Home » Strategi-bisnis » Bisnis Kue: Hal Yang Harus Dilakukan Agar Brand Mudah Dikenali Oleh Konsumen

Bisnis Kue: Hal Yang Harus Dilakukan Agar Brand Mudah Dikenali Oleh Konsumen

Bisnis Kue: Hal Yang Harus Dilakukan Agar Brand Mudah Dikenali Oleh Konsumen

Merek dagang atau brand merupakan faktor penting yang perlu diperhatikan apabila kamu tertarik untuk terjun ke dunia bisnis. Brand sangat erat hubungannya dengan terkenalnya sebuah produk, hal ini dikarenakan apabila salah satu produk terkenal, maka hal pertama yang juga akan terseret adalah nama dari merek dagangnya.

Brand juga bisa dikatakan sebagai salah satu elemen dari identitas bisnis yang hendak kamu jalankan. Supaya brand bisa dikenal oleh banyak orang, maka terdapat beberapa cara yang bisa kamu lakukan. Artikel ini akan membahas tentang hal yang harus dilakukan agar brand mudah dikenali oleh konsumen.

Dalam bisnis, tak terkecuali bisnis kue, tentunya brand yang dikenal oleh banyak orang akan membantumu dengan kelancaran bisnis kedepannya. Dengan brand yang dikenal, banyak konsumen di luar sana makin tertarik pada bisnismu. Perhatikan pembahasan di bawah ini untuk bisa membangun brand yang mudah dikenali.

Hal yang Harus Dilakukan Agar Brand Mudah Dikenali Oleh Konsumen

Terdapat beberapa hal yang bisa kamu lakukan agar brand bisnis kuemu mudah dikenali. Hal-hal tersebut adalah sebagai berikut:

Pilih Nama, Kemasan dan Logo yang Menarik

Nama merupakan hal utama yang akan diingat oleh konsumen. Maka dari itu, selain memilih nama yang menarik, kamu juga perlu untuk memperhatikan unsur pembentukan nama seperti mudah diucap dan mudah diingat, serta tidak mengandung singkatan yang menyulitkan. 

Selain itu, kamu juga perlu menyesuaikan nama brand dengan target pasar mana yang akan kamu tuju. Kamu bisa menentukan target pasar mulai dari usia hingga tingkat kelas konsumen. Setelah merundingkan beberapa faktor tersebut, maka kamu bisa menemukan nama brand yang cocok dan sesuai dengan identitas dari merek dagang bisnis kue milikmu.

Selain nama, dalam bisnis berbasis kuliner, maka kamu juga perlu untuk mempertimbangkan tampilan kemasan. Kemasan yang unik memiliki nilai tambah untuk para konsumen mengingat brand milikmu. Maka dari itu, kamu perlu menemukan atau membuat desain terbaik sehingga tampilan kemasanmu akan semakin diingat oleh para konsumen di luar sana.

Faktor berikutnya yang berhubungan langsung dengan visualisasi yang akan ditangkap oleh konsumen secara langsung adalah logo. Selain kemasan, kamu juga perlu menentukan desain yang stand-out agar dengan hanya gambar kecil entah di kemasan atau sosial media milik bisnismu, namun konsumen akan segera tahu bahwa yang sedang ditaruhkan perhatian oleh mata konsumen adalah logo dari brand bisnis milikmu.

Ketiga faktor ini sangat membantu dan berpengaruh untuk bisa menghasilkan brand bisnis kue milikmu dikenal oleh masyarakat secara luas.

Tonjolkan Keunikan Produk

Hal yang harus dilakukan agar brand mudah dikenali oleh konsumen lainnya adalah dengan menonjolkan keunikan produk dari bisnis kuemu. Hal ini tentunya dapat dilakukan dengan beberapa cara. Salah satunya, yaitu seperti dengan membuat menu spesial. 

Menu spesial ini merupakan menu yang menyajikan kue dengan resep orisinalitas buatan toko kuemu sendiri dan kamu bisa menjamin bahwa tidak ada brand lain yang menyajikan menu dengan resep yang sama.

Dengan menonjolkan keunikan berupa menu kue spesial tersebut, maka para konsumen akan mengingat brand bisnismu dengan sendirinya secara lebih mudah melalui menu spesial tersebut.

Promosi di Media Sosial dan Bekerja Sama dengan Influencer

Salah satu cara agar brand milikmu bisa dikenali dengan mudah adalah dengan melakukan promosi dengan maksimal. Strategi promosi yang paling ampuh di zaman sekarang, yaitu dengan memanfaatkan media sosial. Dengan menggunakan sosial media, maka jangkauan yang melihat unggahan brand milikmu akan lebih luas.

Selain itu, dengan menggunakan sosial media terdapat cara tambahan untuk menyebarkan informasi terkait brand milikmu ke audiens yang lebih besar. Cara pertama yang bisa kamu aplikasikan adalah dengan menggunakan fitur hashtag. Dengan menggunakan hashtag tentunya engagements dari unggahan produk milikimu akan semakin meningkat.

Kemudian, cara kedua yang bisa kamu lakukan di sosial media yaitu dengan bekerja sama dengan influencer. Sesuaikan dengan kondisi bisnis kamu, yaitu mulai dari membayar influencer untuk mempromosikan produk kuemu atau melakukan kolaborasi secara langsung.

Dengan bekerja sama bareng influencer, maka akan mengundang para pengikut influencer tersebut yang biasanya berjumlah ratusan ribu hingga jutaan tersebut dapat mengenali produk brand milikmu.

Iklan

Iklan selalu bisa menjadi cara untuk memperkenalkan produk brandmu ke masyarakat luas. Kamu bisa memasang iklan di internet dan audiens akan melihat iklan yang kamu pasang perihal produk kue dari brand milikmu.

Mengikuti Event

Cara lain yang juga bisa kamu ikuti agar produkmu mudah dikenali oleh konsumen adalah dengan mengikuti event atau acara. Semakin banyak kamu dan brandmu berpartisipasi dalam acara, seperti misalnya acara kuliner, maka akan semakin banyak pula orang yang akan mengenali brand milikmu.

Usai membahas hal yang harus dilakukan agar brand mudah dikenali oleh konsumen, maka hal berikutnya yang bisa kamu lakukan agar terwujud adalah dengan mengaplikasikannya ke brand kue milikmu. Semoga berhasil!


Lihat berbagai strategi tepat dan efisien untuk bisnis kue kamu.

Bank digital khusus UKM pertama di Indonesia hadir untuk bantu segala keperluan bisnis dan keuangan kamu.

Kemudahan berbagai layanan seperti bebas biaya transfer antar bank dan pinjaman modal tanpa agunan untuk bisnismu hanya dengan KoinWorks NEO!

[E-Book GRATIS] Dapatkan konten ekslusif seputar strategi bisnis di sini
DAFTAR SEKARANG!
Pilih E-book untuk kamu download.
Dalam Ebook ini mengulas:Cara mudah untuk pebisnis melakukan iklan Google Display Network berupa banner atau visual yang ampuh untuk meningkatkan penjualan.
Dalam Ebook ini mengulas:Membantu pebisnis mengetahui lebih banyak tentang performa promosi yang dilakukan di dunia digital terutamanya platform Facebook untuk menentukan audiens.
Dalam Ebook ini mengulas:Penggunaan Business Metrics/KPI yang tepat untuk melacak sejauh mana bisnis kita sudah berjalan dan seberapa banyak target dari usaha kita yang sudah tercapai.
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.
Bisnis Kue: Hal Yang Harus Dilakukan Agar Brand Mudah Dikenali Oleh Konsumen

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​