Home » Strategi-bisnis » Bisnis Kue: Biaya, Syarat dan Cara Mendaftarkan Merek Dagang

Bisnis Kue: Biaya, Syarat dan Cara Mendaftarkan Merek Dagang

: Ketahui Biaya, Syarat dan Cara Mendaftarkan Merek Dagang

Apabila kamu hendak terjun ke dunia bisnis, maka salah satu langkah yang perlu kamu lakukan demi keberlangsungan bisnismu adalah dengan mendaftarkan merek dagang sebagai Hak Kekayaan Intelektual (HAKI) ke Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI). Pendaftaran merek dagang sangat diperlukan apabila bisnis yang hendak kamu rintis merupakan bisnis yang kamu ciptakan sendiri dengan kata lain merek dagang yang akan menjadi identitas dari bisnismu merupakan murni buatanmu sendiri. 

Artikel ini akan mengupas habis tentang biaya, syarat dan cara mendaftarkan merek dagang pada bisnis kue secara jelas dengan tujuan agar para pelaku usaha tidak lagi kebingungan.

Mengapa Perlu Mendaftarkan Merek Dagang?

Mungkin para pelaku usaha yang terbilang baru terjun ke ranah bisnis akan bertanya-tanya mengapa merek dagang ini sangat perlu untuk didaftarkan. Apa pentingnya?

Merek dagang dikenal juga sebagai tanda pengenal atau identitas dari sebuah produk yang bertujuan sebagai pembeda antara produk yang satu dengan yang lainnya. Dengan demikian, merek dagang perlu untuk didaftarkan agar kamu bisa memiliki secara penuh atas merek dagang tersebut. Selain itu apabila ada yang mencoba meniru, maka dengan mendaftarkan merek dagang ke pangkalan HKI, kamu akan memiliki perlindungan hukum. Perlu diingat bahwa merek dagang yang harus kamu daftarkan hanyalah merek yang kamu buat murni sendiri, bukan cabang usaha dari perusahaan lain.

Tidak hanya sekadar didaftarkan, nyatanya mendaftarkan merek dagang memiliki beberapa manfaat. Maka dari itu, sebelum kamu memehami biaya, syarat dan cara mendaftarkan merek dagang pahami dulu manfaatnya. Manfaat tersebut di antaranya, yaitu sebagai berikut:

Perlindungan Hukum

Dengan mendaftarkan merek dagang, maka kamu akan mendapatkan perlindungan hukum atas ciptaan yang telah dihasilkan, yang dalam hal ini merupakan merek dagang tersebut. 

Mengantisipasi Pelanggaran atau Plagiarisme Terhadap Hak Milik Orang Lain

Mendaftarkan merek dagang yang merupakan hasil ciptaanmu sendiri akan mengantisipasi hingga mencegah adanya pelanggaran terhadap hak kekayaan intelektual milik orang lain. Selain itu, kamu juga dapat mencegah terjadinya ada yang meniru dan mendaftarkan merek dagangmu terlebih dahulu.

Memiliki Identitas Produk Resmi

Merek merupakan salah satu unsur identitas produk. Dengan mendaftarkan merek dagang maka kamu akan memiliki identitas produk secara resmi dan legal

Menjadi Pembeda dengan yang Lain

Sudah pasti dengan memiliki dan mendaftarkan merek dagang membuat produkmu berbeda dengan produk yang lain.

Biaya, Syarat dan Cara Mendaftarkan Merek Dagang pada Bisnis Kue

Untuk lebih jelasnya, ketahui masing-masing dari harga, persyaratan yang diperlukan, serta tata cara untuk mendaftarkan merek dagang bisnis kuemu melalui pembahasan di bawah ini.

Biaya Mendaftarkan Merek Dagang

Biaya pendaftaran merek dagang ini beragam, bergantung pada jenis dan metodenya. Untuk pendaftaran merek UMKM, terdapat dua metode yaitu mendaftarkan merek dagang secara online maupun offline. Untuk pendaftaran merek dengan jenis UMKM secara online, akan dikenakan biaya sebesar Rp 500 ribu, sedangkan secara offline biaya yang harus dikeluarkan adalah sebesar Rp 600 ribu.

Kemudian, apabila kategori bisnis kuemu masuk ke dalam golongan umum (bukan UMKM), maka pendaftaran merek juga terdapat dua metode yang bisa dilakukan. Secara online, kamu harus membayar sebesar Rp 1,8 juta sedangkan secara offline biaya yang dibutuhkan sekitar Rp 2 juta.

Syarat Mendaftarkan Merek Dagang

Untuk bisa mendaftarkan merek dagang bisnis kuemu, maka terdapat beberapa syarat yang harus kamu persiapkan. Bersumber dari laman resmi Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) Kementerian Hukum dan HAM (https://www.dgip.go.id/menu-utama/merek/syarat-prosedur), syarat-syarat yang harus dipenuhi adalah sebagai berikut.

  1. Etiket/label merek dari merek dagang bisnis kue yang ingin didaftarkan
  2. Tanda tangan kamu sebagai seorang yang mengajukan pendaftaran merek dagang
  3. Dokumen asli dari Surat Rekomendasi UKM Binaan atau Surat Keterangan UKM Dinas apabila kamu merupakan pemohon pendaftaran nerek dagang dengan kategori usaha mikro dan usaha kecil
  4. Surat Pernyataan UMK ditambah materai apabila kamu merupakan pemohon usaha mikro dan usaha kecil

Cara Mendaftarkan Merek Dagang

Berikut ini akan dijelaskan prosedur yang akan kamu lakukan apabila hendak mendaftarkan merek dagang bisnis kuemu, secara daring atau online. Dengan mendaftarkan merek dagang secara online, kamu bisa mendapatkan keuntungan berupa mendaftar di lokasi mana saja sehingga tidak perlu repot. Cara mendaftarkan merek dagang secara online adalah sebagai berikut.

  1. Pertama, memesan kode billing pada laman http://simpaki.dgip.go.id/
  2. Kemudian, memilih opsi ‘Merek dan Indikasi Geografis’ pada menu jenis pelayanan
  3. Selanjutnya, memilih opsi ‘Permohonan Pendaftaran Merek yang Diajukan Oleh:’
  4. Lalu, memilih opsi ‘Usaha Mikro dan Usaha Kecil’ atau ‘Umum’ (kamu bisa menyesuaikan ini dengan kondisi bisnis kue yang merek dagangnya akan didaftarkan.)
  5. Setelah itu, kamu bisa memilih opsi ‘Secara Elektronik (Online)’
  6. Dilanjutkan dengan memasukkan Data Pemohon dan Data Permohonan (isinya berupa nama, alamat lengkap, email dan nomor HP, dll)
  7. Kemudian, kamu bisa langsung melakukan pembayaran PNBP melalui ATM/internet banking/m-banking
  8. Usai melakukan pembayaran, kamu tinggal membuat akun di https://merek.dgip.go.id/
  9. Lalu, pilih opsi ‘Permohonan Online’
  10. Berikutnya, pilih jenis permohonanan dan masukkan kode billing yang tadi sudah dibayarkan
  11. Tahap selanjutnya, kamu bisa memasukkan informasi mengenai Data Merek
  12. Setelah itu, isi dan masukkan Data Kelas yang sesuai
  13. Unggah lampiran dokumen persyaratan pada kolom yang disediakan
  14. Setelah itu, Draft Tanda Terima sudah bisa kau cetak
  15. Selesai

Dari artikel ini, kamu sudah tahu perihal biaya, syarat dan cara mendaftarkan merek dagang yang benar bukan? Bagi kamu yang baru masuk ke dunia bisnis, segera ajukan pendaftaran merek dagang bisnismu agar tidak keduluan oleh orang lain.


Bank digital hadir untuk pelaku UKM, freelancers, dan online sellers di Indonesia. 

Urus segala keperluan bisnis dan keuangan pakai KoinWorks NEO. Kemudahan berbagai layanan seperti bebas biaya transfer antar bank dan pinjaman modal tanpa agunan untuk bisnismu hanya dengan satu aplikasi! 

Lihat juga berbagai panduan dan informasi bisnis hanya di KoinWorks.

[E-Book GRATIS] Dapatkan konten ekslusif seputar strategi bisnis di sini
DAFTAR SEKARANG!
Pilih E-book untuk kamu download.
Dalam Ebook ini mengulas:Cara mudah untuk pebisnis melakukan iklan Google Display Network berupa banner atau visual yang ampuh untuk meningkatkan penjualan.
Dalam Ebook ini mengulas:Membantu pebisnis mengetahui lebih banyak tentang performa promosi yang dilakukan di dunia digital terutamanya platform Facebook untuk menentukan audiens.
Dalam Ebook ini mengulas:Penggunaan Business Metrics/KPI yang tepat untuk melacak sejauh mana bisnis kita sudah berjalan dan seberapa banyak target dari usaha kita yang sudah tercapai.
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.
Bisnis Kue: Biaya, Syarat dan Cara Mendaftarkan Merek Dagang

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​