Home » Strategi-bisnis » Perhatikan Faktor yang Menarik Konsumen Bisnis Desain Interior

Perhatikan Faktor yang Menarik Konsumen Bisnis Desain Interior

perhatikan faktor yang menarik konsumen bisnis desain interior

Menarik klien di bisnis desain interior memang tidak mudah. Banyaknya pesaing yang terampil dalam menggaet calon-calon konsumen mereka, menjadi hambatan yang paling besar. Belum lagi, budget klien yang terkadang lebih rendah dari yang kamu tawarkan, serta desain-desain yang lebih unggul menjadi tantangan tersendiri. Maka, untuk kamu yang ingin mendapat lebih banyak konsumen potensial, pastikan memperhatikan faktor yang menarik konsumen bisnis desain interior ini, ya.

Tantangan Dalam Mendapatkan Pelanggan Bisnis Desain Interior

Banyak orang ingin merenovasi atau mendekor rumah mereka agar tampak lebih indah dari waktu ke waktu. Tetapi, tidak mudah untuk menggaet mereka agar mau menggunakan jasa desain interior yang kamu bangun. Maka, kamu perlu mengetahui dulu tantangan yang paling umum pebisnis hadapi di bidang desain interior sebelum melangkah dalam menggaet para klien. Di antaranya: 

  • Meningkatnya tingkat persaingan para pebisnis di bidang jasa desain interior. 
  • Membutuhkan banyak portofolio desain yang bisa ditunjukkan kepada klien. 
  • Membutuhkan waktu yang tidak sebentar untuk bisa memenangkan sebuah proyek. 
  • Selalu mengikuti perkembangan dan up-to-date dengan tren saat ini. 
  • Tidak ada brand intimacy yang terbangun di antara konsumen dengan brand kamu. 
  • Menemukan konsumen yang tidak memiliki harapan tidak realistis, dan berujung merusak citra brand yang sudah dibangun. 
  • Kurang dalam mempromosikan brand ke konsumen lama atau baru. 

Tantangan-tantangan itu mungkin akan menguras banyak waktu kamu yang berakhir harus merelakan banyak calon pelanggan potensial yang hadir. Lantaran, kamu tidak memiliki cukup referensi untuk menangani permintaan mereka atau budget mereka terlalu rendah di bawah estimasi awal.

Faktor yang Menarik Konsumen Bisnis Desain Interior

Namun, jangan khawatir. Sebab, melalui ulasan ini kamu akan mendapatkan kiat tentang faktor yang menarik konsumen bisnis desain interior agar mereka mau membeli dan melakukan repeat order

Berikut faktor-faktor yang perlu kamu perhatikan untuk menarik para calon klien potensial: 

Gunakan Network yang Dimiliki 

Manfaatkan jaringan relasi yang kamu miliki untuk mencari calon klien potensial. Bila ada kenalan atau kerabat mereka yang membutuhkan jasa desain interior, kamu bisa meminta mereka untuk mengenalkannya padamu. Bila perlu, beri diskon khusus untuk menarik mereka. 

Gunakan Media Sosial dan Website untuk Menggaet Klien Potensial

Era sudah serba teknologi. Orang akan mudah mencari tentang jasa desain interior melalui internet, media sosial, atau bahkan dengan mengunjungi website perusahaan. Maka, langkah yang perlu kamu lakukan adalah memperbaiki website perusahaan agar lebih eye-catching dan user friendly sehingga para calon pelanggan dapat menemukan informasi yang diinginkan dengan mudah dan cepat. 

Untuk kalangan millennial, dekati mereka melalui media sosial seperti Instagram, Twitter, atau Tiktok. Gaet mereka dengan konten-konten menarik yang disesuaikan dengan platform masing-masing. Misal, di Instagram dan Tiktok, kamu bisa membuat video pendek berisi tips menarik dalam memilih desain interior, tips merenovasi suatu ruangan, dan lain-lain. Sedangkan di Twitter, buat thread dalam mendekor kamar, memilih perabotan yang baik, berkualitas, dan berumur panjang, dan tema-tema lainnya. 

Manfaatkan Media Periklanan Tradisional dan Digital

Meskipun era sudah serba digital, tetapi iklan cetak tradisional tetap cukup efektif dalam mengenalkan brand bisnis desain interior kamu dan menjangkau calon konsumen potensial yang baru. 

Apabila budget untuk pemasaran atau promosi yang kamu miliki cukup rendah, maka pilih platform digital yang mampu menjangkau target audiens dengan mudah serta memberi dampak yang signifikan. Kamu pun bisa mendapatkan hasilnya lebih cepat dengan parameter yang jelas. Misal, FB Ads, Google Ads, atau Instagram Ads. 

Namun, bila budget yang kamu miliki cukup tinggi, manfaatkan layanan iklan di berbagai platform baik digital maupun tradisional. Misal, kamu memasang beberapa banner di sudut-sudut kota untuk mengenalkan brand, membuat video iklan yang ditayangkan di Youtube atau media sosial lainnya. 

Manfaatkan Testimoni Klien sebagai Bukti 

Pengalaman yang pengguna rasakan kemudian kamu rangkum dalam bentuk testimoni akan menjadi bukti nyata yang bisa kamu bagikan kepada calon target audiens. Dengan review tersebut, mereka akan mengetahui kualitas layanan dan produk desain interior yang kamu tawarkan. 

Kamu bisa membuat testimoni dalam bentuk tulisan yang dipasang di website resmi perusahaan atau media sosial. Bisa juga membuat video khusus berisi testimoni yang ditayangkan di Youtube atau platform video lainnya. 

Dengan adanya testimoni tersebut, konsumen yang sudah menggunakan jasa kamu secara jujur memverifikasi hasilnya, menyatakan jika apa yang kamu tulis dalam portofolio adalah benar adanya. 

Buat Portofolio yang Menarik Berisi Desain-Desain Terbaik 

Calon konsumen baru akan lebih mudah tertarik bila kamu menunjukkan portofolio yang berisi desain-desain interior terbaik yang pernah kamu buat. Kamu bisa merangkumnya dalam satu file khusus dengan desain menarik dan mudah konsumen pahami. 

Dalam portofolio tersebut, kamu wajib mencantumkan: 

  • Nama konsumen pengguna jasa. 
  • Lokasi proyek kamu kerjakan. 
  • Tujuan dari proyek tersebut, misal renovasi interior rumah, renovasi kamar, dan lain-lain. 
  • Foto-foto desain ketika sudah diimplementasikan dan proyek sudah selesai. 
  • Aspek unik yang ada dalam pengerjaan tersebut atau fitur unggulan dari desain yang kamu kerjakan. 
  • Detail dari proyek, misal penggunaaan furniture, warna, alat-alat yang kamu gunakan, dan sebagainya. 

Faktor yang menarik konsumen bisnis desain interior itu bisa kamu jadikan acuan untuk mendapatkan semakin banyak calon klien potensial. Pastikan kamu mempraktekannya.


Bank digital hadir untuk pelaku UKM, freelancers, dan online sellers di Indonesia. 

Urus segala keperluan bisnis dan keuangan pakai KoinWorks NEO. Kemudahan berbagai layanan seperti bebas biaya transfer antar bank dan pinjaman modal tanpa agunan untuk bisnismu hanya dengan satu aplikasi! 

Lihat juga berbagai panduan dan informasi bisnis hanya di KoinWorks.

[E-Book GRATIS] Dapatkan konten ekslusif seputar strategi bisnis di sini
DAFTAR SEKARANG!
Pilih E-book untuk kamu download.
Dalam Ebook ini mengulas:Cara mudah untuk pebisnis melakukan iklan Google Display Network berupa banner atau visual yang ampuh untuk meningkatkan penjualan.
Dalam Ebook ini mengulas:Membantu pebisnis mengetahui lebih banyak tentang performa promosi yang dilakukan di dunia digital terutamanya platform Facebook untuk menentukan audiens.
Dalam Ebook ini mengulas:Penggunaan Business Metrics/KPI yang tepat untuk melacak sejauh mana bisnis kita sudah berjalan dan seberapa banyak target dari usaha kita yang sudah tercapai.
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.
Perhatikan Faktor yang Menarik Konsumen Bisnis Desain Interior

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​