Home » Strategi-bisnis » Cara Memperluas Target Pasar Baru Melalui Online Bisnis Desain Interior

Cara Memperluas Target Pasar Baru Melalui Online Bisnis Desain Interior

cara memperluas target pasar baru melalui online bisnis interior

Agar bisnis desain interior dapat berkembang dengan cepat, kamu perlu memanfaatkan teknologi online. Ketahui cara memperluas target pasar baru melalui online supaya bisa menjangkau banyak target audiens, mulai dari kaum milenial hingga generasi lama. 

Cara Memperluas Target Pasar Baru Melalui Online dengan Mudah

Desain interior akan bisa berkembang ketika kamu menemukan pola pemasaran yang tepat. Salah satunya dengan memperluas target pasar dari cara konvensional ke cara digital melalui internet marketing. Dengan begitu, jangkauan pasar akan lebih luas, produk mudah dikenali banyak orang, penawaran bisa dilakukan secara terbuka. 

Ada beragam strategi untuk memperluas target audiens, tetapi kami sudah merangkumnya dalam cara efektif ini. 

Definisikan Kembali Target Pasar Bisnis Kamu

Sebelum melangkah ke perluasan target pasar, kamu harus memahami dulu pasar yang dijangkau saat ini. Ketahui secara detail siapa persona target yang dituju. 

Mungkin secara garis besar kamu tahu jika target pasar bisnis desain interior kamu adalah wanita dan laki-laki mulai usia 25 tahun dan pasangan yang sudah menikah. Akan tetapi, dengan mendetailkan lagi faktor-faktor pendukung seperti lokasi, permasalahan yang mereka hadapi, solusi apa yang mereka inginkan, selera mereka dalam desain interior, kesukaan furniture, pemilihan layout, atau skema warna yang paling disukai; bisa membantu kamu dalam menentukan target pasar yang tepat. 

Tanpa perlu berganti ke target baru, kamu cukup memahami target yang ada, perluas detailnya dan coba gaet mereka kembali dengan pemahaman yang berbeda. Tentunya dengan kamu membawa solusi yang berbeda, sesuai kebutuhan mereka. 

Ungkapkan Motivasi Target Audiens yang Diincar

Setiap orang pasti memiliki alasan untuk melakukan makeover ruangan, memperbaiki desain interior rumah mereka, atau membeli perabot baru. Rata-rata, mereka akan tertarik untuk membeli dari iklan yang memberikan referensi tepat sesuai kebutuhan saat ini. Maka, kamu perlu melakukan: 

  • Identifikasi apa saja hambatan yang menghalangi konsumen untuk membeli dan motivasi mereka tertarik untuk berbelanja produk interior. 
  • Pilih tiga dari hambatan dan motivasi terbaik yang menurut kamu akan dapat memicu orang-orang untuk membeli produk desain interior kamu. 

Gunakan Tools Analytics untuk Memperoleh Data yang Akurat

Kekuatan data itu tidak terbatas. Ada banyak tools analytics yang bisa kamu gunakan untuk memberikan data akurat tentang perilaku calon pelanggan dalam berbelanja produk-produk interior. 

Dari data tersebut, kamu akan menemukan perilaku mereka, mendapatkan analisis yang tepat, kemudian menciptakan desain produk interior yang sesuai kebutuhan market. Kamu juga bisa menemukan konsep iklan seperti apa yang paling mereka sukai dan bisa menggaet mereka. 

Gunakan Media Sosial yang Ada

Berbicara mengenai data, media sosial merupakan platform paling penting dan mudah untuk membantu kamu mendapatkan data dengan cepat. Melalui media sosial, kamu juga bisa mengetahui tingkat engagement dengan target pasar. 

Cara memperluas target pasar baru melalui online media sosial adalah dengan: 

  • Memposting konten menarik tentang desain interior yang sudah pernah kamu kerjakan. 
  • Membuat konten edukasi tentang tips desain interior, pemilihan furniture, atau tips renovasi kamar dengan mudah. 
  • Lakukan interaksi dengan calon konsumen melalui kolom komentar, atau konten kuis. 
  • Lakukan live streaming yang menunjukkan proses dalam pengerjaan renovasi desain interior sebuah ruangan. 
  • Gunakan caption dan tagar yang tepat dan menarik, agar konten kamu masuk dalam pencarian media sosial dan bisa ditemukan dengan mudah. 

Definisikan Ulang Tagline Brand

Untuk bisa memperluas target pasar baru, kamu pun perlu mendefinisikan ulang tagline brand yang tepat. Bila semua tagline hanya dikhususkan untuk golongan atau area tertentu, maka ubah agar lebih general dan dapat diterima oleh semua kalangan. 

Langkah awal, kamu harus menentukan demografis dari target pasar yang baru. Kemudian, cari tagline yang tepat, yang bisa mewakili para pelanggan lama dan calon konsumen potensial. Pastikan, kamu tidak kehilangan inti dari brand dan pesan yang ingin disampaikan. 

Identifikasi Budaya

Dalam desain interior, unsur budaya tidak pernah bisa kamu tinggalkan. Tetapi, setiap orang memiliki kesukaannya masing-masing. Maka, dalam memperluas jangkauan target pasar, kamu perlu mengidentifikasi budaya mana yang akan kamu incar dan jadikan referensi utama untuk menggaet klien-klien yang prospek. 

Misal, target tujuan adalah masyarakat Indonesia yang tinggal di area Jawa, Kalimantan, Bali, dan Sumatera. Maka, kamu bisa menyediakan beberapa desain interior yang secara global dapat menggambarkan budaya dari tiap daerah tersebut. 

Buat Iklan Desain yang Menarik dan Melibatkan Target Audiens 

Semakin menarik dan relevan iklan visual yang kamu buat, maka semakin tinggi pula konversi pendapatan yang akan kamu peroleh. Maka, pastikan kamu membuat iklan desain interior yang menarik dan melibatkan target audiens. 

Dalam pembuatannya, sangat penting untuk mempertimbangkan: 

  • Pilih salah satu motivasi terkuat konsumen untuk membeli produk desain interior dan konversi ke dalam bentuk visual dan teks. 
  • Buat format iklan yang tepat dengan target audiens. Pilih antara iklan berlatar sebuah cerita yang relevan dengan kehidupan konsumen atau animasi ringan yang memberi edukasi. 
  • Pastikan kamu memilih font maupun warna yang konsisten dan berhubungan dengan logo perusahaan untuk visual teks dalam iklan. 

Itulah cara memperluas target pasar baru melalui online yang bisa kamu praktekkan untuk mengembangkan bisnis desain interior. Pastikan untuk melakukan evaluasi secara berkala agar dapat melakukan perbaikan sesegera mungkin.


Untuk para pelaku usaha kecil dan menengah, online sellers, dan freelancers. Kamu bisa lihat artikel lainnya di KoinWorks untuk dapatkan insight positif bagaimana cara berbisnis!

Nikmati kemudahan transaksi bisnis dan keuangan kamu dalam satu aplikasi hanya di KoinWorks NEO!

[E-Book GRATIS] Dapatkan konten ekslusif seputar strategi bisnis di sini
DAFTAR SEKARANG!
Pilih E-book untuk kamu download.
Dalam Ebook ini mengulas:Cara mudah untuk pebisnis melakukan iklan Google Display Network berupa banner atau visual yang ampuh untuk meningkatkan penjualan.
Dalam Ebook ini mengulas:Membantu pebisnis mengetahui lebih banyak tentang performa promosi yang dilakukan di dunia digital terutamanya platform Facebook untuk menentukan audiens.
Dalam Ebook ini mengulas:Penggunaan Business Metrics/KPI yang tepat untuk melacak sejauh mana bisnis kita sudah berjalan dan seberapa banyak target dari usaha kita yang sudah tercapai.
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.
Cara Memperluas Target Pasar Baru Melalui Online Bisnis Desain Interior

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​