Home » Strategi Bisnis » 7 Cara Agar Usaha Tetap Maju Ditengah Banyaknya Kompetitor

7 Cara Agar Usaha Tetap Maju Ditengah Banyaknya Kompetitor

Cara agar usaha tetap maju ditengah banyaknya kompetitor dalam bisnis Ayam Goreng

Bisnis ayam goreng termasuk bisnis kuliner yang marak di pasaran sehingga persaingan yang kamu hadapi akan semakin ketat. Oleh karena itu, kamu perlu mengetahui cara agar usaha tetap maju di tengah banyaknya kompetitor.

Sebenarnya ada banyak strategi yang bisa dilakukan untuk menjaga eksistensi bisnis ayam gorengmu. Jadi, jangan khawatir selama mau berusaha pasti ada jalan untuk mempertahankan bisnismu. 

Cara Agar Usaha Tetap Maju Ditengah Banyaknya Kompetitor dalam Bisnis Ayam Goreng

Menghadapi persaingan bisnis yang ketat memang memusingkan terutama bagi kamu yang baru memulai usaha. Sekarang kamu tidak perlu pusing memikirkannya, coba lakukan cara-cara berikut untuk mempertahankan bisnis ayam gorengmu.

Cari Tahu Kebiasaan Kompetitor

Cara pertama yang harus dilakukan, yaitu mencari tahu kebiasaan kompetitor. Mulai dari strategi pemasaran yang mereka gunakan, kualitas dan cita rasa produknya, hingga kekurangan dan kelemahan mereka yang mereka miliki.

Dengan mengenali kebiasaan dan perilaku kompetitor kamu bisa lebih mudah menyusun strategi untuk mengalahkan mereka. Dari kelebihan yang mereka miliki, kamu bisa belajar membuat produk dan layanan yang baik.

Sementara melalui kekurangan yang mereka miliki kamu bisa mendapatkan celah untuk membuat inovasi yang lebih unggul dari mereka. Dengan begitu bisnis ayam goreng milikmu tidak akan kalah saing dengan bisnis yang mereka jalankan.

Pelajari Perilaku Target Pelanggan

Selain harus mengenal kebiasaan kompetitor, kamu juga perlu mempelajari perilaku target pelanggan. Tanpa mengenali kebiasaan pelanggan, kamu akan kesulitan membuat produk ayam goreng yang mereka sukai.

Kamu juga bisa menentukan jenis makanan dan minuman apa yang cocok sebagai pelengkap dengan mengenal perilaku target pelanggan. Coba lakukan survei online untuk mendapatkan informasi mengenai kebiasaan dan selera pelanggan.

Setelah mendapatkan data dan informasi yang lengkap, kamu bisa membuat inovasi produk baru, menentukan harga dan strategi promosi yang tepat.

Cari Tahu Kondisi Persaingan antar Kompetitor

Cara selanjutnya yang perlu dilakukan, yaitu mencari tahu informasi mengenai kondisi persaingan antar kompetitor. Bagaimana cara melakukannya? Untuk mendapatkan informasi tersebut kamu perlu melakukan riset pasar.

Download dan Aktivasi KoinWorks NEO

Kembangkan bisnis kamu sekarang!

DOWNLOAD

Melalui data-data yang diperoleh dari riset pasar, kamu bisa mengetahui seperti apa kondisi persaingan antar kompetitor dalam bidang bisnis tertentu. Jika, skala bisnis ayam gorengmu cukup besar coba gunakan jasa perusahaan riset pasar yang akan membantu memberikan data-data yang akurat.

Namun, jika baru merintis dan belum memperoleh angka penjualan yang memenuhi target. Kamu bisa melakukan analisa kecil-kecilan melalui media sosial masing-masing kompetitor atau datang langsung ke lokasi sebagai pembeli.

Buatlah Sesuatu yang Unik

Produk yang memiliki keunikan akan lebih menarik perhatian pelanggan. Tidak hanya itu, keunikan yang kamu buat juga akan menjadi pembeda dari produk-produk kompetitor.

Cara agar usaha tetap maju ditengah banyaknya kompetitor adalah dengan menciptakan keunikan yang berbeda dengan ide kompetitor. Misalnya mereka menggunakan nama-nama unik untuk menu ayam gorengnya. 

Maka sebaiknya kamu membuat keunikan dari segi lain, contohnya membuat variasi menu ayam goreng yang beragam. Jadi, tidak hanya menjual ayam goreng tepung biasa tapi juga menu ayam goreng lain.

Atau bisa juga dengan membuat konsep restoran ayam goreng yang berbeda, biasanya restoran ayam goreng mengusung konsep modern minimalis. Kamu bisa menerapkan konsep tradisional untuk desain interior hingga peralatan makan agar terlihat berbeda.

Perhatikan Pelanggan Lamamu

Dalam menjalankan bisnis pelaku usaha bisa kapan saja beralih ke segmen target pelanggan lainnya. Meskipun begitu, jangan lupakan pelanggan lamamu ketika melakukan hal tersebut.

Saat beralih ke opsi target pelanggan yang berbeda kamu harus tetap memikirkan pelanggan yang sudah setia membeli ayam goreng di tempatmu. Jadi, jika ingin beralih sebaiknya jangan hilangkan menu-menu ayam goreng sebelumnya. 

Jaga Kualitas dan Cita Rasa

Supaya bisnis ayam gorengmu tidak tergeser kompetitor kamu harus membuat pelanggan puas dan setia. Caranya dengan menjaga kualitas dan cita rasa ayam goreng yang dibuat.

Jangan sampai menurunkan standar kualitas dan cita rasa produk karena tergiur keuntungan besar. Bahkan jika perlu kamu harus melakukan inovasi untuk meningkatkan cita rasa dan kualitasnya.

Dengan begitu pelanggan akan setia dengan bisnismu dan enggan membeli ayam goreng di tempat lain.

Lakukan Adaptasi Terhadap Perkembangan Pasar

Meskipun bisnis ayam goreng bukan bisnis musiman, nyatanya perkembangan dunia kuliner terus berkembang dan mengalami perubahan. Jadi, kamu harus bisa dan siap menyesuaikannya dengan tren yang berkembang di pasar.

Dulu, orang-orang hanya menjual ayam goreng tepung biasa. Sekarang, ada banyak sekali variasi menu ayam goreng yang dijual. Contohnya seperti ayam geprek, fire chicken wings, ayam goreng mentega, ayam goreng madu, dan lainnya. 

Hal tersebut menandakan bahwa para penjual ayam goreng tersebut berhasil mengikuti perkembangan pasar. Kamu juga harus melakukan hal yang sama untuk menjaga eksistensi bisnis.  

Apa Kamu Siap Melakukan Cara-cara di Atas?

Dalam menjalankan bisnis ayam goreng kamu membutuhkan cara-cara yang efektif untuk terus mengembangkan bisnis menjadi lebih besar lagi. Melalui pembahasan di atas kamu bisa mendapatkan cara agar usaha tetap maju ditengah banyaknya kompetitor.


Untuk para pelaku usaha kecil dan menengah, online sellers, dan freelancers. Kamu bisa lihat artikel lainnya di KoinWorks untuk dapatkan insight positif bagaimana cara berbisnis!

Nikmati kemudahan transaksi bisnis dan keuangan kamu dalam satu aplikasi hanya di KoinWorks NEO!

Download aplikasi KoinWorks dan mulai kembangkan asetmu sekarang!

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​