Home » Strategi-bisnis » 5 Cara Melakukan Promosi Media Sosial di Bisnis Boba

5 Cara Melakukan Promosi Media Sosial di Bisnis Boba

5 Cara Melakukan Promosi Media Sosial di Bisnis Boba

Apa saja promosi media sosial terbaik yang bisa kamu gunakan pada bisnis minuman boba

Tentu sudah banyak bisnis melakukan kegiatan promosi & pemasaran mereka melalui platform media sosial.

Tetapi hal tersebut sebaiknya tidak dilakukan secara sembarangan.

Sebagai seorang pemilik bisnis food & beverage, khususnya bisnis minuman boba, kamu perlu menentukan apa saja jenis promosi yang sesuai untuk dilakukan pada akun media sosial bisnismu.


5 Cara Melakukan Promosi Media Sosial di Bisnis Boba

Seperti telah disebutkan sebelumnya, kegiatan promosi & pemasaran bisnis minuman boba milikmu sebaiknya dilakukan secara terukur dan terarah.

Nah, berikut adalah beberapa cara mudah untuk melakukan promosi melalui media sosial.

Silakan disimak!


1. Membuat konten yang menarik

Hal pertama yang perlu kamu lakukan untuk berpromosi melalui media sosial adalah dengan membuat konten yang menarik perhatian konsumen.

Ini penting, terutama bagi konsumen yang memang menjadi target penjualan bisnismu.

Nah, pembuatan konten mungkin akan lebih mudah kamu lakukan jika sebelumnya kamu telah melakukan segmentasi pasar.

Dari segmentasi pasar, kamu dapat mengetahui persona dan karakter konsumen yang menjadi target bisnismu.

Misalnya, dari hasil analisis, kamu mendapatkan bahwa target konsumenmu adalah para remaja yang mayoritas berprofesi sebagai pelajar dan mahasiswa.

Berdasarkan informasi tersebut, kamu bisa membuat konten yang memang menarik perhatian kelompok pelajar dan mahasiswa tersebut.


2. Mengajak orang terdekat untuk berpartisipasi

Berikutnya, setelah akun media sosial bisnismu sudah aktif dan agenda konten sudah selesai kamu buat, kamu bisa mulai berpromosi melalui media sosial dengan mengunggah konten tersebut.

Nah, jika akun media sosial bisnismu masih memiliki sedikit pengikut atau follower, kamu bisa ajak kerabat atau teman-temanmu untuk melakukan follow pada akun bisnis tersebut.

Misalnya, kamu ajak orang-orang terdekat untuk melakukan follow pada akun Instagram bisnismu.

Kemudian minta mereka untuk me-repost, mengelik like, dan juga memberikan comment pada tiap konten yang bisnismu unggah.

Semakin banyak pengguna yang melakukan interaksi dan membagikan/meneruskan konten tersebut ke pengguna lainnya, maka konten tersebut akan Instagram anggap sebagai konten yang penting.

Dengan begitu, algoritma Instagram akan dengan sendirinya menampilkan kontenmu kepada para pengguna Instagram lainnya.


3. Mengadakan giveaway

Jika akun media sosial milikmu (Instagram, Facebook, TikTok) sudah memiliki cukup banyak pengikut, kamu bisa berinteraksi dengan mereka secara berkala.

Salah satu jenis interaksinya adalah dengan rutin mengadakan giveaway.

Bisnismu bisa melakukan giveway dalam bentuk hadiah produk atau voucher potongan harga kepada para audience atau konsumen, tetapi dengan syarat konsumen tersebut harus bersedia melakukan apa yang kamu minta.

Sebagai contoh, bisnismu rutin mengadakan giveaway kupon potongan harga 30% pada tiap hari Jumat, kepada 10 orang pengikut akun bisnismu.

Kamu bisa memberi syarat bahwa mereka harus mengunggah foto selfie, sambil menceritakan aktivitas sehari-hari, dan mengunggahnya di akun Instagram masing-masing.

Kamu juga bisa meminta mereka menuliskan kisah tersebut di bagian caption, dengan menggunakan tagar-tagar (hashtag) yang sudah kamu tentukan sebelumnya.

Cara seperti ini lumayan ampuh untuk meningkatkan engagement di akun media sosial milikmu, sekaligus menambah jumlah follower, dan meningkatkan penjualan.


4. Menggunakan fitur ads

Berbagai media sosial seperti Instagram, Facebook, dan TikTok menyediakan fitur ads, di mana kamu bisa beriklan sesuai dengan materi yang ingin kamu sampaikan.

Kamu pun bisa melakukan promosi melalui media sosial dengan fitur ads ini.

Jika bisnismu sudah memiliki akun Instagram/Facebook yang telah tervalidasi identitasnya, maka kamu bisa membuat iklan melalui Meta Business Suite (sebelumnya bernama Facebook Business Manager).

Sebelum itu, pastikan juga bahwa bisnis yang kamu kelola sudah memiliki akun bisnis Instagram dan Facebook Page. Hal ini sebenarnya bersifat opsional, namun bisa mempermudah proses promosi bisnis nantinya.

Biaya iklan untuk kedua platform ini ditentukan berdasarkan CPC (cost per click) dan CPM (cost per mille).

Nah, berbeda dengan Meta Business Suite, di mana akun profil Facebook-mu dapat kamu gunakan untuk menjalankan iklan pada beberapa bisnis lain.

Pada platform TikTok, kamu hanya bisa menjalankan iklan untuk bisnis yang memiliki akun TikTok tersebut saja.

Biaya iklan untuk TikTok ditentukan berdasarkan CPC (cost per click) dan CPM (cost per mille), dengan biaya minimum pemasangan iklan sebesar $500 per campaign.


5. Melakukan kolaborasi dengan influencer

Cara yang terakhir untuk promosi melalui media sosial, kamu bisa menggunakan jasa endorsement dari para influencercontent creator, atau key opinion leader.

Sebagai contoh, kamu menemukan seorang influencer yang juga merupakan seorang food enthusiast yang bisa kamu ajak bekerja sama untuk mempromosikan produk minuman boba.

Hubungi dan sewalah jasanya untuk memperkenalkan bisnismu ke orang-orang yang menjadi audience-nya.

Dengan begitu, bisnis & produk minuman boba buatanmu akan semakin dikenal oleh komunitas dan kelompok konsumen yang lebih luas.

Seandainya kegiatan endorsement yang dilakukan cukup unik & berbeda, kemungkinan besar akan viral dan menjadi bahan perbincangan orang-orang.

Tentu saja dalam konteks yang positif, ya.

Kamu sebaiknya analisis dulu apa konsep & produk yang ingin bisnismu promosikan, dan siapa saja influencer yang bisa kamu ajak bekerja sama.

Hindari sembarangan memilih figur influencer yang kurang jelas kredibilitasnya, karena hal ini akan berpengaruh ke branding bisnismu nantinya.


Yuk, Mulai Promosi Media Sosial untuk Bisnis Boba Milikmu!

Itulah beberapa cara dan tahapan yang mudah kamu lakukan dalam berpromosi melalui media sosial, untuk bisnis minuman boba.

Mulai dari membuat agenda konten yang menarik & tepat sasaran, mengajak orang-orang terdekat untuk berpartisipasi menyebar kontenmu, rutin mengadakan giveaway, menggunakan ads secara optimal, hingga melakukan kolaborasi dengan para influencer.

Semoga bermanfaat!

. . .

Kalau kamu termasuk salah satu pelaku usaha kecil, online sellers, atau freelancers, KoinWorks punya satu solusi nih untuk semua kebutuhan keuangan kamu.

Mulai dari transfer antar bank tanpa biaya admin, pembuatan invoice & laporan keuangan, hingga ke akses yang fleksibel untuk mendapatkan pinjaman– semua ini khusus untuk mendukung usaha & bisnis kamu, dan bisa kamu dapatkan di KoinWorks NEO.

Yuk, cari tahu lebih banyak tentang KoinWorks NEO di sini!

[E-Book GRATIS] Dapatkan konten ekslusif seputar strategi bisnis di sini
DAFTAR SEKARANG!
Pilih E-book untuk kamu download.
Dalam Ebook ini mengulas:Cara mudah untuk pebisnis melakukan iklan Google Display Network berupa banner atau visual yang ampuh untuk meningkatkan penjualan.
Dalam Ebook ini mengulas:Membantu pebisnis mengetahui lebih banyak tentang performa promosi yang dilakukan di dunia digital terutamanya platform Facebook untuk menentukan audiens.
Dalam Ebook ini mengulas:Penggunaan Business Metrics/KPI yang tepat untuk melacak sejauh mana bisnis kita sudah berjalan dan seberapa banyak target dari usaha kita yang sudah tercapai.
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.
5 Cara Melakukan Promosi Media Sosial di Bisnis Boba

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​