Home » Blog » Bisnis & UKM » Memulai Bisnis Parfum dan Kosmetik: Analisis Peluang, Tantangan dan Langkahnya

Memulai Bisnis Parfum dan Kosmetik: Analisis Peluang, Tantangan dan Langkahnya

·
4 menit
tips memulai usaha parfum dan kosmetik

Memulai bisnis parfum dan kosmetik bisa dikatakan gampang-gampang susah. Mengapa? Pasalnya bisnis parfum dan kosmetik memang memiliki peluang besar tapi juga persaingan yang ketat. Oleh karena itu, sebelum memastikan bisnis parfum dan kosmetik ini kamu harus tahu dahulu apa peluang dan tantangan ketika memulai bisnis tersebut.


Peluang bisnis parfum dan kosmetik

Bisnis parfum dan kosmetik merupakan bisnis yang belakangan ini sangat populer. Bisnis ini merupakan bisnis yang dinilai sedang sangat berkembang dan memiliki peluang yang besar. Berkembangnya bisnis parfum dan kosmetik ini ditandai dengan banyaknya brand bisnis baru terutama bisnis lokal.

Banyaknya brand kosmetik dan parfum baru mengartikan bahwa :

  • Pasar bisnis tersedia dan luas
  • Bahan baku pembuatan berlimpah dan mudah diakses
  • Harga bahan baku yang bisa didapatkan dengan harga yang murah
  • Brand lokal mulai dihargai
  • Dan yang terakhir mengartikan bahwa saat ini semua orang bisa juga memulai bisnis yang sama.

Dengan peluang bisnis seperti ini kamu juga bisa memulai bisnis parfum dan kosmetik yang kamu inginkan.


Tantangan memulai bisnis parfum dan kosmetik

Ketika kamu ingin membuat bisnis parfum dan juga bisnis kosmetik, peluang yang akan kamu dapatkan memang cukup besar. Akan tetapi perlu kamu perhatikan bahwa tantangan untuk memulai bisnis ini juga sangat besar. Apalagi jika kamu akan membuat brand sendiri.

Beberapa tantangan yang akan kamu hadapi adalah :

  • Persaingan harga
  • Banyak brand lokal yang sudah punya pasar loyal
  • Modal yang besar untuk pemasaran dan produksi
  • Sistem pemasaran yang memang tidak bisa dilakukan dengan sembarangan karena pasar parfum dan kosmetik sulit ditembus.

Untuk bisa mendapatkan perhatian konsumen, sebuah pebisnis parfum maupun kosmetik harus mendapatkan kepercayaan dari konsumen mengenai kualitas yang dimiliki oleh brand. Untuk membuktikan brand tersebut terpercaya maka :


Jenis bisnis parfum dan kosmetik yang bisa kamu coba

Nah, untuk memulai bisnis parfum dan juga kosmetik, kamu bisa memulai bisnis ini dari beberapa level terlebih dahulu. Level dari bisnis ini antara lain adalah :

  • Level bisnis share

Jika kamu belum memiliki dana atau modal yang cukup untuk memulai bisnis parfum atau kosmetik kamu sendiri maka memulai bisnis dengan membuat produk yang di share terlebih dahulu bisa menjadi penolong untuk memulai bisnis kamu.

Misalnya kamu memiliki beberapa parfum koleksi, kamu bisa menjual parfum yang kamu miliki dalam bentuk share lebih dahulu. Menjual parfum koleksi dalam bentuk share dapat membantu kepercayaan dari konsumen. Hal ini membuat kamu bisa mendapatkan nama dan kepercayaan lebih dahulu jika kamu meluncurkan parfum kamu sendiri di kemudian hari.

  • Level bisnis butik parfum

Jenis bisnis parfum dan kosmetik lain yang bisa kamu lakukan adalah bisnis parfum dan kosmetik butik. Bisnis butik parfum ini adalah bisnis yang membutuhkan cukup banyak modal. Kamu harus memiliki koleksi parfum dalam jumlah yang banyak untuk bisa menarik perhatian dari konsumen kamu.

  • Level bisnis parfum designer

Untuk kamu yang memiliki modal lebih banyak guna memproduksi parfum sendiri maka membuat bisnis parfum desain sendiri bisa dilakukan. Akan tetapi dalam memulai bisnis ini memang kamu harus membuat bisnis dari 0. Kamu tidak hanya harus memiliki modal besar, tapi juga melakukan riset mengenai scent yang banyak disukai, mengenai desain produk dan kemasan, pemasaran dan yang pasti membuat aroma parfum yang disukai.


Langkah memulai bisnis parfum dan kosmetik merk sendiri

Untuk kamu yang ingin memulai bisnis parfum dengan membuat desain dan merek parfum sendiri maka kamu bisa memulai bisnis ini dengan memperhatikan 5 hal penting berikut ini.

  • Riset pasar

Untuk memulai bisnis parfum dan kosmetik kamu, kamu harus melakukan riset pasar terlebih dahulu. Riset pasar adalah sebuah riset yang digunakan untuk mengetahui pasar kamu. Tanyakan pada diri kamu, jika kamu membuat parfum, pasar seperti apa yang paling mudah di jangkau?

Jika kamu ingin memulai bisnis parfum dan kosmetik, pangsa pasar yang paling murah di jangkau adalah pasar middle. Pasar ini adalah pasar yang mulai menyukai parfum, tapi belum cukup berani untuk membeli parfum desainer. Artinya mereka mencari alternatif parfum dengan aroma yang nikmat tapi memiliki harga yang masih terjangkau di kantong kamu.

  • Riset jasa maklon

Jika kamu sudah mencari pasar untuk bisnis kamu, hal lain untuk diperhatikan adalah melakukan riset mengenai jasa maklon. Jasa maklon adalah jasa yang akan membantu kamu untuk memproduksi parfum dan kosmetik kamu.

Jasa maklon membantu kamu untuk memproduksi dalam jumlah besar dan dengan harga yang terjangkau. Produksi parfum dengan jumlah besar dan modal kecil ini bisa didapatkan karena bahan baku dari jasa maklon dibeli dalam jumlah yang sangat besar.

Dengan harga dasar pembuatan produk yang lebih murah, maka kamu bisa mendapatkan keuntungan besar dari produksi tersebut. Hal inilah yang membuat jasa maklon menjadi pilihan terbaik untuk kamu yang ingin memulai bisnis kosmetik dan parfum.

  • Buat bisnis plan

Hal lainnya adalah mengenai bisnis plan. Membuat bisnis plan merupakan salah satu hal yang sangat penting untuk memulai bisnis. Hal ini disebabkan karena bisnis plan akan membantu memandu kamu dalam menjalankan bisnis kamu.

  • Siapkan modal

Setelah langkah di atas, langkah selanjutnya yang tidak kalah penting adalah menyiapkan modal. Untuk kamu yang ingin membuat bisnis baru, pastikan kamu menyiapkan modal kamu. Modal yang dibutuhkan untuk membuat bisnis parfum dan juga kosmetik bisa sangat besar.

Kamu bisa mendapatkan modal ini dari beberapa sumber, mulai dari sumber dana pribadi, sumber dana pinjaman kamu juga dari investor. Jika kamu memiliki bisnis plan yang baik dan membuat perencanaan bisnis yang matang serta memiliki nilai jual tinggi maka mendapatkan investor bisa jadi opsi.

  • Siapkan strategi pemasaran

Jika perencanaan produk, budget, plan dan juga produsen sudah ada, langkah yang tidak kalah penting adalah langkah pembuatan strategi pemasaran. Strategi pemasaran adalah hal yang sangat penting untuk kamu yang ingin memulai dengan produk baru.

Untuk membuat strategi pemasaran ini kamu harus belajar dengan sungguh-sungguh. Pasalnya modal untuk membuat bisnis ini tidak mudah, jadi merugi bukan opsi. Perhatikan hal-hal yang penting untuk diperhatikan jika kamu ingin membuat bisnis parfum dan kosmetik.

Nah demikian adalah beberapa hal penting dalam memulai bisnis parfum dan kosmetik yang harus kamu perhatikan. Semoga ulasan kami bisa memberikan sedikit pencerahan untuk upaya dan rencana kamu membangun bisnis parfum dan kosmetik kamu sendiri.

 

Miko
Dengan tulisan, Miko bisa membagikan banyak hal positif. Berkontribusi dalam pengembangan pengetahuan para pembaca membuatku bahagia.

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​