Home » Strategi Bisnis » 5 Inovasi dan Kreativitas Bisnis Sepatu Anak, Wajib Coba!

5 Inovasi dan Kreativitas Bisnis Sepatu Anak, Wajib Coba!

5 Inovasi dan Kreativitas Bisnis Sepatu Anak, Wajib Coba!

Inovasi dan kreativitas bisnis sepatu anak perlu dilakukan demi keberlangsungan bisnis di tengah ketatnya persaingan antar kompetitor. Selain itu, apa alasan pelaku usaha wajib melakukan inovasi dalam bisnis? Lalu, inovasi dan kreativitas apa yang perlu dilakukan dalam bisnis sepatu anak? Yuk, simak artikel ini!

5 Inovasi dan Kreativitas Bisnis Sepatu Anak yang Bisa Dicoba

Sebagai pemilik bisnis, tentu saja kamu ingin melakukan inovasi yang terbaik demi keberlangsungan brand sepatu anak yang sedang kamu jalankan. Tidak perlu khawatir, berikut ini ada lima inovasi dan kreativitas yang bisa kamu coba:

Memproduksi Variasi Produk

Inovasi dan kreativitas pertama yang bisa kamu lakukan adalah membuat produk sepatu anak yang bervariasi. Misalnya, memberikan keunikan pada desain, warna, dan lainnya.

Kamu juga bisa membuat sepatu anak edisi khusus. Misalnya, berkolaborasi dengan anak artis populer seperti Rafathar dan Gempi. Dengan kolaborasi ini, maka sepatu anak yang kamu jual terkesan spesial dan lebih menarik.

Variasi produk sepatu juga bisa kamu lakukan dengan membuat beberapa jenis sepatu. Misalnya, sepatu sneakers yang cocok dipadukan dengan pakaian kasual, sehingga penampilan anak jadi lebih menarik.

Contohnya, sneakers Dalton series dari Miles&co, atau athletic sneakers sporty seperti milik brand Kuzatura, dan Adidas Yeezy 500 Bone White yang tidak mudah kotor meski berwarna putih.

Inovasi dalam Pelayanan

Selain produk, kamu juga perlu melakukan inovasi dan kreativitas pada pelayanan yang diberikan kepada pelanggan. Pelayanan yang baik dan menarik akan membuat bisnis sepatu milikmu berbeda dengan kompetitor lainnya.

Contoh, selain menjual sepatu, kamu juga menyediakan jasa konsultasi permasalahan sepatu anak.

Inovasi lainnya yang bisa kamu coba adalah menerima jasa cuci atau reparasi sepatu anak. Ide kreatif ini akan sangat membantu para pelanggan yang tidak memiliki waktu untuk mencuci sepatu atau yang bingung bagaimana cara merawat sepatu anak dengan tepat.

Inovasi dan kreativitas tersebut akan membuat pelanggan nyaman dan menjadi loyal. Selain itu, pendapatan dari bisnis sepatu anak milikmu pun akan bertambah dengan adanya inovasi pelayanan tersebut.

Inovasi dalam Berpromosi

Dalam menjalankan promosi, kamu juga perlu melakukan inovasi-inovasi yang menarik pelanggan. Misalnya, memberikan diskon spesial untuk produk sepatu yang best seller. Contoh lainnya adalah membuat konten atau video marketing yang akan diunggah pada akun media sosial seperti akun Instagram milik ARKANA FOOTWEARKIDS.

Semakin unik dan menarik cara berpromosi yang kamu lakukan, maka semakin banyak pula pelanggan baru yang tertarik untuk membeli produk sepatu anak yang kamu jual.

Memanfaatkan Teknologi

Perkembangan teknologi saat ini juga harus kamu manfaatkan untuk kepentingan bisnis. Kamu bisa membuat inovasi terhadap perkembangan teknologi yang ada saat ini.

Misalnya, menyediakan pembayaran melalui e-wallet atau non-tunai, seperti DANA atau OVO. Sebab, saat ini tidak semua pelanggan akan membayar dengan uang tunai. Demi memudahkan mereka dalam bertransaksi, tentu saja kamu harus mencoba inovasi teknologi satu ini.

Inovasi teknologi berikutnya yang bisa kamu coba adalah memanfaatkan keberadaan e-commerce, seperti Shopee, Tokopedia, atau Lazada. Keberadaan e-commerce ini akan bantu bisnis sepatu anak milikmu berkembang dengan cepat.

Bahkan, ketika kamu memasarkan bisnis secara online, target pasar kamu pun menjadi lebih luas dan angka penjualan sepatu anak pun akan mengalami peningkatan. Jadi, kemudahan teknologi saat ini wajib kamu manfaatkan sebaik mungkin demi kepentingan dan keberlangsungan bisnis sepatu anak milikmu.

Inovasi Desain Toko Sepatu Anak

Toko juga perlu didesain dengan konsep yang kreatif. Selain memanjakan mata, toko sepatu anak yang memiliki desain unik akan membuat pelanggan nyaman dan betah.

Agar sesuai, pilihlah desain toko yang menunjukkan kepribadian anak-anak yang ceria. Misalnya, menampilkan gradasi warna pada toko yang membuatnya lebih hidup dan berwarna. Untuk tema gradasi warna ini sebaiknya pilih 2 – 3 cat warna saja, agar tidak terlalu berlebihan.

Selain gradasi warna, kamu juga bisa menggunakan warna-warna pastel, seperti lilac, mint, soft blue, dusty pink, dan lavender. Meski termasuk dalam warna soft, nyatanya toko dengan tema warna pastel lebih menarik dan sedang menjadi tren saat ini.

Kamu juga bisa menambahkan gambar atau lukisan dinding bertemakan kartun, seperti Mickey Mouse, Doraemon, Spongebob Squarepants, dan lainnya. Keberadaan kartun-kartun ini akan menjadi daya tarik bagi anak-anak.

Tidak ada salahnya juga untuk mengikuti tren yang sedang digemari oleh anak-anak. Hal ini akan menambah ide kamu dalam mendesain toko agar lebih menarik lagi.

Inovasi-inovasi yang kamu lakukan ini nantinya juga akan berdampak pada posisi bisnis kamu dalam menghadapi persaingan. Bertahan atau tidaknya bisnis sepatu anak milikmu sangat bergantung pada inovasi dan kreativitas yang kamu tuangkan dalam mengelola bisnis tersebut.

Yuk, Lakukan Inovasi dan Kreativitas demi Kesuksesan Bisnis Sepatu Anak!

Itulah lima inovasi dan kreativitas dalam menjalankan bisnis sepatu anak yang perlu kamu lakukan. Tunggu apalagi? Demi kesuksesan bisnis sepatu anak milikmu, segera lakukan inovasi dan kreativitas seperti di atas, yuk! Selamat mencoba, ya!


Bank digital hadir untuk pelaku UKM, freelancers, dan online sellers di Indonesia. 

Urus segala keperluan bisnis dan keuangan pakai KoinWorks NEO. Kemudahan berbagai layanan seperti bebas biaya transfer antar bank dan pinjaman modal tanpa agunan untuk bisnismu hanya dengan satu aplikasi! 

Lihat juga berbagai panduan dan informasi bisnis hanya di KoinWorks.

Download aplikasi KoinWorks dan mulai kembangkan asetmu sekarang!

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​