Home » Strategi Bisnis » Trik Agar Konsumen Menjadi Pelanggan Setia Dalam Bisnis Hijab

Trik Agar Konsumen Menjadi Pelanggan Setia Dalam Bisnis Hijab

Trik Agar Konsumen Menjadi Pelanggan Setia Dalam Bisnis Hijab

Trik agar konsumen menjadi pelanggan setia khususnya dalam bisnis hijab memang bukan menjadi hal yang mudah dilakukan. Lebih-lebih jika melihat sekarang ini banyak bisnis sejenis yang bermunculan. Ditambah, orang yang ingin kamu jangkau belum mengetahui merek yang kamu miliki. 

Tetapi, ketika sudah memahami strateginya, membuat konsumen menjadi pelanggan setia, dapat dilakukan dengan mudah. Lebih-lebih ketika target pasar yang kamu tuju sudah menunjukkan ketertarikan mereka serta berhasil melakukan pembelian. 

Trik Agar Konsumen Menjadi Pelanggan Setia

Berikut sejumlah tips yang bisa kamu lakukan agar membuat konsumen menjadi pelanggan setia, antara lain:

Ciptakan Loyalitas Pada Merek yang Kamu Miliki

Cara pertama yang dapat dilakukan agar membuat pelanggan menjadi semakin tertarik kemudian melakukan pembelian secara terus menerus adalah menciptakan loyalitas merek. 

Untuk menciptakan loyalitas merek hijab, kamu harus memberikan pelayanan yang terbaik pada pelanggan, sehingga mereka lebih percaya pada merek yang kamu miliki. selain itu, kamu juga dapat membuat identitas brand sesuai target pasar. 

Tidak sedikit perusahaan yang menggambarkan betapa suksesnya ketika sebuah bisnis memiliki nilai brand yang kuat. Semahal apapun hijab yang kamu jual, bila pelanggan setia pada merekmu, mereka akan mampu membayarnya.

Bangun Brand Awareness

Pemasaran menjadi kunci utama ketika membangun brand awareness. Di zaman digital ini, menggunakan media sosial bisa menjadi cara efektif untuk meningkatkan profil bisnis, karena kamu bisa langsung terhubung secara pribadi dengan pelanggan. 

Cara lain yang paling efektif untuk meningkatkan brand awareness ialah dari mulut ke mulut. Rekomendasi pribadi yang diberikan oleh konsumen lain bisa mempengaruhi konsumen untuk mencari produk hijab tertentu. 

Contohnya saja, Ibu Ani membeli hijab dengan bahan yang bagus di toko A, karena puasnya produk yang dimiliki oleh toko A, Ibu Ani bisa merekomendasikan toko tersebut pada ibu-ibu lain. Dengan begitu, toko A akan memperoleh pelanggan baru lebih mudah. 

Temukan Hal yang Baru

Untuk menarik pelanggan agar terus tertarik menjadi pelanggan kamu adalah menghadirkan hal yang baru. Mungkin, banyak kompetitor yang menawarkan produk hijab serupa, tetapi kamu harus melakukan inovasi dengan cara mengisi kekosongan dengan menawarkan hijab baru. 

Download dan Aktivasi KoinWorks NEO

Kembangkan bisnis kamu sekarang!

DOWNLOAD

Salah satu cara yang efektif agar dapat membuat brandmu unggul ialah menawarkan hijab yang belum tersedia di pasaran. Kamu bisa menggunakan media sosial untuk menilai pasar. Kemudian tanyakan pada pelanggan mengenai apa saja yang ingin dibeli dan tidak tersedia di pasaran. 

Nantinya, mungkin competitor bisnismu akan datang dengan hal yang serupa. Tetapi, tetap saja, brandmu menjadi yang pertama memasarkannya. 

Selalu Tunjukkan Keunggulan Produk

Trik agar konsumen menjadi pelanggan setia adalah menunjukkan produk serta layanan. Dengan menunjukkan keahlian brand di industri, hal ini bisa membangkitkan minat serta menarik pelanggan.

Contohnya saja dengan menjadi sukarelawan atau menyumbang busana muslim di tempat-tempat tertentu. selain dapat mengekspos keunggulan produk hijab yang kamu miliki, hal seperti ini bisa membuat kesan merek yang baik. 

Untuk pelanggan baru, maupun pelanggan yang sekarang ini sudah pernah membeli produk hijab mu. Mereka akan lebih memandang bisnismu dengan cara positif.

Beri Diskon Khusus

Harus diakui jika hingga sekarang, diskon masih menjadi hal yang membuat pelanggan lebih tertarik. Kamu dapat menawarkan diskon di sejumlah produk. Dengan memberi potongan harga maupun penawaran gratis ongkos kirim. 

Potongan harga serta gratis biaya kirim bisa menarik pelanggan semakin banyak, dan membuat konsumen yang sebelumnya pernah membeli di tokomu menjadi semakin setia. 

Cari Mitra Bisnis

Pada dasarnya, tidak ada salahnya menjalin hubungan bisnis dengan mitra yang memang sudah mempunyai basis pelanggan yang setia. Hal ini dapat digunakan untuk menarik pelanggan baru agar tertarik pada bisnismu. 

Contohnya saja, saat ini kamu menjalankan bisnis hijab. Kamu dapat menjalin kemitraan dengan bisnis fashion muslim, atau bisnis aksesoris hijab. Dengan cara ini, kamu serta mitra bisnis akan memperoleh lebih banyak pelanggan tanpa perlu mengeluarkan banyak uang. 

Beri Layanan Terbaik

Menurut sebuah penelitian, pelanggan dapat berpindah ke brand lain, jika mereka memperoleh pelayanan yang buruk. Oleh sebab itu, usahakan agar kamu memberikan pelayanan terbaik sehingga pelanggan puas. 

Mengapa Kita Harus Memiliki Pelanggan Setia? 

Mengapa pebisnis berlomba-lomba membuat pelanggan menjadi setia? Dengan memiliki pelanggan setia, kamu bisa memiliki laba bisnis yang stabil. Mudahnya, pelanggan yang pernah menggunakan produkmu akan kembali membeli produk tersebut. 

Sehingga, kamu tidak perlu mengeluarkan biaya tinggi untuk mencari pelanggan baru, karena bila hubunganmu dengan pelanggan lama terjalin dengan baik, mereka akan terus menerus kembali. 

Bahkan, mereka akan mengajak teman atau saudara untuk membeli hijab dari brandmu. Selain itu, memiliki basis pelanggan yang setia juga membuatmu memperoleh keuntungan semakin tinggi, karena penjualan akan semakin meningkat serta memperbesar pangsa perusahaan.

Berbagai trik agar konsumen menjadi pelanggan setia di atas memang tidak bisa hanya dilakukan sekali dua kali, melainkan harus dilakukan setiap hari. Kemudian, kamu bisa melakukan evaluasi berkala atas upaya pemasaran yang sudah kamu lakukan.


Bank digital hadir untuk pelaku UKM, freelancers, dan online sellers di Indonesia. 

Urus segala keperluan bisnis dan keuangan pakai KoinWorks NEO. Kemudahan berbagai layanan seperti bebas biaya transfer antar bank dan pinjaman modal tanpa agunan untuk bisnismu hanya dengan satu aplikasi! 

Lihat juga berbagai panduan dan informasi bisnis hanya di KoinWorks.

Download aplikasi KoinWorks dan mulai kembangkan asetmu sekarang!

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​