Home » Strategi-bisnis » Cara Memulai Bisnis Jahit dan Bordir untuk Pemula, Passion Fashion

Cara Memulai Bisnis Jahit dan Bordir untuk Pemula, Passion Fashion

Cara Memulai Bisnis Jahit dan Bordir untuk Pemula

Cara Memulai Bisnis Jahit dan Bordir untuk Pemula

Buat hobi menjahit kamu next level dengan meneruskannya menjadi bisnis jahit dan bordir. Kamu dapat mengikuti passion sambil menghasilkan sehingga di masa depan kamu dapat bekerja sesuai hobi. Lalu, apa saja yang harus kamu lakukan jika ingin memulai bisnis di bidang industri jahit dan bordir? Berikut ini adalah jawabannya. 

Buat Perencanaan Bisnis

Bisnis apapun, termasuk bisnis jahit dan bordir memerlukan perencanaan untuk mengatur strategi bisnis. Sebuah rencana bisnis berisi perkiraan agenda yang akan kamu lakukan dalam 1 minggu, 1 bulan, atau bahkan 1 tahun ke depan.  Putuskan jenis pakaian apa yang ingin kamu jadikan spesialisasi dalam bisnis jahit dan bordir kamu, mengingat kamu baru memulai dan akan lebih baik jika memiliki spesialisasi di satu sektor. 

Kamu dapat mulai dengan memilih jenis pakaian siap pakai atau Ready-to-Wear (RTW) di mana pembeli dapat langsung memilih pakaian yang sesuai dengan ukuran dan bentuk tubuh mereka. Kemudian, susun estimasi anggaran modal awal yang kamu perlukan beserta estimasi keuntungannya. Modal awal dari bisnis ini terdiri dari hal-hal seperti sewa bangunan, persediaan bahan atau material jahit, peralatan serta perlengkapan jahit dan bordir. 

Untuk estimasi keuntungan, kamu dapat survey atau observasi tarifnya ke pemilik bisnis serupa. Lalu, perkirakan berapa banyak pakaian yang dapat kamu hasilkan dalam kurun waktu satu bulan. Setelah itu, sesuaikan dan bandingkan dengan pengeluaran kamu. Itulah perkiraan keuntungan yang akan kamu dapatkan. 

Ikuti Pelatihan 

Kamu dapat meningkatkan kualitas diri melalui pelatihan bisnis atau pelatihan menjahit, atau bahkan keduanya. Hal ini dapat kamu lakukan apabila kamu merasa perlu untuk mendukung kelancaran bisnis jahit dan bordir. Pasalnya, dalam industri jahit terdapat trik, tips, serta teknik berbisnis yang hanya diketahui oleh para senior atau ahli di bidangnya. Lamar pekerjaan di toko jahit atau butik untuk langsung belajar dari ahlinya. Kamu juga bisa masuk ke sekolah jahit atau kursus jahit yang tersedia. Dalam waktu beberapa bulan, kemampuan kamu akan jauh lebih baik dari sekedar hobi menjahit saja. 

Siapkan Modal untuk Pendanaan Bisnis

Kamu akan membutuhkan modal di awal memulai usaha jahit dan bordir ini untuk kebutuhan mulai dari membayar sewa, membayar gaji pegawai, membeli peralatan, dan pengeluaran lain seperti listrik. Cara mendapatkan pendanaan untuk bisnis dapat kamu lakukan dengan mengajukan pinjaman ke bank. Apabila kamu belum memenuhi syarat, kamu dapat menggunakan tabungan pribadi atau meminjam uang ke keluarga yang kamu percayai terlebih dahulu. 

Yakinkan orang tua bahwa bisnis jahit dan bordir ini menjanjikan karena pakaian adalah kebutuhan primer manusia. 

Cari Lokasi Bisnis yang Potensial 

Salah satu cara memulai bisnis jahit dan bordir adalah dengan memilih lokasi yang mendukung untuk mendatangkan pelanggan. Untuk bisnis jahit ini, lokasi tempat terbaik adalah dekat dengan komplek, pemukiman, atau pusat perdagangan. Tempat-tempat tersebut penuh dengan calon pelanggan bisnis kamu, seperti ibu rumah tangga, pasangan muda, atau bahkan anak kecil yang ingin menjahit baju sekolah. 

Apabila kamu memiliki modal yang besar, mall adalah lokasi bisnis yang dapat kamu coba. Potensi berkembangnya besar dengan target pasar menengah ke atas. Jadi, silahkan sesuaikan dengan modal awal yang kamu punya saja. 

Buat Identitas Bisnis yang Menarik 

Untuk mendapatkan kesan pertama yang bagus, kamu harus memilih nama bisnis yang belum ada di pasaran sebelumnya. Namun, biasanya bisnis penjahit memiliki nama dengan kata  “Penjahit” di dalamnya. Contohnya, “Ibu Penjahit” atau “Bunga Penjahit”. Pemilihan nama cenderung berdasarkan selera pribadi. 

Tetapi, apabila kamu ingin mengawali dan membawa bisnis jahit dan bordir kamu ke level yang lebih tinggi, gunakan jasa designer untuk menciptakan logo khusus bisnis kamu. Logo tersebut akan membuat bisnis kamu cepat diingat oleh pelanggan dan menjadi identitas bisnis yang eksklusif dan berbeda dari penjahit umumnya. 

Daftarkan Perizinan Usaha 

Perizinan usaha adalah persyaratan krusial dalam memulai sebuah bisnis, walaupun bisnis kamu kecil-kecilan atau rumahan sekalipun. Berkonsultasilah dengan ahli di bidangnya agar kamu paham apa saja perizinan yang harus bisnis jahit dan bordir kamu miliki. Kemudian, kamu bisa membuka akun bank khusus untuk bisnis jahit kamu. Selain untuk membuat alur uang masuk dan uang keluar bisnis menjadi jelas, akun bank akan membantu kamu mengatur kepentingan seperti pajak dan sejenisnya. Lakukan juga pembukuan atau accounting sehingga kamu dapat mengelola keuangan dengan baik. Inilah yang kemudian akan membantu kamu melihat seberapa besar profit yang bisnis jahit dan bordir kamu bisa hasilkan. 

Beli Peralatan Jahit dan Bordir 

Kamu akan memerlukan peralatan jahit yang dispesialisasikan untuk produksi dalam jumlah banyak untuk waktu yang singkat. Peralatan yang minimal kamu miliki adalah mesin jahit dan bordir khusus industri serta mesin serger atau overlock. Mesin jahit rumahan kurang sesuai apabila kamu gunakan untuk operasional bisnis. Hal tersebut karena mesin jahit rumahan kurang efisien untuk skala jahitan bisnis yang lebih besar. Selain itu, kamu butuh meja besar untuk memotong kain. Tempat penyimpanan seperti rak atau kontainer untuk menyimpan stok kain juga kamu perlukan agar tempat bisnis lebih rapi dan terorganisir. 

Atur Tata Letak Ruang Bisnis 

Kamu perlu memiliki ruang terpisah dengan pintu tertutup untuk digunakan sebagai kamar pas atau fitting room. Menyediakan kamar pas merupakan syarat minimal untuk memberikan privasi kepada pelanggan sehingga mereka nyaman memakai jasa jahit kamu. Apabila tidak tersedia ruang terpisah, beri ruang khusus dengan bilik dan tirai sebagai pelindungnya. Hal terpenting adalah pelanggan nyaman untuk mencoba dan menyesuaikan hasil jahitan kamu.

Pisahkan ruang konsultasi pelanggan, kamar pas, ruang produksi, dan ruang penyimpanan agar tercipta kondisi tempat bisnis yang nyaman, baik untuk diri kamu sendiri maupun pelanggan. 

Itulah cara memulai bisnis jahit dan bordir bagi kamu pemula yang memiliki passion untuk masuk dalam industri fashion. Cukup menantang, bukan? Jadi, apakah kamu sudah siap memulai bisnis ini?


Lihat berbagai strategi tepat dan efisien untuk bisnis jahit dan bordir kamu.

Bank digital khusus UKM pertama di Indonesia hadir untuk bantu segala keperluan bisnis dan keuangan kamu.

Kemudahan berbagai layanan seperti bebas biaya transfer antar bank dan pinjaman modal tanpa agunan untuk bisnismu hanya dengan KoinWorks NEO!

[E-Book GRATIS] Dapatkan konten ekslusif seputar strategi bisnis di sini
DAFTAR SEKARANG!
Pilih E-book untuk kamu download.
Dalam Ebook ini mengulas:Cara mudah untuk pebisnis melakukan iklan Google Display Network berupa banner atau visual yang ampuh untuk meningkatkan penjualan.
Dalam Ebook ini mengulas:Membantu pebisnis mengetahui lebih banyak tentang performa promosi yang dilakukan di dunia digital terutamanya platform Facebook untuk menentukan audiens.
Dalam Ebook ini mengulas:Penggunaan Business Metrics/KPI yang tepat untuk melacak sejauh mana bisnis kita sudah berjalan dan seberapa banyak target dari usaha kita yang sudah tercapai.
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.
Cara Memulai Bisnis  Jahit dan Bordir untuk Pemula, Passion Fashion

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​