Home » Strategi-bisnis » 5 Bentuk Inovasi & Kreativitas di Bisnis Desain Interior

5 Bentuk Inovasi & Kreativitas di Bisnis Desain Interior

5 Bentuk Inovasi & Kreativitas di Bisnis Desain Interior

Apa saja jenis inovasi & kreativitas yang bisa kamu kembangkan pada sebuah bisnis desain interior?

Tren bisnis properti yang terus berkembang setiap tahunnya membuat kebutuhan akan jasa desain interior semakin meningkat.

Kebutuhan yang meningkat ini juga selaras dengan peningkatan inovasi dan kreativitasnya.

Lalu, bagaimana cara mengembangkan inovasi dan kreativitas tersebut dalam bisnis desain interior?


5 Bentuk Inovasi & Kreativitas di Bisnis Desain Interior

Inovasi dan kreativitas merupakan aspek penting dalam suatu bisnis desain interior.

Untuk meningkatkan eksistensi dan loyalitas dari para konsumen, kamu sebagai seorang pemilik bisnis desain harus terus meningkatkan inovasi dan kreativitas bisnis ini.

Berikut ini adalah beberapa bentuk inovasi kreatif yang bisa kamu terapkan pada bisnis desain interior.

Silakan disimak!


1. Membangun portofolio desain

Salah satu inovasi dan kreativitas yang bisa kamu lakukan untuk menjaga eksistensi bisnis desain interior adalah dengan mengelola dokumentasi portofolio desain.

Portofolio desain adalah salah satu aspek penting dalam suatu bisnis desain interior. Ini merupakan salah satu media untuk berkomunikasi dan melakukan pemasaran kepada klien.

Kualitas portofolio suatu bisnis desain interior harus baik dan bermutu, agar konsumen dapat menilai bisnis desain interior kamu sebagai bisnis yang profesional dan kompeten.

Salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk mendokumentasikan portofolio desain interior bisnis milikmu adalah melalui pengambilan gambar yang bagus.

Gunakan kamera dengan resolusi yang tinggi, agar kualitas gambar portofolio kamu dapat terlihat dengan jelas.

Hindari menggunakan kamera smartphone untuk mendokumentasikan portofolio desain interior, karena kualitasnya sangat terbatas.

Jika kamu tidak memiliki kamera, kamu bisa menggunakan jasa fotografer untuk memotret portofolio desain interior kamu.

Kamu bisa mengalokasikan anggaran untuk foto dokumentasi portofolio desain interior sebesar Rp3.000.000,00 hingga Rp4.000.000,00.

Alokasi biaya tersebut terhitung cukup besar, mengingat foto untuk portofolio desain interior membutuhkan lensa khusus dan skill fotografer yang bagus.


2. Menjalin partnership dengan bisnis lain

Inovasi selanjutnya yang bisa kamu lakukan untuk bisnis desain interior kamu adalah dengan menjalin kerja sama atau partnership dengan pihak ketiga.

Pihak ketiga di sini adalah supplier atau vendor yang memiliki hubungan dengan bisnismu.

Beberapa supplier atau vendor yang memiliki hubungan dengan bisnis desain interior, antara lain supplier furnitur, vendor wallpaper, supplier bahan-bahan lantai, supplier kain, kayu, dan lain sebagainya.

Kerja sama atau partnership tersebut perlu kamu bangun untuk beberapa tujuan.

Tujuan yang pertama, yaitu meningkatkan relasi bisnis dan kepercayaan antar bidang bisnis. Selain itu, kamu juga akan berkesempatan untuk memperluas jaringan pemasaran, dan meningkatkan branding untuk bisnis desain interior kamu.


3. Meningkatkan branding dan pemasaran

Setiap bisnis harus memiliki strategi branding dan pemasaran yang sesuai dengan model bisnis mereka masing-masing.

Bisnis desain interior milikmu juga harus memiliki strategi khusus dalam hal branding dan pemasaran kepada konsumen.

Salah satu platform branding dan pemasaran yang cukup efektif untuk semua bidang bisnis adalah menggunakan media sosial.

Selain mudah dan murah, pemasaran melalui media sosial juga memiliki potensi engagement yang tinggi dari para pengguna media sosial tersebut, karena kemudahan akses informasi saat ini.

Website juga merupakan salah satu media branding dan promosi yang efektif. Bisnis desain interior merupakan salah satu bisnis besar yang membutuhkan kepercayaan dan ulasan yang relevan.

Salah satu media branding yang bisa kamu gunakan untuk meningkatkan kepercayaan konsumen adalah melalui pengembangan portofolio melalui website tersebut.

Sebuah website bisnis bisa kamu gunakan untuk menampilkan portofolio desain interior, dan menginformasikan layanan yang kamu miliki.

Untuk mengembangkan website ini, kamu bisa menyiapkan anggaran mulai dari Rp2.000.000,00.


4. Meningkatkan keterampilan

Meningkatkan skill dan keterampilan desain interior juga merupakan salah satu bentuk inovasi dan kreativitas yang bisa kamu lakukan dalam bisnis ini.

Peningkatan skill dan keterampilan tersebut penting untuk menjaga kualitas produk desain interior kamu.

Desain interior memiliki perkembangan yang cepat, karena selalu mengikuti tren dan permintaan konsumen.

Oleh karena itu, peningkatan skill dan keterampilan para desainer penting untuk bisnismu lakukan, guna menjaga eksistensi dan kepercayaan konsumen pada bisnis desain interior milikmu.

Beberapa hal yang bisa kamu lakukan adalah dengan cara memberikan pelatihan dan workshop kepada para desainer.

Kamu juga bisa mengikuti kursus desain interior, baik yang berskala nasional maupun internasional.

Dari program peningkatan skill dan keterampilan tersebut, maka keterampilan desainmu akan meningkat.

Selain itu, kamu juga akan mendapatkan lisensi dan sertifikat dalam bidang desain interior, yang akan bermanfaat untuk meningkatkan kredibilitas bisnis milikmu.


5. Mengikuti kegiatan di beragam komunitas

Bentuk inovasi dan kreativitas terakhir yang bisa kamu lakukan untuk bisnis desain interior, yaitu bergabung dengan komunitas.

Bergabung dengan komunitas bisa kamu lakukan dengan tujuan untuk memperluas relasi dan jaringan.

Selain itu, bergabung dengan komunitas desain interior juga akan meningkatkan pengetahuan dan ilmu dalam bidang desain interior.

Karena biasanya dalam suatu komunitas sering kali diadakan berbagai macam event atau pelatihan, yang berhubungan dengan peningkatan skill dan keterampilan.


Ayo, Kembangkan Inovasi & Kreativitas di Bisnis Desain Interior!

Beberapa contoh inovasi dan kreativitas tersebut merupakan contoh yang bisa kamu jadikan sebagai referensi untuk bisnis desain interior yang sedang kamu rintis.

Namun, pastikan inovasi dan kreativitas yang akan kamu jalankan memiliki prioritas yang tinggi untuk pengembangan bisnismu, ya.

Semoga bermanfaat!

. . .

Kalau kamu termasuk salah satu pelaku usaha kecil, online sellers, atau freelancers, KoinWorks punya satu solusi nih untuk semua kebutuhan keuangan kamu.

Mulai dari transfer antar bank tanpa biaya admin, pembuatan invoice & laporan keuangan, hingga ke akses yang fleksibel untuk mendapatkan pinjaman– semua ini khusus untuk mendukung usaha & bisnis kamu, dan bisa kamu dapatkan di KoinWorks NEO.

Yuk, cari tahu lebih banyak tentang KoinWorks NEO di sini!

[E-Book GRATIS] Dapatkan konten ekslusif seputar strategi bisnis di sini
DAFTAR SEKARANG!
Pilih E-book untuk kamu download.
Dalam Ebook ini mengulas:Cara mudah untuk pebisnis melakukan iklan Google Display Network berupa banner atau visual yang ampuh untuk meningkatkan penjualan.
Dalam Ebook ini mengulas:Membantu pebisnis mengetahui lebih banyak tentang performa promosi yang dilakukan di dunia digital terutamanya platform Facebook untuk menentukan audiens.
Dalam Ebook ini mengulas:Penggunaan Business Metrics/KPI yang tepat untuk melacak sejauh mana bisnis kita sudah berjalan dan seberapa banyak target dari usaha kita yang sudah tercapai.
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.
5 Bentuk Inovasi & Kreativitas di Bisnis Desain Interior

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​