11 Brand Sepatu Lokal yang Dikira Produk Luar Negeri, Sudah Tahu?

Brand Sepatu Lokal yang Dikira Produk Luar Negeri

Seolah tak mau kalah saing dengan brand sepatu luar negeri, kini brand sepatu lokal yang berkualitas pun mulai bermunculan. Bahkan, tak sedikit brand sepatu lokal yang dikira produk luar negeri, lho. 

Selain karena kualitasnya, pemilihan nama brand yang unik dan asing kerap membuat banyak orang salah sangka. 

Lantas, apa saja brand sepatu lokal yang sering dikira produk luar negeri? Berikut ulasannya. 


1. Wakai

Dari nama brand-nya, tak sedikit yang mengira Wakai merupakan brand sepatu asal Jepang. 

Belum lagi dengan model yang unik serta beragam pilihan warna yang membuat orang semakin yakin bahwa brand ini memang berasal dari Jepang yang kerap mengusung tren fashion yang unik.

Namun, tahukah kamu? 

Wakai merupakan brand sepatu lokal, lho. 

Brand yang berdiri sejak tahun 2012 ini digagas oleh Metroxgroup yang melibatkan beberapa desainer Jepang untuk membuat desain sepatu yang unik. Sementara untuk bahan dan produksi sepatu sepenuhnya berasal dari Indonesia. 

Dalam bahasa Jepang, Wakai memiliki arti anak muda. Yang mana menunjukkan bahwa sang produsen nampak ingin membuat sepatu kanvas dengan sol datar yang santai namun tetap stylish untuk melengkapi gaya anak muda Indonesia. 

Menarik, ya?


2. Buccheri

Buccheri merupakan nama salah satu kota di negara Italia.

Hal tersebut tak lantas menjadi landasan bahwa merek sepatu lokal yang satu ini berasal dari negara pizza, Sobat KoinWorks. 

Sebab, pada faktanya Buccheri adalah brand sepatu asli Indonesia yang didirikan sejak tahun 1980 oleh PT Vigano Cipta Perdana yang terkenal dengan sepatu suede-nya untuk pria maupun wanita.

Brand sepatu lokal yang dikira produk luar negeri ini memproduksi sepatu untuk berbagai kalangan, mulai untuk orang dewasa, remaja, hingga anak-anak. 

Menariknya, pemilihan nama Buccheri bukan untuk menunjukkan nama salah satu kota di negara Italia melainkan singkatan dari saudara kandung Budi, Ediansyah, dan Heri. 


3. League

Brand sepatu yang sering dikira produk luar negeri selanjutnya adalah League. Kualitas premium yang ditawarkan membuat League sering membuat orang salah sangka.

Padahal, League merupakan brand lokal yang berdiri sejak tahun 2004 silam, lho. 

League fokus memproduksi sepatu olahraga bagi pria dan wanita dengan model yang variatif.

Selain itu, brand yang satu ini juga banyak diminati pemburu sepatu olahraga karena harga yang terjangkau, yaitu mulai dari Rp200 ribu saja. 

Selain sepatu olahraga, merek sepatu lokal yang satu ini juga menjual sepatu sneakers hingga pakaian olahraga.


4. Saint Barkley

Mengalahkan sepatu fashion, sneakers dinilai mampu merajai penjualan sepatu di banyak negara. 

Melihat hal tersebut, Indonesia pun tak mau ketinggalan dengan menghadirkan merek-merek sneakers lokal dan mulai menggeser dominasi merek luar. Salah satunya melalui munculnya brand Saint Barkley.

Mendengar namanya, mungkin tak sedikit yang mengira brand ini berasal dari luar negeri. Padahal faktanya, Saint Barkley adalah produsen sepatu lokal asal Bandung yang berdiri sejak tahun 2012 silam. 

Menariknya, brand ini muncul untuk mematahkan stigma yang mengatakan bahwa merek sepatu luar selalu lebih berkualitas daripada merek lokal. 

Nama Saint Barkley mulai melambung ketika Presiden Joko Widodo membeli sepasang sneaker ini dalam acara Jakarta Sneaker Day pada tahun 2018. 

Selain menjual sneakers, kini Saint Barkley juga menjual berbagai produk fashion lainnya, seperti baju dan tas. 


5. Piero

Pernah dengar brand sepatu Piero

Nama brand yang persis dengan nama pemain sepak bola asal Italia, Alessandro Del Piero membuat tak sedikit orang berpikir bahwa brand sepatu ini berasal dari luar negeri. 

Namun, siapa sangka?

Brand sepatu pria dan wanita yang memiliki desain stylish dengan harga terjangkau ini merupakan produk dalam negeri, lho. 

Menariknya, nama Piero diambil dari Bahasa Jawa “Urip (Oerip)” yang memiliki arti hidup. 

Brand sepatu lokal yang berdiri sejak tahun 1999 ini memproduksi sepatu sekolah anak-anak hingga sepatu dan sandal khusus pria maupun wanita.

Untuk memiliki sepatu Piero kamu bisa membelinya melalui toko offline maupun toko onlinenya.


6. Nappa Milano

Brand sepatu lokal yang dikira produk luar negeri berikutnya adalah Nappa Milano

Wajar saja apabila brand ini sering membuat orang salah sangka karena nama brand-nya yang berbau Eropa. 

Padahal faktanya, Nappa Milano merupakan brand sepatu lokal yang terkenal dengan rancangan sepatu yang terbuat dari bahan kulit bertekstur lembut, yaitu nappa. 

Koleksi sepatu dari brand ini memiliki kesan perlente yang membuat sepatu terlihat sangat mewah sehingga dinilai cocok untuk melengkapi gaya maskulin para pria dalam kegiatan formal. 

Memang, desain yang dibuat terinspirasi dari desain sepatu-sepatu dari negara Italia. Namun, sepatu dari Nappa Milano diproduksi di Indonesia dengan menggunakan bahan lokal pula, lho. 


7. Tomkins

Tomkins merupakan brand sepatu lokal di bawah naungan PT Primarindo Asia Infrastructure. 

Brand sepatu lokal asal Bandung ini memproduksi sepatu casual untuk melengkapi gaya muda-mudi Indonesia. Kerennya lagi, brand ini sudah go internasional juga, lho. 

Model dari koleksi sepatu Tomkins yang up to date dengan harga yang cukup terjangkau lah yang membuat brand ini memiliki banyak peminat. 

Brand sepatu lokal ini sangat mudah kamu temukan di pusat-pusat perbelanjaan. Untuk pembelian online, Tomkins juga memiliki online store baik di website resminya maupun di e-commerce


8. Brodo

Satu lagi brand sepatu lokal yang dikira produk luar negeri, yaitu Brodo

Brand sepatu pria asal Bandung ini mendapat tempat tersendiri di hati para konsumennya di Indonesia.

Brodo secara khusus memproduksi sepatu pria dengan model yang trendi sehingga cocok digunakan untuk bergaya kasual ataupun untuk menghadiri acara resmi. 

Hingga kini, Brodo telah memiliki gerai official yang tersebar di beberapa kota besar di Indonesia. 

Selain itu, brand ini juga memiliki online store baik di website resminya maupun e-commerce untuk konsumen yang belum terjangkau oleh gerai offline. 


9. Eagle

Kalau brand sepatu ini agaknya sudah banyak familiar. 

Yap. Eagle bukan merek sepatu baru di Indonesia. Brand ini telah eksis di Indonesia sejak tahun 1986 silam. 

Brand ini memproduksi berbagai jenis sepatu, mulai dari sepatu lari, sepatu futsal, sepatu tenis, sepatu sekolah, hingga sneakers pun ada. 

Konsistensinya dalam memproduksi sepatu dengan kualitas terbaik dengan harga terjangkau membuat Eagle mendapat tempat tersendiri di hati masyarakat Indonesia. 

Bahkan, kualitasnya yang tak main-main kerap membuat Eagle disangka sebagai produk luar negeri, lho. 


10. Geof Max

Lagi-lagi brand sepatu lokal yang dikira produk luar negeri datang dari Kota Bandung. 

Geoff Max merupakan brand sepatu lokal yang fokus memproduksi sneakers untuk anak muda. 

Modelnya yang variatif dan sesuai dengan selera anak muda serta harganya yang terjangkau membuat brand yang satu ini banyak diminati. 

Tak tanggung-tanggung, sepatu Geoff Max juga mulai diterima di pasar internasional, lho.


11. Amble Footwear

Amble Footwear menutup daftar brand sepatu lokal yang dikira produk luar negeri

Brand sepatu lokal asal bandung ini fokus memproduksi sepatu jenis moccasins, oxfords, hingga loafers untuk pria dan wanita. 

Soal harga, sepatu Amble Footwear memang sedikit lebih mahal daripada merek sepatu lokal lainnya. Namun, harga tersebut sebanding dengan kualitas sepatu yang bertaraf premium serta modelnya yang tak pasaran, lho. 

Untuk membeli Amble Footwear, kamu bisa melakukan pembelian langsung ke offline store-nya ataupun melalui online store di website maupun e-commerce Amble Footwear. 


Tertarik membuka brand sepatu lokal sendiri namun terhalang modal usaha yang kurang?

Jangan khawatir, pinjaman modal usaha dari KoinBisnis siap membantu kamu memulai bisnis. 

Kamu bisa mengajukan pinjaman untuk modal usaha yang kamu inginkan mulai dari Rp5 juta hingga Rp2 miliar, dengan bunga 0,75%-1,67% saja per tahun!

Jadi, tunggu apalagi? Yuk, mulai bisnis impianmu sekarang!

Kunjungi KoinBisnis!

Dapatkan berbagai informasi seputar Pengembangan Bisnis lainnya hanya di KoinWorks.

Tentang Penulis
Gina Valerina

Gina Valerina

Gina began her professional journey within the realm of finance, accumulating a wealth of invaluable insights and hands-on experiences. Building upon this extensive background, she uses her expertise to carefully create informative articles. Each article is born from in-depth research and her unwavering dedication to providing her audience with well-verified insights.
Kalkulator finansial untuk hitung kebutuhan kamu

Hitung semua keperluan finansial kamu cukup di satu tempat

Punya uang Rp.100 Ribu? Mulai pendanaan sekarang dan dapatkan keuntungan hingga 14,5%.