Ini Dia, Pekerjaan Sambilan Untuk Mahasiswa Saat Weekend

freelance - freelancer - kerja lepas - freelancing - bisnis tanpa karyawan - 5 Tips yang Perlu Diterapkan Agar Bekerja Remote dengan Efektif - 6 Tips Investasi untuk Freelancer - tren bisnis

Ini Dia, Pekerjaan Sambilan Untuk Mahasiswa Saat Weekend – Anda sedang membutuhkan pemasukan lebih tapi hanya punya waktu luang di hari Sabtu dan Minggu dalam seminggu? Tenang saja, Anda bisa kok mencari pekerjaan sambilan untuk mendapat penghasilan tambahan.

Baca juga: Tips Jitu Memulai Bisnis Laundry Kiloan dengan Modal Kecil

Banyak jenis pekerjaan sambilan yang bisa Anda jalani. Jangan khawatir, pekerjaan-pekerjaan berikut ini sangat mumpuni bagi mahasiswa yang hari liburnya hanya di hari weekend. Selain mendapat penghasilan tambahan, Anda juga akan mendapat banyak pengalaman bekerja. Itu menjadi nilai plus bagi mahasiswa fresh graduate, lho!

Yuk, simak jenis pekerjaan selengkapnya di bawah ini!


Ini Dia, Pekerjaan Sambilan Untuk Mahasiswa Saat Weekend

Guru Les Privat

Guru Les Privat, Pekerjaan Sambilan Untuk Mahasiswa Saat Weekend

Pekerjaan sambilan ini memang sering dipandang sebelah mata. Padahal jika ditekuni dengan baik, menjadi guru les privat memiliki banyak keuntungan. Selain bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah, pekerjaan ini merupakan pekerjaan mulia. Les privat juga cenderung sangat dibutuhkan bagi banyak anak usia muda yang kesulitan menangkap pelajaran di sekolah formal yang diadakan lima hari dalam seminggu.

Baca juga: Mau Punya Penghasilan Tanpa Kerja? Coba Bisnis Ini!

Menjadi guru les privat sebenarnya tidak memerlukan keahlian khusus. Anda bisa mengajarkan sesuatu yang Anda kuasai semasa sekolah dulu dan juga memanfaatkan ilmu-ilmu yang Anda dapat di perkuliahan. Beruntung bagi Anda yang memiliki pengalaman di bidang pendidikan, pekerjaan ini pasti tidak akan terasa sulit untuk Anda jalani.


Penulis Konten

penulis konten, Pekerjaan Sambilan Untuk Mahasiswa Saat Weekend

Keahlian menulis memang tidak dimiliki oleh setiap orang. Namun, pada kenyataannya, keahlian menjadi penulis dapat dibentuk dari seberapa sering Anda berlatih untuk membuat sebuah tulisan yang ciamik dan memiliki nilai.

Anda bisa memulai dengan melamar posisi freelance atau part time di perusahaan, biasanya Anda diharuskan membuat tulisan dengan tema tertentu untuk kebutuhan website perusahaan. Jika Anda tidak mau terikat dengan perusahaan, Anda bisa memulainya dengan membuat blog pribadi dengan tema bahasan yang Anda senangi. Bagaimana? Mudah bukan?


Jasa Desain Grafis

desain grafis, Pekerjaan Sambilan Untuk Mahasiswa Saat Weekend

Anda mahir menggambar atau menciptakan kreativitas ke dalam sebuah gambar? Pekerjaan sambilan ini dijamin sangat cocok untuk Anda. Banyak jenis desain yang bisa Anda coba, sesuaikan saja dengan keahlian Anda. Dimulai dari desain media sosial, desain website (UI/UX), desain logo, sampai desain poster untuk kebutuhan marketing personal maupun perusahaan.

Tidak hanya mahasiswa Desain Komunikasi Visual yang bisa menekuni pekerjaan ini. Anda yang berada di jurusan lain juga boleh mencobanya, siapa tahu ternyata Anda memiliki keahlian tersembunyi di luar dari jurusan yang Anda jalani.


Fotografer dan Videografer

Fotografer dan Videografer, Pekerjaan Sambilan Untuk Mahasiswa Saat Weekend

Berawal dari hobi, jenis pekerjaan sambilan ini cenderung disukai banyak mahasiswa. Selain bisa menyalurkan bakat, Anda juga bisa menghasilkan uang di hari weekend Anda yang membosankan.

Banyak orang yang membutuhkan jasa fotografer dan videografer untuk mengabadikan special moment mereka. Baik di hari lamaran, pernikahan, pesta ulang tahun, gathering, dan acara-acara resmi lainnya. Walaupun menjadi seorang fotografer dan videografer membutuhkan modal yang tidak sedikit (untuk sewa kamera dan alat-alat teknis lainnya), pekerjaan ini cenderung bernilai mahal. Wah, menarik ya!


Barista

Barista, Pekerjaan Sambilan Untuk Mahasiswa Saat Weekend

Pekerjaan sambilan di poin terakhir ini adalah pekerjaan yang paling sering diminati oleh mahasiswa. Banyak coffee shop yang mencari mahasiswa untuk mengisi posisi barista di tempat mereka. Selain karena usianya yang muda, mahasiswa lebih terlihat aktif dan bersemangat. Hal itu tentu akan mempengaruhi perkembangan coffee shop mereka.

Baca juga: 3 Keuntungan Menjalani Bisnis Kopi Kekinian, Tertarik Mencobanya?

Biasanya, kedai kopi menawarkan waktu kerja yang bermacam-macam, mulai dari shift malam atau siang, juga weekend (Sabtu dan Minggu). Jangan khawatir, kalau Anda merasa bosan menjadi barista, Anda bisa mencoba posisi lain yang ada. Misalnya menjadi waiter/waitress yang tidak membutuhkan keahlian khusus selain percaya diri dan komunikasi yang baik.


Bagaimana? Dari pekerjaan-pekerjaan di atas, mana yang ingin Anda coba terlebih dahulu? Pastikan keahlian Anda sesuai dengan pekerjaan sambilan yang Anda pilih ya. Namun, jangan sampai Anda menyerah sebelum berperang. Berlatihlah dengan sungguh-sungguh apabila dirasa belum cukup ahli di bidang tersebut.

Baca juga: Lakukan 4 Hal Ini Jika Anda Terjebak Investasi Bodong!

Satu hal lagi, jangan lupa sisihkan rupiah Anda untuk melakukan pendanaan. Saat ini, sudah banyak mahasiswa yang tertarik untuk melakukan pendanaan. Kebutuhan di masa mendatang menjadi alasan utamanya.

Uang yang Anda jadikan pendanaan, tentu bisa berguna untuk tabungan masa depan. Selain itu, di KoinWorks Anda tidak harus mengeluarkan modal yang besar. Hanya dengan nominal Rp100.000, Anda sudah bisa mulai pendanaan online di KoinWorks.

Yuk, alokasikan sebagian hasil dari pekerjaan sambilan Anda untuk pendanaan di P2P Fintech Lending dan kita bantu bisnis-bisnis di Indonesia lebih maju lagi!


Dapatkan berbagai informasi seputar Gaya Hidup lainnya hanya di KoinWorks.

Tentang Penulis
Nimas Des Aristanti

Nimas Des Aristanti

Take a chance and never stop swimming. I'm here with my goals.
Kalkulator finansial untuk hitung kebutuhan kamu

Hitung semua keperluan finansial kamu cukup di satu tempat

Punya uang Rp.100 Ribu? Mulai pendanaan sekarang dan dapatkan keuntungan hingga 14,5%.