Home » Strategi-bisnis » Bentuk Promosi untuk Pelanggan Baru dan Lama Bisnis Desain Interior

Bentuk Promosi untuk Pelanggan Baru dan Lama Bisnis Desain Interior

bentuk promosi untuk pelanggan baru dan lama bisnis desain interior

Dalam bisnis interior, kamu harus bisa menyeimbangkan antara komunikasi dengan klien, desain, peninjauan dan pengecekan, hingga penagihan pelunasan. Tidak lupa juga tentang promosi untuk mendapatkan klien-klien baru. Sebab, sebuah kesuksesan akan bisa terlihat ketika bisnis itu berhasil berkembang dengan mendatangkan banyak keuntungan. Maka, kamu perlu mengetahui bentuk promosi untuk pelanggan baru dan lama agar semakin banyak orang memakai jasa desain interior kamu. 

Bentuk Promosi untuk Pelanggan Baru dan Lama yang Perlu Diketahui

Strategi pemasaran dalam bisnis desain interior akan membutuhkan banyak usaha, waktu, dan juga pekerjaan. Tetapi, potensi untuk memperoleh klien-klien baru begitu besar. Untuk itulah, kamu perlu mengetahui bentuk-bentuk promosi yang dapat mendatangkan keuntungan bagi perusahaan dengan banyaknya klien baru yang potensial serta klien lama yang kembali memesan. 

Bentuk-Bentuk Promosi untuk Konsumen Baru

Agar calon konsumen potensial tertarik untuk menggunakan jasa desain interior kamu, maka lakukan ini: 

Adakan Lomba Makeover Ruangan

Langkah yang unik dan berani untuk menggaet banyak orang agar mengenal brand bisnis desain interior kamu. Dengan mengadakan lomba makeover sebuah ruangan, kamu akan bisa menunjukkan ke orang-orang bagaimana kinerja tim kamu dan memperlihatkan hasilnya. 

Lomba itu bisa diadakan dengan meminta orang-orang yang merasa memiliki “ruangan/kamar paling jelek dan harus direnovasi” untuk mengirimkan foto atau video. Kemudian, kamu menunjuk beberapa orang dalam kantor sebagai tim yang akan memilih pemenang yang layak untuk di makeover

Tunjukkan pada khalayak seperti apa ruangan aslinya, kemudian rancangan desain yang tim kamu rencanakan dan perlihatkan hasil akhirnya. Bila perlu, buat video tiap step by step dalam proses makeover

Melalui lomba ini, kamu akan bisa memperoleh: 

  • Calon klien-klien potensial yang dapat dihubungi untuk diberikan penawaran renovasi. 
  • Engagement dengan audiens secara langsung. 
  • Testimoni nyata dari pemenang yang sudah merasakan hasil makeover desain kamu. 

Gunakan Desain Fotorealistik untuk Bertransaksi dengan Klien

Sebagai pebisnis di bidang desain interior, mengabadikan hasil jadi sebuah proyek dalam bentuk foto atau video adalah hal wajib. Sebab, itu bisa jadi portofolio tersendiri nantinya. 

Tetapi, bagaimana jika kamu ingin menunjukkan ke calon klien baru desain lain yang belum selesai pengerjaan? Maka, gunakan desain fotorealistik yang sudah dibuat. 

Kamu bisa menunjukkan kepada para calon klien berprospek tinggi beberapa desain fotorealistik untuk memberi mereka gambaran tentang warna, tata letak ruang, hingga furniture. Klein pun akan dapat membayangkan seperti apa nanti jadinya ruangan yang akan mereka tempati. 

Dari desain itu, klien juga bisa memilih mana yang mereka sukai maupun memberi feedback. Peluang untuk deal pun akan lebih tinggi sebab kamu sudah menunjukkan kemampuan secara nyata. Bahkan, perubahan desain bisa dilakukan secara live di depan klien langsung. 

Bagikan Pekerjaan yang Sudah Dilakukan Di Instagram

Media sosial yang paling banyak dipakai oleh kaum millennial dan bisa menampilkan gambar maupun video adalah Instagram. Maka, gunakan itu dengan membagikan banyak portofolio dari proyek-proyek yang sudah pernah dikerjakan. 

Selain gambar real dari proyek yang sudah selesai, kamu juga bisa memasukkan desain fotorealistik untuk beberapa ide rancangan yang akan dibuat. Berikan caption yang menarik dengan menjelaskan detail rancangan tersebut. Jangan lupa untuk memberikan tagar yang sesuai agar target audiens bisa dengan mudah menemukannya. 

Dalam posting ke Instagram, kamu harus konsisten. Pastikan tema postingan seragam agar tampilan thumbnail feed semakin menarik dan membuat orang penasaran untuk tahu lebih detail. 

Bentuk-Bentuk Promosi untuk Pelanggan Setia

Selain berusaha memperoleh banyak pelanggan baru, kamu pun jangan pernah melupakan pelanggan lama. Maka, lakukan bentuk promosi untuk pelanggan baru dan lama ini: 

Ikuti Home Shows dan Berikan Tiket Gratis ke Pelanggan Lama

Home shows atau pameran rumah bisa jadi tempat yang paling tepat untuk menunjukkan karya desain interior kamu. Ikuti pameran rumah yang ada, kemudian bagikan tiket gratis kepada pelanggan lama. 

Kamu juga bisa memberikan tambahan diskon khusus untuk pelanggan lama yang membeli produk interior sewaktu masa pameran. Semakin mereka tertarik, mereka akan mengajak orang lain untuk datang. Namun, pastikan kamu memamerkan produk-produk dengan desain baru yang belum pernah para pelanggan lama lihat. 

Berikan Reward untuk Para Pelanggan Setia

Semua orang pasti suka bila diberikan reward. Maka, hargai para pelanggan setia yang sudah menggunakan jasa dan membeli produk desain interior kamu dengan memberi reward

Hadiah itu bisa berupa diskon untuk pembelian berikutnya, pemberian hadiah khusus seperti hampers atau produk tertentu, menawarkan program makeover ruangan dengan diskon 30%, atau cashback untuk pembelian produk-produk tertentu. 

Buka Program Ganti Produk Lama dengan Produk Baru

Sebagai bentuk ucapan terima kasih untuk para pelanggan setia, kamu bisa membuka program untuk mengganti produk lama mereka dengan produk baru. Misal: mereka bisa menukarkan kursi lama dari produk interior kamu dengan desain kursi yang baru. 

Agar lebih efektif, batasi masa penukaran ini. Misal selama 1 minggu. Kemudian, tawarkan beberapa alternatif desain pengganti untuk produk barunya. 

Itulah bentuk promosi untuk pelanggan baru dan lama yang perlu kamu ketahui. Gunakan strategi yang kamu rasa cocok untuk perusahaan interior kamu.


Bank digital hadir untuk pelaku UKM, freelancers, dan online sellers di Indonesia. 

Urus segala keperluan bisnis dan keuangan pakai KoinWorks NEO. Kemudahan berbagai layanan seperti bebas biaya transfer antar bank dan pinjaman modal tanpa agunan untuk bisnismu hanya dengan satu aplikasi! 

Lihat juga berbagai panduan dan informasi bisnis hanya di KoinWorks.

[E-Book GRATIS] Dapatkan konten ekslusif seputar strategi bisnis di sini
DAFTAR SEKARANG!
Pilih E-book untuk kamu download.
Dalam Ebook ini mengulas:Cara mudah untuk pebisnis melakukan iklan Google Display Network berupa banner atau visual yang ampuh untuk meningkatkan penjualan.
Dalam Ebook ini mengulas:Membantu pebisnis mengetahui lebih banyak tentang performa promosi yang dilakukan di dunia digital terutamanya platform Facebook untuk menentukan audiens.
Dalam Ebook ini mengulas:Penggunaan Business Metrics/KPI yang tepat untuk melacak sejauh mana bisnis kita sudah berjalan dan seberapa banyak target dari usaha kita yang sudah tercapai.
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.
Bentuk Promosi untuk Pelanggan Baru dan Lama Bisnis Desain Interior

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​