Home » Strategi-bisnis » 4 Cara Edukasi Konsumen Tentang Layanan Cuci Mobil

4 Cara Edukasi Konsumen Tentang Layanan Cuci Mobil

4 cara mengedukasi konsumen tentang layanan cuci mobil

Konsumen mempunyai hak untuk mendapatkan informasi tepat dan pelayanan yang baik. Seringkali pemilik bisnis harus mencari cara edukasi konsumen dalam menggunakan produk

Termasuk untuk bisnis cuci mobil yang kebanyakan orang pahami hanya sebatas tempat mencuci kendaraan. Sebab ketika konsumen tidak memahami betul layanan cuci mobil di tempatmu, mereka bisa komplain.

Padahal kamu sudah menyiapkan berbagai jenis layanan dengan kualitas baik. Namun hal itu jadi percuma jika infonya tidak sampai ke konsumen.

Cara Edukasi Konsumen dalam Menggunakan Produk 

Berikut ini 4 caranya: 

Memberitahu Profil, Jenis Layanan dan Keunggulan 

Cara pertama adalah dengan melengkapi semua materi profil dari bisnis cuci mobil milikmu. Mulai dari sekilas tentang bisnis, pilihan layanan, keunggulan, dan kontak. Pastikan semua itu tersedia lengkap di website, sehingga siapapun bisa melihatnya. 

Dengan memiliki website yang bagus bisnismu semakin dipercaya oleh konsumen. Untuk menjangkau calon customer yang lebih luas lagi, kamu juga bisa memanfaatkan outdoor advertising, atau media luar ruangan seperti spanduk, baliho, dan billboard

Untuk spanduk, baliho, dan billboard, pasanglah di lokasi strategis yang memungkinkan calon konsumen melihat iklan dengan frekuensi cukup sering. Cara ini juga bagus untuk menumbuhkan awareness masyarakat jika kamu baru membuka bisnis cuci mobil di daerah tersebut.

Memasang Iklan 

Selain memasang iklan menggunakan media luar ruangan kamu juga bisa membuat iklan di media lain seperti koran, majalah, website, dan media sosial. Tentukan mana yang kira-kira lebih efektif untuk menjangkau target audience bisnis cuci mobil. 

Misalnya memilih iklan di koran karena ingin menggaet calon konsumen usia >30 tahun dan pensiunan yang masih memiliki kebiasaan membaca koran. Atau kamu memilih media website dengan memasang iklan di situs-situs yang membahas dunia otomotif.

Membuat Signage 

Signage merupakan papan info yang memiliki fungsi instruksional yaitu mengarahkan arah jalan, memberi tanda bahaya, atau area terlarang, sampai petunjuk keselamatan. 

Signage juga mempunyai fungsi promosional untuk memberitahu nama dan lokasi bisnis, juga untuk mempromosikan suatu layanan atau produk.

Kamu bisa memanfaatkan signage untuk memberi edukasi konsumen di tempat cuci mobil, terutama untuk tempat cuci mobil otomatis. Kamu juga bisa memesan signage custom untuk tujuan branding.

Papan info yang bisa kamu buat meliputi plang nama bisnis cuci mobil lengkap dengan alamat. Signage ini bisa kamu taruh di depan dekat pinggir jalan. Untuk membuat setiap kendaraan yang lalu lalang tahu ada tempat cuci mobil.

Kemudian kamu juga bisa buat beragam signage di dalam area cuci mobil untuk memberikan petunjuk kepada konsumen kegunaan dari setiap sudut. Serta untuk memberikan info alur pelayanan, jenis layanan yang tersedia dan promo spesial bulan ini.

Kamu bisa membuat digital signage yaitu papan informasi yang memanfaatkan teknologi LED, LCD, atau juga plasma. Digital signage memungkinkamu mengganti isi informasi dengan mudah, menarik perhatian pelanggan, dan membuat papan informasi yang interaktif. 

Membuat Konten Tips di Media Sosial 

Cara edukasi konsumen dalam menggunakan produk layanan cuci mobil bisa memanfaatkan media sosial. Kamu dapat membuat banyak konten informatif berupa tips dan trik, serta konten edukatif soal layanan di tempat cuci mobil. 

Kamu juga bisa menciptakan konten menarik yang bisa membuat follower senang berinteraksi dengan akun instagram bisnis cuci mobil milikmu. Dengan membuat konten mengikuti tren yang lagi viral, ampuh menaikkan engagement akun.

Justru konten edukasi seperti tutorial dan tips, lebih efektif untuk  dijadikan strategi marketing. Orang lebih tertarik dengan konten yang bermanfaat dan bisa dibagikan. Dibanding iklan promosi yang seringkali tidak dilirik audience. Jadi tidak melulu fokus menjual produk atau menawarkan layanan. 

Bagikan juga bagaimana cara petugas yang sigap dan rapi ketika membersihkan  kendaraan di tempat cuci mobil. Konten seperti ini bisa menambah kepercayaan calon konsumen dan akhirnya mereka menjadi pelanggan.

Penjelasan Langsung Oleh Petugas 

Selain menyiapkan media untuk edukasi konsumen, baik media online dan cetak, kamu juga harus menyiapkan sumber daya manusia yang cakap. Pastikan setiap petugas memahami betul product knowledge dari bisnis cuci mobil. 

Mulai dari paham dengan alur pelayanan, prosedur pelayanan, pilihan jenis layanan, dan keunggulan dari bisnis cuci mobil. Dengan begitu petugas bisa memberitahu pelanggan tentang layanan di tempat cuci mobil. Bahkan bisa memberikan rekomendasi atau saran perawatan kendaraan apa yang tepat untuk dipilih pelanggan.

Selain memastikan petugas hafal dengan product knowledge, kamu juga membuat standard operating procedure untuk pelayanan. Berikan petugas pelatihan bagaimana memberikan layanan yang baik dan cara menanggapi keluhan konsumen.

Supaya setiap petugas bisa melayani dengan standar yang sama. Seperti misalnya harus ramah, cepat tanggap, solutif, dan komunikatif. Kalaupun ada masalah di kemudian hari petugas sudah tahu bagaimana menangani keluhan konsumen dengan cara yang baik. 

Dengan begitu kepuasan pelanggan jadi meningkat. Membuat pelanggan memilih tempat cuci mobil milikmu untuk membersihkan kendaraan mereka. 

Itu cara edukasi konsumen dalam menggunakan produk layanan bisnis cuci mobil. Dengan memperhatikan bagaimana memberikan layanan dan memahami kebutuhan konsumen, bisa membuat bisnis cuci mobil milikmu lebih unggul.


Untuk para pelaku usaha kecil dan menengah, online sellers, dan freelancers. Kamu bisa lihat artikel lainnya di KoinWorks untuk dapatkan insight positif bagaimana cara berbisnis!

Nikmati kemudahan transaksi bisnis dan keuangan kamu dalam satu aplikasi hanya di KoinWorks NEO!

[E-Book GRATIS] Dapatkan konten ekslusif seputar strategi bisnis di sini
DAFTAR SEKARANG!
Pilih E-book untuk kamu download.
Dalam Ebook ini mengulas:Cara mudah untuk pebisnis melakukan iklan Google Display Network berupa banner atau visual yang ampuh untuk meningkatkan penjualan.
Dalam Ebook ini mengulas:Membantu pebisnis mengetahui lebih banyak tentang performa promosi yang dilakukan di dunia digital terutamanya platform Facebook untuk menentukan audiens.
Dalam Ebook ini mengulas:Penggunaan Business Metrics/KPI yang tepat untuk melacak sejauh mana bisnis kita sudah berjalan dan seberapa banyak target dari usaha kita yang sudah tercapai.
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.
4 Cara Edukasi Konsumen Tentang Layanan Cuci Mobil

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​