Home » Strategi-bisnis » Faktor Penting Pemilihan Lokasi Untuk Perluas Bisnis Jahit dan Bordir

Faktor Penting Pemilihan Lokasi Untuk Perluas Bisnis Jahit dan Bordir

Faktor penting pemilihan lokasi untuk perluas bisnis jahit dan bordir

Penting bagi kamu untuk memperhitungkan banyak hal seperti faktor penting pemilihan lokasi untuk perluas bisnis jahit dan bordir demi menjadi pemilik bisnis yang sukses. Sebagus apapun produk jahitan dan bordir kamu, produk tersebut tidak dapat memberi hasil yang maksimal jika bisnis kamu tidak berada di lokasi yang tepat. Strategi pemilihan lokasi bisnis membutuhkan perencanaan dan penelitian untuk memeriksa semua pilihan yang ada secara menyeluruh. 

Terus, bagaimana cara mendapatkan lokasi yang tepat untuk perluas bisnis? Mari simak ulasan berikut ini!

Faktor Penting Pemilihan Lokasi untuk Perluas Bisnis

kamu mungkin sudah mengetahui bahwa lokasi yang tepat untuk bisnis jahit dan bordir adalah lokasi yang dekat dengan konsumen dan sumber pasokan bahan jahit dan bordir. 

Kedua faktor ini sangatlah penting, namun masih ada beberapa faktor penting pemilihan lokasi untuk perluas bisnis lainnya yang perlu kamu ketahui saat mencari lokasi yang baru. Berikut ini adalah penjelasan dari faktor-faktor tersebut.

Dekat dengan Pasar

Seperti yang sudah kamu ketahui, semakin dekat kamu dengan calon pelanggan maka semakin besar potensi bisnis kamu dilihat oleh mereka. Keberhasilan bisnis jahit dan bordir kamu akan terlihat dari jumlah pelanggan dan pesanan yang harus kamu layani dalam bisnis kamu. 

Karena itu, kamu juga harus mengetahui siapa dan dimana pelanggan kamu tinggal. kamu harus mempertimbangakan apakah pelanggan kamu adalah perorangan atau perusahaan manufaktur lain. Sebagai pemilik bisnis, kamu pun sebaiknya tidak meremehkan kekuatan promosi dari mulut ke mulut. kamu dapat berdiskusi terlebih dahulu dengan pemilik bisnis lain di lokasi tersebut sebelum menyewa tempat disana. 

Cari tahu sebanyak mungkin kelebihan dan kelemahan lokasi tersebut untuk bisnis kamu. Meskipun kamu mungkin tidak akan pernah bisa memastikan apakah lokasi tersebut akan membawa kesuksesan bagi bisnis kamu, survei detail lokasi akan membantu kamu memastikan tingkat kesesuaian lokasi tersebut untuk bisnis kamu.

Budget

Saat memilih lokasi bisnis, kamu tentu perlu mempertimbangkan berapa budget yang harus kamu keluarkan misalnya memperhitungkan biaya sewa tempat di lokasi yang baru. Harga sewa tempat juga bukan satu-satunya biaya yang akan kamu keluarkan ketika melakukan perluasan bisnis. kamu juga akan mengeluarkan biaya-biaya lain seperti renovasi tempat agar sesuai untuk bisnis jahit dan bordir, pajak yang berlaku, peningkatan utilitas lahan dan gedung, serta syarat upah minimum karyawan.

Infrastruktur dan Aksesibilitas

kamu membutuhkan infrastruktur yang baik untuk mensukseskan bisnis jahit dan bordir kamu. Bisnis kamu membutuhkan sumber energi listrik untuk menghidupkan mesin jahit dan bordir. Kamu juga perlu mempertimbangkan apakah lokasi bisnis kamu yang baru dapat dengan mudah terlihat oleh pelanggan. 

Karena itu, kamu mungkin memerlukan lahan sebagai tempat parkir baik untuk pelanggan maupun karyawan kamu. kamu juga mungkin perlu untuk menyiapkan kursi untuk pelanggan ketika menunggu pesanan mereka.

Lokasi Vendor dan Supplier

Lokasi bisnis kamu yang baru sebaiknya juga dekat dengan lokasi vendor dan supplier. Hal ini penting untuk dipertimbangkan karena kamu tentu tidak ingin menghabiskan dana dengan biaya transportasi yang tinggi hanya untuk persediaan bahan jahit dan bordir. Jarak yang dekat dengan lokasi vendor dan supplier juga memungkinkan kamu untuk segera melengkapi bahan yang mungkin habis sebelum waktu yang diperkirakan. Lokasi yang dekat dengan vendor dan supplier adalah kunci untuk meminimalisir biaya logistik.

Kompetitor

Bila kamu membuka bisnis di lokasi yang memiliki bisnis yang serupa, wajar bila bisnis kamu lebih sulit untuk mendapat perhatian pelanggan. Namun, lokasi yang dekat dengan kompetitor ulung juga memungkinkan pelanggan untuk melihat bisnis kamu saat mengunjungi kompetitor. Apalagi ketika kompetitor ternyata tidak memiliki produk yang mereka inginkan. 

Dengan adanya kompetitor, kamu juga akan lebih berusaha untuk kreatif dan memiliki produk jahit dan bordir yang paling bagus dan unik. Sebaliknya, ketika kamu membuka bisnis di lokasi yang tidak memiliki kompetitor, bisnis akan lebih berpotensi untuk menguasai pasar

Namun, kamu harus memastikan bahwa produk jahit dan bordir diminati di lokasi tersebut. Ketiadaan kompetisi bisnis jahit dan bordir di lokasi tersebut bisa jadi disebabkan oleh kurangnya minat untuk produk yang ditawarkan.

Keamanan

Sebaiknya kamu tidak menganggap remeh faktor keamanan. Kamu tentu tidak ingin memperluas bisnis di lokasi yang berisiko tinggi mengalami perampokan atau pencurian. Kamu tetap harus memikirkan keselamatan kamu dan karyawan kamu. Selain itu, kamu sudah sibuk memikirkan bagaimana menghasilkan profit dengan bisnis jahit dan bordir. Kamu tidak ingin sibuk mengurus kerugian yang disebabkan oleh pihak luar.

Perekrutan

Faktor penting pemilihan lokasi untuk perluas bisnis yang terakhir adalah mengenai perekrutan. Memperluas bisnis juga berarti memperbanyak karyawan yang bekerja untuk kamu. Akses transportasi umum yang mudah akan menjadi nilai plus untuk bisnis dan karyawan kamu. Karyawan yang berkualitas mungkin saja sulit untuk dicari. Karena itu, kamu mungkin perlu merencanakan memperluas bisnis di lokasi dimana karyawan bisa bekerja.

Sudah Mendapat Lokasi Bisnis yang Tepat?

Dengan mengetahui faktor penting pemilihan lokasi untuk perluas bisnis, kamu sudah siap untuk berbisnis lebih lanjut. Memilih lokasi yang tepat akan sangat berguna untuk kesuksesan bisnis kamu. Semakin banyak wawasan kamu maka semakin terbantu kamu dalam memilih lokasi terbaik untuk perluasan bisnis.


Untuk para pelaku usaha kecil dan menengah, online sellers, dan freelancers. Kamu bisa lihat artikel lainnya di KoinWorks untuk dapatkan insight positif bagaimana cara berbisnis!

Nikmati kemudahan transaksi bisnis dan keuangan kamu dalam satu aplikasi hanya di KoinWorks NEO!

[E-Book GRATIS] Dapatkan konten ekslusif seputar strategi bisnis di sini
DAFTAR SEKARANG!
Pilih E-book untuk kamu download.
Dalam Ebook ini mengulas:Cara mudah untuk pebisnis melakukan iklan Google Display Network berupa banner atau visual yang ampuh untuk meningkatkan penjualan.
Dalam Ebook ini mengulas:Membantu pebisnis mengetahui lebih banyak tentang performa promosi yang dilakukan di dunia digital terutamanya platform Facebook untuk menentukan audiens.
Dalam Ebook ini mengulas:Penggunaan Business Metrics/KPI yang tepat untuk melacak sejauh mana bisnis kita sudah berjalan dan seberapa banyak target dari usaha kita yang sudah tercapai.
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.
Faktor Penting Pemilihan Lokasi Untuk Perluas Bisnis Jahit dan Bordir

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​