

Cara melakukan riset selera konsumen ini bisa kamu modifikasi sesuai dengan kebutuhan. Jika memang tidak ingin mengeluarkan biaya, maka cobalah untuk menerapkan cara-cara yang kreatif dan tidak butuh biaya apapun. Selama tujuan akhirnya terpenuhi, maka kamu bisa memikirkan strategi riset yang lebih kreatif namun tetap efektif.


Lihat berbagai strategi tepat dan efisien untuk bisnis sepatu anak kamu.

Bank digital khusus UKM pertama di Indonesia hadir untuk bantu segala keperluan bisnis dan keuangan kamu.

Kemudahan berbagai layanan seperti bebas biaya transfer antar bank dan pinjaman modal tanpa agunan untuk bisnismu hanya dengan KoinWorks NEO!

[E-Book GRATIS] Dapatkan konten ekslusif seputar strategi bisnis di sini
DAFTAR SEKARANG!
Pilih E-book untuk kamu download.
Dalam Ebook ini mengulas:Cara mudah untuk pebisnis melakukan iklan Google Display Network berupa banner atau visual yang ampuh untuk meningkatkan penjualan.
Dalam Ebook ini mengulas:Membantu pebisnis mengetahui lebih banyak tentang performa promosi yang dilakukan di dunia digital terutamanya platform Facebook untuk menentukan audiens.
Dalam Ebook ini mengulas:Penggunaan Business Metrics/KPI yang tepat untuk melacak sejauh mana bisnis kita sudah berjalan dan seberapa banyak target dari usaha kita yang sudah tercapai.
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.
5 Cara Melakukan Riset Selera Konsumen untuk Bisnis Sepatu Anak

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​