Home » Strategi Bisnis » 5 Cara Meningkatkan Loyalitas Konsumen Bisnis Hijab di Momen Harbolnas

5 Cara Meningkatkan Loyalitas Konsumen Bisnis Hijab di Momen Harbolnas

5 Cara Meningkatkan Loyalitas Konsumen Bisnis Hijab di Momen Harbolnas

Harbolnas menjadi momen penting bagi para pelaku bisnis di tanah air. Ini adalah kesempatan untuk meraup untung sebesar-besarnya dari penjualan produk. Di momen ini, kamu harus tahu bagaimana cara meningkatkan loyalitas konsumen. Jika konsumen loyal dengan bisnismu, maka tak butuh waktu lama bagi mereka untuk melakukan pembelian bahkan dalam jumlah yang besar. 

Cara Meningkatkan Loyalitas Konsumen Bisnis Hijab

Pada dasarnya semua bisnis akan membutuhkan loyalitas dari konsumennya. Ini akan membantu pebisnis lebih mudah menjual produk dan mendapatkan keuntungan. Jadi selain fokus menjual produk, pastikan kamu juga fokus menjaga serta meningkatkan loyalitas pelanggan. 

Berikut adalah lima cara mudah yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan loyalitas pembeli produk hijab kamu di momen harbolnas:

Berikan Prioritas pada Transaksi Besar

Pertama, coba berikan prioritas pada pelanggan yang melakukan transaksi besar. Ini akan membantu konsumen lebih tertarik untuk memborong produkmu. Apalagi di momen harbolnas yang biasanya banyak orang akan tertarik untuk berbelanja. 

Manfaatkan momen ini untuk menjaring lebih banyak konsumen dan meningkatkan angka penjualan lebih besar lagi. Contoh mudahnya, kamu bisa coba memberikan diskon besar pada transaksi yang juga besar. 

Berikan batas minimal transaksi yang lumayan tinggi, misalnya diskon untuk total pembelian minimal Rp 1,5 juta. Ini akan sangat efektif membuat orang-orang tertarik untuk membeli dalam jumlah banyak. Semakin banyak yang melakukannya maka akan semakin menguntungkan bagi bisnismu. 

Tawarkan Pelayanan Terbaik

Berikutnya, tawarkan pelayanan terbaik kepada konsumen. Loyalitas konsumen akan muncul jika mereka mendapatkan pelayanan berkualitas dan memuaskan. Saat momen harbolnas tiba, tumbuhkan loyalitas konsumen dengan mengoptimalkan pelayanan. 

Berikan briefing kepada semua admin yang melayani konsumen agar bersikap ramah dan responsif. Setiap orang pasti akan merasa nyaman berbelanja jika pelayanannya ramah dan menyenangkan.

Ini menjadi salah satu faktor yang akan membuat konsumen bersikap royal dan kembali lagi untuk mengulang transaksi atau pembelian. Selain itu, pelayanan yang ramah juga akan membantu membentuk brand awareness yang jauh lebih kuat. 

Tanyakan Ulasan Pelanggan

Langkah selanjutnya, tanyakan ulasan pelanggan yang sudah berbelanja saat momen harbolnas. Ini juga penting untuk membangun loyalitas konsumen. Kesempatan untuk memberi ulasan ini menjadi hal yang positif di mata konsumen. 

Download dan Aktivasi KoinWorks NEO

Kembangkan bisnis kamu sekarang!

DOWNLOAD

Ini juga menunjukkan bahwa kamu sebagai pemilik bisnis peduli pada pendapat konsumen dan ingin memberikan yang terbaik. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mendapat ulasan dari konsumen. Misalnya saja dengan meminta komentar di katalog produk marketplace atau lewat media sosial. 

Nantinya ulasan ini juga bisa dimanfaatkan oleh pelaku bisnis itu sendiri. Demi membangun brand awareness yang semakin kuat maka ulasan-ulasan positif dari para konsumen bisa ditampilkan. 

Berikan Kemudahan Order dan Transaksi

Salah satu cara meningkatkan loyalitas konsumen saat momen harbolnas adalah dengan memberi mereka kemudahan untuk memesan dan bertransaksi. Coba posisikan dirimu sendiri sebagai konsumen. 

Pasti akan merasa lebih senang jika berbelanja di toko online yang menawarkan kemudahan membuat pesanan sekaligus pembayaran, bukan? Saat harbolnas tiba, cobalah untuk mengoptimalkan kemudahan sistem pemesanan dan transaksi.

Ini akan memberikan pengalaman positif kepada para konsumen. Semakin bagus pengalaman atau kesan yang ditinggalkan kepada konsumen maka akan semakin menguntungkan bagi pebisnis. 

Nantinya lebih banyak konsumen yang loyal dan mengulang kembali transaksi. 

Tawarkan Reward Khusus

Langkah lainnya yang bisa dicoba adalah menawarkan reward khusus. Siapa konsumen yang tidak suka diberi reward karena transaksinya? Selain bisa dapat barang yang diinginkan, juga bisa menerima reward yang menguntungkan. Siapkan saja jenis reward khusus yang bisa membuat konsumen merasa senang dan siap untuk bersikap loyal. 

Misalnya, bagi konsumen yang membeli produk di momen harbolnas akan mendapatkan reward berupa kartu member gratis. Kartu ini bisa dipakai untuk mengumpulkan poin setiap kali melakukan transaksi. 

Poin yang terkumpul kemudian bisa ditukarkan menjadi barang atau diklaim sebagai potongan harga. Hal semacam ini sangat efektif meningkatkan loyalitas dan akan membuat konsumen semakin lengket dengan produk-produkmu. 

Tingkatkan Loyalitas Konsumen dengan Cara yang Tepat

Mulailah dari sekarang memikirkan cara yang tepat agar loyalitas konsumen bisa meningkat. Momen harbolnas bisa jadi kesempatan untuk membuat para pelangganmu jadi lebih loyal. Apalagi di momen tersebut memang banyak orang memanfaatkan waktu untuk berbelanja. 

Jadi kamu juga punya kesempatan untuk menemukan konsumen baru yang kemudian bisa jadi loyal dan membantu bisnismu berkembang pesat. Demi menemukan cara terbaik dalam meningkatkan loyalitas pelanggan, maka kamu harus paham dulu siapa saja target konsumenmu tersebut. 

Ini akan mempermudah kamu untuk mengambil sikap yang tepat sehingga memuaskan mereka dengan baik. Jika kamu ingin meningkatkan loyalitas pelanggan dengan cara-cara yang butuh modal, maka pastikan sudah ada perhitungan yang matang sehingga tidak akan merugikan. 

Banyak cara meningkatkan loyalitas konsumen untuk bisnis hijab yang kamu jalankan. Tinggal bagaimana cara kamu memahami konsumen sekaligus memenuhi apa yang mereka inginkan. Selama 2 hal tersebut berjalan seimbang maka konsumen pasti akan merasa puas. Kepuasan inilah yang kemudian akan membuat mereka jadi pelanggan yang loyal.


Bank digital hadir untuk pelaku UKM, freelancers, dan online sellers di Indonesia. 

Urus segala keperluan bisnis dan keuangan pakai KoinWorks NEO. Kemudahan berbagai layanan seperti bebas biaya transfer antar bank dan pinjaman modal tanpa agunan untuk bisnismu hanya dengan satu aplikasi! 

Lihat juga berbagai panduan dan informasi bisnis hanya di KoinWorks.

Download aplikasi KoinWorks dan mulai kembangkan asetmu sekarang!

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​