Home » Strategi Bisnis » Strategi Mendapatkan Bahan Baku Berkualitas untuk Bisnis Ayam Goreng

Strategi Mendapatkan Bahan Baku Berkualitas untuk Bisnis Ayam Goreng

Strategi Mendapatkan Bahan Baku Berkualitas untuk Bisnis Ayam Goreng

Bahan baku merupakan salah satu hal yang harus dipikirkan dengan matang oleh seorang pebisnis, termasuk pebisnis ayam goreng. Dalam pemilihannya, diperlukan strategi mendapatkan bahan baku berkualitas yang tepat.

Dengan pemilihan bahan baku yang tepat, bisa membuat proses produksi menjadi lebih lancar. Selain itu, hasil produksinya pun akan lebih maksimal dan lezat. Agar kamu bisa memilih bahan baku yang berkualitas dengan benar, mari simak informasi berikut ini. 

Strategi Mendapatkan Bahan Baku Berkualitas dari Supplier Terbaik

Bahan baku berkualitas tentu bisa kita dapatkan dari supplier yang sudah tepercaya. Karena itu, di bawah ini akan kami bagikan strategi lengkap memilih bahan baku berkualitas dari supplier terbaik.

Tentukan Kriteria

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan untuk menyeleksi calon supplier ialah dengan menentukan terlebih dahulu kriteria supplier seperti apa yang diinginkan. Ada beberapa penilaian yang bisa dijadikan sebagai indikator pemilihan, diantaranya yaitu:

  • Harga 
  • Kualitas bahan
  • Kecepatan pelayanan
  • Kemudahan transaksi
  • Ketepatan pengiriman

Jangan lupa juga untuk mempertimbangkan anggaran bisnis yang kamu miliki. Buat perincian yang tepat untuk menentukan berapa total anggaran yang disediakan untuk membeli bahan baku ayam goreng tersebut. Tujuannya, agar cashflow kamu tetap terjaga selama mengelola bisnis.

Pilih Supplier Ayam Terdekat

Setelah menentukan kriteria dari supplier yang dibutuhkan, selanjutnya kamu bisa mencari beberapa supplier ayam terdekat untuk diseleksi. Mengapa harus pilih yang terdekat? Tujuannya ialah agar kamu bisa memastikan secara langsung bagaimana proses pemotongan ayam tersebut dan penyimpanannya.

Sementara itu, jika supplier ayam terlalu jauh kamu akan sedikit sulit untuk memastikan bagaimana ayam itu diproses. Supplier yang terlalu jauh juga dapat menghambat proses pengiriman bahan baku sehingga kemungkinan ayam menjadi kurang segar. Selain itu, ongkos kirim yang perlu dikeluarkan juga menjadi lebih besar.

Minta Sampel 

Strategi mendapatkan bahan baku berkualitas berikutnya yaitu kamu bisa meminta sampel bahan baku terlebih dahulu pada supplier. Tujuannya, untuk memastikan sendiri bagaimana kualitas dari bahan tersebut. Dalam bisnis ayam goreng, bahan baku yang kamu butuhkan tentunya ialah ayam.

Kamu bisa mencari supplier ayam potong lalu minta sampel ayam tersebut. Dari sampel tersebut, kamu bisa mengetahui bagaimana kualitas dari daging ayamnya. Beberapa hal yang bisa kamu cek untuk memastikan kualitasnya yaitu kesegaran, warna, tekstur, serta bau dari daging tersebut.

Perhatikan Keamanan Bahan Baku Makanan

Bukan hanya dalam pemilihan tempat saja, pemilihan bahan baku juga harus diperhatikan keamanannya. Pasalnya, ada beberapa bahan baku yang menggunakan bahan pengawet atau bahan kimia yang berbahaya.

Download dan Aktivasi KoinWorks NEO

Kembangkan bisnis kamu sekarang!

DOWNLOAD

Sebagai pebisnis ayam goreng, tentu kamu harus memastikan jika ayam yang kamu beli tersebut terjamin keamanannya. Pastikan ayam tersebut tidak menggunakan bahan pengawet tertentu agar lebih sehat.

Selain itu, ada baiknya kamu juga menanyakan bagaimana proses pemotongan ayam tersebut. Apakah sesuai dengan syariat umat muslim atau tidak. Pasalnya, cara pemotongan yang salah bisa mempengaruhi status kehalalan ayam tersebut dan hal ini sangat penting bagi para pelanggan yang beragama muslim.

Kalau perlu, kamu bisa mencari supplier ayam yang sudah memiliki label halal dari MUI. Dengan demikian, kemananan dari bahan baku tersebut menjadi lebih terjamin.

Cari Tahu Melalui Review 

Untuk mengetahui kualitas ayam yang dijual dari supplier tersebut, kamu juga bisa menanyakannya pada orang-orang yang pernah membeli ayam dari supplier tersebut. Selain itu, kamu juga bisa bertanya pada orang-orang yang sudah lebih dulu berkecimpung dalam bisnis ini, dimana biasa mereka mendapatkan ayam.

Sayangnya, kebanyakan para pebisnis seringkali merasa sungkan untuk berbagi supplier bahan baku mereka. Pasalnya, ini merupakan salah satu rahasia dapur yang tidak boleh sembarang orang mengetahuinya. 

Sistem Pengiriman Fleksibel

Dalam pemilihan supplier ayam, kamu juga perlu memikirkan bagaimana sistem pengirimannya. Tanyakan, apakah mereka memiliki waktu pengiriman sendiri atau bisa mengikuti kebutuhan order bisnis ayam goreng kamu. Tanyakan pula, apakah mereka akan mampu mengirim ayam segar setiap harinya untuk memasok bisnis kamu. 

Hal-hal seperti ini perlu didiskusikan dengan matang bersama supplier. Selain itu, pastikan tidak memilih supplier yang terlalu jauh agar proses pengiriman bisa dilakukan dengan lebih mudah.

Selalu Ready Stok Bahan Baku

Tidak hanya faktor kualitas saja, tetapi faktor kuantitas juga sangat penting untuk dipertimbangkan. Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, kamu harus memastikan supplier memiliki stok pengiriman ayam setiap hari atau tidak. 

Sebisa mungkin, sebaiknya kamu memilih supplier yang memiliki stok ayam banyak sehingga bisa melakukan pengiriman setiap hari. Supplier seperti ini biasanya memiliki stok daging lebih sehingga bisa dibutuhkan kapan saja ketika kamu membutuhkan stok tambahan untuk bisnis ayam goreng. 

Pasalnya, pada beberapa waktu tertentu biasanya ada order dengan kuantitas yang tinggi. Hal ini terjadi biasanya saat kamu diminta untuk mengirim ayam goreng ke event tertentu.

Ini bisa menjadi sebuah keuntungan yang cukup besar untuk kamu. Namun, sebaiknya jika supplier ayam tersebut tidak memiliki stok lebih, maka kamu tidak bisa memenuhi orderan tersebut karena kurangnya bahan baku dari supplier. Karena itu, strategi mendapatkan bahan baku berkualitas sangat penting.


Lihat berbagai strategi tepat dan efisien untuk bisnis ayam goreng kentucky kamu.

Bank digital khusus UKM pertama di Indonesia hadir untuk bantu segala keperluan bisnis dan keuangan kamu.

Kemudahan berbagai layanan seperti bebas biaya transfer antar bank dan pinjaman modal tanpa agunan untuk bisnismu hanya dengan KoinWorks NEO!

Download aplikasi KoinWorks dan mulai kembangkan asetmu sekarang!

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​