Strategi Harga: 4 Alasan Kenapa Anda Perlu Menaikkan Harga Produk – Kebanyakan orang berpikir bahwa harga yang lebih rendah akan menarik lebih banyak calon pembeli.

Hal ini tentu merupakan pernyataan yang tepat, namun tahukah Anda bahwa harga bukanlah satu-satunya faktor yang menarik konsumen untuk membeli?

Baca Juga: 4 Alasan Utama Mengapa Orang Tidak Membeli Dari Anda

Apabila Anda dapat mengemas produk atau jasa yang dijual untuk memberikan nilai maksimal bagi calon konsumen, bahkan menaikkan harga secara dramatis tidak menjadi masalah dan malah dapat menguntungkan baik bagi Anda sebagai pebisnis maupun calon konsumen.

Jika saat ini Anda bukanlah penjual dengan harga terendah di pasar Anda,  cobalah mempertimbangkan untuk menjadi yang tertinggi.

Baca Juga: 9 Hal yang Wajib Anda Tahu Mengenai Dunia Penjualan

Contoh: Mengapa masih banyak orang yang membeli handphone mahal apabila banyak handphone murah dengan kualitas yang sama bagusnya?

Hal ini tentunya karena calon konsumen percaya bahwa handphone mahal yang dibelinya akan memberikan kecepatan sistem yang lebih baik, fungsi yang jauh lebih baik, dan ketahanan banting yang juga sangat baik sehingga membuat calon konsumen dapat bekerja dengan lebih efektif.

Baca Juga: Penting Untuk Diketahui, Ini 4 Tipe Bisnis yang Memiliki Masa Depan Cerah

Strategi yang sama ini pastinya bisa diterapkan di berbagai industri. Inilah mengapa Anda harus mempertimbangkan menaikkan harga Anda hari ini guna memberikan pengalaman konsumen yang lebih baik:

Strategi Harga: 4 Alasan Kenapa Anda Perlu Menaikkan Harga Produk

1. Harga yang Lebih Tinggi Menarik Klien dengan Kualitas Lebih Baik

harga produk yang tinggi

Strategi harga pertama mengapa Anda perlu menaikkan harga produk karena harga umumnya bercermin pada kualitas produk yang ditawarkan.

Baca Juga: 6 Alasan Mengapa Sebaiknya Anda Tidak Memberikan Diskon Terlalu Berlebihan

Klien atau pelanggan yang hanya ingin membeli dari Anda karena Anda adalah penyedia harga terendah akan memperlakukan Anda seperti itu.

Pelanggan “bottom of the barrel” ini akan mengharapkan dunia dari Anda, menyalahkan semua masalah mereka pada Anda dan membiarkan Anda menjadi pesaing dalam sekejap.

Baca Juga: Hindari Bermain Aman, Ini 4 Hal yang Harus Dihindari dalam Mengembangkan Bisnis

Seperti yang diucapkan oleh Ramit Sethi “Dalam pengalaman kami, bisnis adalah yang paling menyenangkan (dan paling menguntungkan) saat Anda fokus membantu orang-orang hebat menjadi lebih baik.”

Bila Anda beralih ke harga premium dan memposisikan diri Anda sebagai yang terbaik atas apa yang Anda lakukan, Anda akan menarik pelanggan yang mau menghargai penawaran unik Anda.

Baca Juga: Mau Membuat Feedback Negatif Menjadi Profit? Baca Tips Berikut!

Jenis pelanggan ini cenderung bertanggung jawab atas diri mereka sendiri dan memiliki harapan yang masuk akal tentang apa yang mungkin dicapai dari produk atau jasa Anda. Mereka lebih cenderung tetap loyal, dan tidak hanya memperhatikan harga semata.

Singkatnya, mereka lebih mudah untuk diajak bekerja sama, lebih mudah untuk dipuaskan, dan mereka berani membayar lebih banyak.

Baca Juga: Apa Itu Platform eCommerce dan Fungsinya?

Mereka tahu bahwa pepatah lama “Anda mendapatkan apa yang Anda bayar.” Disisi lain, mereka juga bersedia untuk berinvestasi dalam kualitas daripada hanya sekedar mencari harga terendah.

2. Pelanggan Anda Akan Menghargai Apa yang Anda Tawarkan

instant delivery - pengiriman cepat

Bila Anda mengenakan harga premium, tawarkan layanan spesifik dan terdefinisi dengan menunjukan keahlian dan nilai tambah yang hanya dimiliki oleh Anda.

Baca Juga: Bisnis Semakin Laris, Begini 4 Cara Membuat Konsumen Terus Mengingat Bisnis Anda

Dengan menciptakan beberapa eksklusivitas dan dengan berada di luar jangkauan pelanggan kelas bawah, Anda akan mampu mengubah cara pelanggan melihat Anda dalam pikiran mereka.

Anda adalah penentu mengenai nilai apa yang ingin Anda tonjolkan, dan bukan hanya mengikuti kemauan konsumen semata. Hal ini membuat Anda jauh lebih fokus, dan pelanggan Anda akan memperlakukan Anda dengan hormat.

3. Pelanggan Anda Akan Mendapatkan Hasil yang Lebih Baik

Membeli Yang Benar-Benar Penting Sesuai Takaran Yang Sesuai

Bila Anda mengenakan harga lebih tinggi, pelanggan Anda akan lebih mampu menghadapi segala tantangan dalam mendapatkan hasil yang diinginkan.

Baca Juga: 5 Cara Mendelegasikan Pekerjaan dengan Lebih Efisien

Contohnya: Jika Anda menyediakan jasa pelatihan dan pendidikan bahasa dengan harga rendah, biasanya akan menyebabkan pelanggan menyerah pada saat mereka mengalami hambatan.

Sedangkan, ketika pelanggan Anda membayar dengan harga tinggi untuk bekerja sama dengan Anda, kemungkinan besar mereka akan tetap bertahan dalam proses yang ada cukup lama hingga mendapatkan hasil, bahkan jika itu berarti mencoba dan gagal beberapa saat sebelum melakukannya dengan benar.

Pernahkah Anda bertanya-tanya apa yang akan terjadi jika perguruan tinggi itu gratis? Sekolah seperti Stanford, Harvard dan Columbia melepaskan beberapa kursus mereka gratis secara online.

Baca Juga: Ingin Bisnis Semakin Menguntungkan? Lakukan 5 Tips Ini Agar Penjualan Bisnis Online Meningkat

Dari program itu menghasilkan tingkat kelulusan rata-rata kurang dari 7 persen sedangkan rata-rata tingkat kelulusan di Harvard untuk program yang tidak online adalah 97,5 persen.

Semakin tinggi harga yang dibayarkan oleh konsumen, semakin mereka akan berjuang dalam memperoleh dan menjaganya.

4. Anda Dapat Menawarkan Dukungan yang Lebih Baik

hukum mendengarkan - mendengarkan keluhan pelanggan - mendengarkan feedback

Jika Anda ingin menghasilkan Rp 100 juta, Anda bisa melakukannya dengan menjual produk seharga Rp 1 juta kepada 100 orang, atau dengan menjual produk senilai Rp 10juta kepada 10 orang.

Baca Juga: Tanpa Perlu Meminjam Ke Bank, 6 Cara Ini Dapat Membantu Anda Mendapatkan Modal Usaha

Cara pertama tidak akan memungkinkan Anda untuk membentuk hubungan nyata atau memberikan dukungan yang berkualitas kepada pelanggan Anda.

Sedangkan, pilihan kedua memberikan kebebasan untuk meluangkan waktu Anda dalam memastikan bahwa setiap kebutuhan pelanggan ditangani dan dapat diatasi sehingga mereka mendapatkan hasil terbaik dari pekerjaan Anda.

Contohnya adalah: salah satu video kebugaran populer yang ada di internet saat ini dibandingkan dengan pelatih pribadi di tempat olahraga.

Baca Juga: 7 Tips Promosi Jitu Khas Anak Muda, Supaya Bisnis Online Anda Menjadi Terkenal!

Mana yang menurut Anda akan menghasilkan hasil yang letibih baik bagi pembeli? Dalam hal ini, tentu memiliki pelatih pribadi akan memberikan hasil yang lebih baik karena Anda akan mendapatkan dukungan yang lebih baik, dan dapat berkonsultasi langsung.

Nah, itulah 4 alasan mengapa naiknya harga produk dapat menjadi keputusan yang tepat. Dengan menaikan harga produk, maka akan memungkinkan Anda melakukan beberapa peningkatan kualitas, stok barang, jumlah karyawan, atau bahkan sekedar peningkatan peralatan untuk membuat hasil kerja lebih cepat.

Baca Juga: 5 Cara Mudah Melakukan Teknik Upselling & Downselling Untuk Meningkatkan Keuntungan

Dengan kualitas yang lebih baik, konsumen juga akan merasa lebih puas dan terbantu dengan adanya produk atau jasa dari Anda.

Apabila Anda kemudian membutuhkan bantuan pinjaman modal untuk meningkatkan semua hal tersebut lebih lagi, maka KoinWorks dapat menjadi solusi yang tepat untuk ini.

Baca Juga: Proses Pengajuan Pinjaman dan Tips Agar Pinjaman Bisnis Anda di KoinWorks Disetujui

KoinWorks saat ini hadir sebagai platform P2P Lending yang dapat memberikan Anda pinjaman modal usaha dengan mudah kapan saja dan dimana saja hingga Rp 500 juta, dengan bunga rendah mulai dari 0,75% hingga 1,67% flat per bulan.


Simulasi Pinjaman Modal Usaha

Jumlah Pinjaman

Suku Bunga/Tahun (APR - %)

Jangka Waktu (Tahun)


Hasil
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Cicilan Bulanan:

Syarat Pengajuan Pinjaman di KoinWorks



There are currently no comments.

Apa Komentar Anda?