Home » Strategi-bisnis » Cara Analisa Pasar untuk Kembangkan Bisnis Cuci Mobil

Cara Analisa Pasar untuk Kembangkan Bisnis Cuci Mobil

Cara Analisa Pasar untuk Kembangkan Bisnis Cuci Mobil

Analisa pasar merupakan hal penting yang perlu dilakukan ketika akan membuka atau mengembangkan bisnis. Termasuk ketika akan mengembangkan bisnis cuci mobil, maka analisa pasar juga perlu diperhatikan. Agar kamu dapat membuat perencanaan bisnis yang matang sesuai kondisi pasar bisnis saat ini.

Cara Analisa Pasar Pengembangan Bisnis Cuci Mobil

Fakta jika tiap tahunnya jumlah pengguna mobil selalu bertambah merupakan salah satu alasan mengapa bisnis ini cukup menjanjikan. Namun terlepas dari hal itu, melakukan analisa pasar juga perlu kamu lakukan. Berikut langkah yang bisa kamu lakukan untuk melakukan analisa pasar:

Relevansi Pasar

Hal pertama yang bisa kamu analisa untuk melakukan pengembangan pada bisnis cuci mobil adalah masalah relevansi pasar. Analisa ini sendiri bisa dimulai dengan sebuah pertanyaan sederhana, apakah bisnis yang kamu lakukan masih dibutuhkan atau tidak?

Jika jawabannya “Ya”, maka kamu hanya tinggal melihat bagaimana omset bulanannya. Jika naik, meskipun sedikit, maka hal tersebut menunjukan harapan untuk berkembang.

Namun, jika terus turun dari bulan ke bulan, maka kamu perlu melihat terlebih dahulu penyebab penurunannya. Masalah relevansi pasar ini akan sangat berkaitan dengan banyak hal lainnya.

Mulai dari apakah harga yang kamu berikan sudah tepat atau belum? Apakah layanan yang kamu berikan sudah cukup atau perlu ditambah? Termasuk hal seperti apakah persaingan bisnis masih bisa kamu menangkan atau tidak?

Analisis Permintaan Pasar

Hal selanjutnya yang bisa kamu lakukan untuk melakukan analisis pasar untuk pengembangan bisnis cuci mobil adalah dengan melihat permintaan pasar. Secara singkat, kamu harus bisa menyediakan apa yang konsumen butuhkan.

Ada dua jenis permintaan yang perlu kamu perhatikan di sini. Pertama adalah kebutuhan primer, yakni konsumen yang datang membutuhkan mobil mereka menjadi bersih.

Dari sini kamu bisa melihat, apakah layanan yang kamu punya bisa memenuhi permintaan tersebut atau tidak? Selanjutnya adalah permintaan pendukung. Contohnya adalah kenyamanan ketika menunggu.

Kamu mungkin bisa menambahkan beberapa hal pendukung guna membuat konsumen nyaman, misalnya dengan memberikan fasilitas gratis wifi. Pemasangan wifi sendiri cukup murah. Biaya bulanannya sekitar Rp400.000,00. Beberapa provider bahkan menggratiskan biaya pemasangan.

Segmentasi Pasar

Bagi banyak orang, mobil merupakan barang mahal yang tentunya akan membutuhkan penanganan khusus, termasuk untuk urusan cuci mobil. Di sinilah segmentasi pasar akan menjadi penting.

Dalam hal ini, kamu perlu melihat apakah bisnis kamu bisa mencuci semua jenis mobil atau hanya mobil tertentu? Contohnya, apakah bisnis kamu bisa mencuci mobil terbaru yang penuh dengan komponen elektrik atau tidak?

Masalah segmentasi pasar ini sendiri akan berkaitan dengan kemampuan yang bisnis kamu punya. Menjadi keuntungan tersendiri jika bisnis kamu bisa menjangkau semua segmentasi pasar.

Namun jika tidak, maka kamu bisa menetapkan segmentasi pasar tertentu. Misalnya, hanya menerima mobil jenis tertentu atau mobil yang berasal dari brand tertentu.

Analisis Persaingan

Hal lainnya yang juga cukup penting untuk kamu lakukan ketika melakukan analisis pasar bisnis cuci mobil adalah melihat peta persaingan. Dalam hal ini, kamu akan melihat apakah kamu masih bisa bersaing atau tidak?

Tujuan dari melakukan analisis ini sendiri lebih kepada melihat apa yang menjadi keunggulan dan kelemahan bisnis kamu jika dibandingkan dengan bisnis lainnya. Kamu bisa melakukannya dengan cara mengunjungi akun media sosial, datang langsung ke lokasi cuci mobil kompetitor, atau mengunjungi website bisnis mereka.

Lebih lanjut, ini juga akan bermanfaat untuk melakukan evaluasi bisnis ke depannya. Nantinya, kamu bisa melihat apa yang perlu ditambahkan atau dikurangi dalam bisnis yang kamu lakukan? Termasuk kamu juga bisa melihat potensi apa yang mungkin kamu lewatkan?

Selain itu, masalah persaingan ini juga akan berpengaruh dengan strategi yang akan kamu terapkan ke depannya. Tentunya, akan lebih mudah untuk menentukan strategi yang tepat, ketika kamu sudah tahu lawan yang akan kamu hadapi.

Analisa Potensi

Analisis lainnya yang juga penting untuk kamu lakukan ketika akan melakukan pengembangan usaha adalah melihat potensi yang mungkin bisa kamu maksimalkan. Potensi ini sendiri akan berkaitan dengan apa yang sudah dan belum kamu miliki. 

Contohnya adalah berapa jumlah mobil yang bisa dicuci dalam waktu bersamaan? Apakah ada potensi untuk menambah jumlah tersebut? Jika iya, mungkin kamu perlu memikirkan berapa jumlah uang yang perlu kamu siapkan dan berapa jumlah yang nantinya akan kamu dapatkan.

Contoh lainnya adalah, mungkinkah jika usaha kamu tersebut tidak hanya melayani jasa cuci mobil, namun juga sekaligus jasa cuci motor? Analisis potensi ini menjadi cukup penting, karena akan berlangsung berdampak dengan proses bisnis ke depannya

Yuk, Lakukan Analisis Pasar Pada Bisnis Cuci Mobil?

Ada banyak hal yang menjadi tujuan dari melakukan analisis pasar bisnis cuci mobil. Salah satunya adalah bisa mengetahui berbagai potensi yang mungkin kamu lewatkan. Selain itu, analisis pasar ini juga bermanfaat untuk mengetahui kondisi pasar kala itu. Maka dari itu, yuk, lakukan analisa pasar bisnis sesegera mungkin!


Lihat berbagai strategi tepat dan efisien untuk bisnis cuci mobil kamu.

Bank digital khusus UKM pertama di Indonesia hadir untuk bantu segala keperluan bisnis dan keuangan kamu.

Kemudahan berbagai layanan seperti bebas biaya transfer antar bank dan pinjaman modal tanpa agunan untuk bisnismu hanya dengan KoinWorks NEO!

[E-Book GRATIS] Dapatkan konten ekslusif seputar strategi bisnis di sini
DAFTAR SEKARANG!
Pilih E-book untuk kamu download.
Dalam Ebook ini mengulas:Cara mudah untuk pebisnis melakukan iklan Google Display Network berupa banner atau visual yang ampuh untuk meningkatkan penjualan.
Dalam Ebook ini mengulas:Membantu pebisnis mengetahui lebih banyak tentang performa promosi yang dilakukan di dunia digital terutamanya platform Facebook untuk menentukan audiens.
Dalam Ebook ini mengulas:Penggunaan Business Metrics/KPI yang tepat untuk melacak sejauh mana bisnis kita sudah berjalan dan seberapa banyak target dari usaha kita yang sudah tercapai.
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.
Cara Analisa Pasar untuk Kembangkan Bisnis Cuci Mobil

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​