Home » Strategi Bisnis » Biaya, Syarat dan Cara Mendaftarkan Merek Dagang untuk Bisnis Thai Tea

Biaya, Syarat dan Cara Mendaftarkan Merek Dagang untuk Bisnis Thai Tea

Biaya, Syarat dan Cara Mendaftarkan Merek Dagang untuk Bisnis Thai Tea

Bagi kamu yang tertarik untuk menjalankan bisnis Thai Tea, penting sekali untuk segera mengurus pendaftaran merek dagang. Sebaiknya segera cari informasi lengkap mengenai biaya, syarat dan cara mendaftarkan merek dagang. Ini merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan daya saing usaha dan bisa membantu mengembangkan bisnis lebih besar lagi.

Merek adalah identitas dari sebuah usaha. Jika kamu sudah mengurus pendaftaran merek dagang, maka bisnis dan brand yang sudah dibangun akan lebih aman untuk dikembangkan lagi. Berikut akan dibahas lengkap mengenai biaya, syarat dan cara mendaftarkan merek dagang untuk bisnis Thai Tea

Biaya Pendaftaran Merek Dagang

Pelaku bisnis harus menyediakan dana khusus agar bisa mengurus merek dagang secara resmi. Biaya untuk mendaftar merek dagang ini sudah tertuang dalam PP No. 28 Th. 2019. Tarif yang akan berlaku ini nantinya akan masuk ke kategori Penerimaan Negara Bukan Pajak atau PNBP. 

Peraturan tersebut membedakan kelompok pemohon ke dalam dua kategori yaitu, UMKM dan umum. Berikut adalah rincian biayanya:

UMKM

  • Rp 600 ribu untuk pendaftaran dan Rp 1,2 juta untuk perpanjangan secara manual atau offline.
  • Rp 500 ribu untuk pendaftaran dan Rp 1 juta untuk perpanjangan secara online.

 

Umum

  • Rp 2 juta untuk pendaftaran dan Rp 2,5 juta untuk perpanjangan secara manual atau offline
  • Rp 1,8 juta untuk pendaftaran dan Rp 2,25 juta untuk perpanjangan online

Masa berlaku merek dagang yang sudah berhasil mengisi pendaftaran adalah 10 tahun. Setelah itu pebisnis wajib melakukan perpanjangan merek dagang. Perpanjangan ini bisa dilakukan mulai dari 6 bulan sebelum masa berlaku habis. 

Syarat Pendaftaran Merek Dagang

Dalam proses pendaftaran merek dagang ini ada beberapa syarat yang harus dipenuhi oleh pelaku usaha. Pastikan kamu sudah memenuhinya sehingga proses pendaftaran merek dagang bisa berjalan lancar. Berikut adalah beberapa jenis syarat pendaftaran merek dagang yang akan kamu butuhkan:

Etiket atau Label Merek

Bisnis minuman Thai Tea yang kamu jalankan harus sudah memiliki merek atau label yang belum pernah dimiliki oleh bisnis lain. Label merek sebanyak 10 helai dan harus memenuhi ukuran khusus yaitu minimal 2×2 cm dan maksimal 9×9 cm dalam format JPG. 

Formulir Permohonan

Menyerahkan rangkap dua dan pastikan sudah mengisi lengkap sesuai data. Jangan lupa, surat ini juga harus ditanda tangani.

Surat Rekomendasi UKM Binaan

Jika bisnis Thai Tea yang kamu jalankan masuk ke kategori UMKM maka harus ada surat rekomendasi UKM binaan. Selain itu harus ada juga surat pernyataan UKM bermaterai. Dokumen ini dapat kamu peroleh setelah mendaftarkan bisnis Thai Tea ke UMKM dan Dinas Koperasi yang ada di lokasi usaha. 

Download dan Aktivasi KoinWorks NEO

Kembangkan bisnis kamu sekarang!

DOWNLOAD

Bukti Pembayaran Biaya

Pastikan kamu sudah melakukan pembayaran biaya mendaftar merek dagang. Serahkan bukti pembayaran biaya tersebut sebagai kelengkapan syarat. 

Surat Kuasa 

Bagi kamu yang mengurus pendaftaran merek dagang melalui perwakilan maka harus melampirkan surat kuasa.

Cara Pendaftaran Merek Dagang

Lalu bagaimana caranya mendaftarkan merek dagang bisnis Thai Tea secara resmi? Mudah saja karena kini pendaftaran merek dagang bisa dilakukan secara online. Secara garis besar ada dua tahap yang harus kamu lalui untuk mendaftarkan merek dagang yaitu pemesanan kode billing dan pendaftaran merek. Berikut penjelasan lengkapnya:

Pemesanan Kode Billing

Tahap pertama, kamu harus melakukan pemesanan kode billing agar bisnis Thai Tea bisa didaftarkan. Tahap ini dilakukan supaya kamu mendapatkan invoice dan bisa melengkapi pembayaran biaya pendaftaran merek dagang. Berikut adalah tahapan prosesnya:

  • Buka laman website http://simpaki.dgip.go.id/.
  • Lengkapi formulir dengan data pribadi yang valid sesuai instruksi. 
  • Pada kolom kategori pemohon, pilihlah opsi yang tepat seperti Usaha Mikro dan Kecil Menengah untuk bisnis Thai Tea
  • Cek kelengkapan data kemudian klik centang di kolom “Saya telah membaca syarat dan ketentuan di atas”. 
  • Klik opsi “Proses: kemudian tunggu sampai muncul invoice
  • Lakukan pembayaran biaya pendaftaran sesuai nominal pada invoice (batas maksimal 24 jam).

Pendaftaran Merek Dagang

Selanjutnya masuk ke tahap pendaftaran jika kamu sudah selesai dengan urusan pembayaran. Setelah melakukan pembayaran, kamu akan menerima kode pengajuan merek dagang dan kode ini hanya berlaku selama 14 hari. Berikut adalah prosedur yang bisa kamu ikuti:

  • Masuk ke laman http://simpaki.dgip.go.id/.
  • Isi kolom pendaftaran dengan data yang lengkap dan benar sesuai brand atau bisnis yang akan diajukan. 
  • Setelah memastikan semua data benar, klik opsi “Selesai”.

Tunggu notifikasi muncul yang menyatakan bahwa proses pendaftaran telah berhasil. Ingat, informasi mengenai biaya, syarat dan cara mendaftarkan merek dagang ini bisa saja berubah. Tak ada salahnya untuk mengecek dulu di website resmi pendaftaran agar bisa mendapat informasi terbaru yang lengkap. 

Daftarkan Merek Dagang Bisnis Thai Tea Sekarang!

Jangan menunggu dan menunda terlalu lama. Ini sangat penting untuk pengembangan bisnismu di masa depan. Segera daftarkan merek bisnis kamu secepatnya. 

Informasi biaya, syarat dan cara mendaftarkan merek dagang yang sudah dibahas tadi bisa kamu jadikan sebagai referensi. Pendaftaran merek dagang ini akan menjadi langkah awal bagi kamu untuk mengembangkan bisnis Thai Tea ke depannya.


Untuk para pelaku usaha kecil dan menengah, online sellers, dan freelancers. Kamu bisa lihat artikel lainnya di KoinWorks untuk dapatkan insight positif bagaimana cara berbisnis!

Nikmati kemudahan transaksi bisnis dan keuangan kamu dalam satu aplikasi hanya di KoinWorks NEO!

Download aplikasi KoinWorks dan mulai kembangkan asetmu sekarang!

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​