Home » Blog » Bisnis & UKM, Daily » 10 Tips Bisnis Hijab Online Semakin Sukses dan Berkembang

10 Tips Bisnis Hijab Online Semakin Sukses dan Berkembang

·
4 menit
bisnis hijab online semakin berkembang dengan media sosial

Pandemi yang belum kunjung selesai membuat banyak bisnis meradang.

Hal ini membuat banyak pengusaha mengutamakan usaha online, bahkan tidak sedikit dari mereka yang sebelumnya hanya menyediakan offline store kini banting setir ke ranah online.

Begitu juga dengan pengusaha hijab yang perlu memiliki tips supaya bisnis hijab mereka cepat dikenal dan mampu bertahan di pasar online.


Tips Bisnis Hijab Secara Online

Ada banyak tips yang dapat kamu lakukan untuk mengembangkan bisnis hijab secara online.

Terlebih lagi, ketika pandemi seperti ini, begitu banyak konsumen yang memiliki belanja online karena aksesnya yang mudah dan menghemat waktu.

Berikut ini tips yang bisa kamu terapkan dalam usaha hijab online:

1. Mencari Pemasok Hijab Murah

Bagi pengusaha hijab, sebaiknya melakukan riset harga pasar dan bahan untuk membuat hijab.

Sebab, mendapatkan pemasok hijab atau bahan yang murah dengan kualitas bagus tidaklah mudah.

Dengan memilih pemasok yang menjual harga bahan murah, bisnis hijab kamu akan bertahan untuk jangka waktu yang panjang meskipun secara online.

Sehingga, jika sewaktu-waktu terjadi kenaikan harga dari bahan pemasok, harga produk pada bisnis hijab kamu tidak perlu ikut naik-turun tidak tentu.

Hal ini dapat menjadi tips dasar yang perlu kamu terapkan dalam bisnis hijab online.

Selain itu, penjualan produk apapun melalui online pada umumnya akan mendapatkan charge tambahan baik sebagai biaya administrasi maupun biaya pengiriman. 

2. Model Hijab Unik

Pemilik brand hijab sangat perlu memperhatikan hal satu ini.

Model hijab yang unik dapat menarik minat konsumen dan membuat brand menjadi memiliki ciri khas daripada brand lainnya.

Usaha hijab online yang sifatnya tidak memiliki offline store perlu memiliki keunikan hijab sehingga secara visual saja produk sudah tampak menarik.

Tips hijab unik ini yang nantinya dapat menjadi nilai plus bagi bisnis hijab yang menarik konsumen secara online.

Keunikan ini tidak harus terlalu berbeda dan mencolok, seperti motif-motif abstrak.

Melainkan dengan mengaplikasikan detail kecil saja, sudah membuat brand hijab menjadi unik. Seperti menambahkan logo kecil disudut hijab, atau sekedar menambahkan ide packaging hijab yang cantik.

3. Riset Pasar Hijab

Riset pasar/market menjadi tips penting bagi para pelaku bisnis hijab online.

Brand yang rajin melakukan riset pasar akan membuat produk mereka selalu up to date dengan trend terkini.

Hal ini yang menjadi kunci sebuah brand hijab mampu bertahan lama di pasar online maupun offline.

Riset pasar berupa riset harga produk, riset model hijab, riset jenis bahan hijab, ide packaging hijab dan riset trend warna yang sedang ramai di sukai banyak orang.

Melakukan riset yang konsisten akan membuat brand kamu tidak ketinggalan jaman dan konsumen pun akan selalu kembali lagi untuk membeli berbagai produk lain.

4. Menentukan Target Pasar

Sebuah brand bisnis online sangat perlu memikirkan target pasar mereka.

Produk hijab harus disesuaikan dengan target pasarnya.

Jika target pasarnya adalah ibu-ibu, maka koleksi hijab yang dihadirkan yaitu hijab dengan penggunaan yang mudah, motif menarik, dan model hijab yang cenderung besar.

Jika target pasarnya adalah anak muda, maka model hijab yang dihadirkan adalah yang memiliki warna-warna cerah yang membuat kulit wajah semakin bersih.

Tips ini juga tidak hanya berlaku bagi bisnis hijab saja melainkan segala bisnis yang berjualan melalui online.

5. Foto Produk Hijab

Foto merupakan jendela penghubung produk hijab dengan para konsumennya.

Sehingga, penggunaan foto pada sebuah platform digital harus foto yang jernih, menarik, dan menggunakan model asli atau bukan manekin.

Hal ini akan sangat mempengaruhi keinginan belanja konsumen.

Sama halnya dengan produk makanan, produk hijab juga memerlukan foto yang menggugah selera konsumennya hingga ingin membeli produk tersebut.

Akan lebih baik jika sebuah foto menambahkan detail bahan dan keunikan lainnya.

Memberikan ide foto produk dengan packaging hijab menarik juga mampu menjadikan keunikan tersendiri bagi brand tersebut.

6. Identitas Brand Hijab

Tips selanjutnya yang dapat meningkatkan kepercayaan bisnis hijab di kancah online yaitu dengan memiliki identitas brand yang baik dan konsisten.

Untuk memulai branding sebuah bisnis perlu memikirnya identitas yang akan menjadi ciri khusus usaha online tersebut.

Identitas brand ini dapat berupa logo brand, warna atau tagline yang akan mengingatkan orang kepada brand kamu setiap melihatnya. 

7. Produk Perkenalan dengan Harga Terjangkau

Sebagai new comer dalam industri bisnis hijab online yang memiliki banyak pesaing serupa, sebaiknya memberikan harga perkenalan dengan harga yang murah.

Sehingga, akan menarik banyak konsumen ingin membeli produk hijab tersebut dan akan membuat orang ingin membelinya lagi ketika sudah mengetahui seberapa baik kualitas produknya.

Harga yang murah dan affordable juga membuat konsumen tertarik untuk membeli lebih dari satu produk. Selain itu harga yang terjangkau tidak menutup kemungkinan untuk up selling produk kedepannya.

8. Promosi

Para pelaku usaha online juga dapat melakukan inovasi dengan menambahkan promosi supaya konsumen semangat untuk membeli produk hijab tersebut.

Promosi dengan ketentuan tertentu atau pada hari-hari tertentu juga merupakan suatu strategi bisnis online.

Salah satu tips promosi bisnis hijab yang bisa kamu gunakan secara online yaitu dengan memberikan potongan harga dalam rangka Harbolnas, atau momen-momen seperti hari raya, tahun baru atau tren lainnya.

9. Manfaatkan Media Sosial dan E-Commerce

Tips utama untuk usaha online yaitu mengoptimalkan platform online untuk promosi dan berjualan supaya menjangkau konsumen banyak dan efektif.

Saat ini banyak bisnis hijab online yang menggunakan media sosial untuk membangun brand awareness dan meningkatkan penjualan.

Selain itu, kamu bisa memanfaatkan e-commerce untuk berjualan produk hijab secara online.

Dengan kemudahan akses dan layanan yang ditawarkan membuat konsumen lebih nyaman berbelanja produk hijab secara online.

Beberapa brand besar bahkan memiliki website khusus untuk sebagai media berjualan online produk hijab mereka.

10. Berikan Pelayanan Terbaik

Sebagai bisnis yang mengutamakn penjualan online, sudah seharusnya kamu memperhatikan pelayanan yang diberikan terhadap konsumen.

Meskipun aksesnya online namun pelayanan tetap bisa kamu berikan dengan cara fast response dan ramah, memberikan kemudahan pembayaran, ketepatan pengiriman serta pengemasan produk dengan ide packaging yang menarik.

Tips terakhir ini mungkin tampak sederhana namun akan sangat mempengaruhi kepuasan konsumen dalam bisnis hijab online kamu.


Tips Bisnis Hijab Online supaya Semakin Berkembang

Penerapan tips bisnis hijab online di atas dengan maksimal dapat membuat suatu usaha online berkembang dengan baik dan tidak mudah tenggelam di pasaran.

Terutama jika suatu usaha memiliki keunikan, harga yang terjangkau serta pelayanan yang baik, mampu membuat konsumen bertahan dan terus membeli produk kamu.

Bagaimana, sudah siap memiliki bisnis hijab online?

Friska
Ketika banyak orang membutuhkan panduan dalam menyelesaikan masalah keuangan yang mereka hadapi, mereka sering mengalami kesulitan dalam mencari sumber/ saran terbaik. Karena itulah tulisan melalui artikel adalah hal yang menjadi passion bagiku karena akan membantu banyak orang yang mengalami kesulitan-kesulitan tersebut.

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​